Loading...

8 Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Mahoni

Mahoni atau tumbuhan dengan nama ilmiah Swietenia macrophylla mudah sekali ditemukan di berbagai tempat terutama di pinggir jalan karena perannya sebagai peneduh. Tanaman ini juga dibudidayakan karena dapat dimanfaatkan kayunya sebagai bahan meubel, furniture, dan kerajinan tangan. Pohon mahoni merupakan tanaman besar dengan tinggi mencapai 35-40 meter.

Pohon mahoni memang banyak digunakan dan keberadaannya sangatlah menguntungkan karena selain dapat meneduhkan, akarnya dapat mengikat air hujan dan juga pohon mahoni mampu mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga disebut sebagai sistem filter udara alami.

Namun banyak yang belum tahu bahwa bagian biji dari tanaman mahoni dapat juga dimanfaatkan terutama untuk kesehatan. Bijinya berbentuk pipih, warna umumnya ialah coklat bahkan bisa menjadi sedikit kehitaman. Bijinya terletak dalam bunga mahoni yang berwarna coklat, jadi ketika dibuka akan tampak 35-40 biji di dalamnya.

Manfaat biji mahoni yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung zat saponin, flavonoid dan juga alkaloid. Sehingga dari kandungannya saja biji mahoni juga tak kalah khasiatnya bagi kesehatan dibandingkan dengan tanaman obat lainnya.

8 Manfaat Biji Mahoni:

1. Mengatasi tekanan darah tinggi
Hipertensi (tekanan darah tinggi) bila tidak segera diatasi akan memicu penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Gunakan biji mahoni, yaitu dengan merebus 8 biji mahoni dengan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian minum 2 kali sehari racikan tersebut yaitu pagi dan malam hari.

2. Sumber antioksidan
Antioksidan keberadaannya sangatlah penting bagi tubuh demi menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai radikal bebas, tubuh pun akan terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Konsumsi air biji mahoni dengan pengolahan sama seperti mengatasi hipertensi, karena flavonoidnya baik sebagai antioksidan.

Loading...

3. Menstabilkan gula darah
Kadar gula dalam darah haruslah selalu stabil, terutama bagi penderita diabetes. Kandungan saponin pada biji mahoni ampuh menjaga kadar gula darah. Caranya campurkan ½ sendok teh bubuk biji mahoni dengan segelas air hangat, minum 1-2 kali dalam sehari. Jangan berlebihan karena jika gula darah terlalu rendah maka tubuh akan menjadi lemas.

4. Mengatasi masuk angin
Masuk angin yang disertai kembung perut dapat diatasi dengan biji mahoni. Caranya buatlah minuman hangat dari ½ sendok teh bubuk biji mahoni dengan ½ gelas air hangat, minum 1-2 kali sehari sampai sembuh.

5. Mengurangi nyeri haid
Ketika haid maka banyak wanita merasakan nyeri dan kram yang amat menyakitkan, maka bisa dengan meminum racikan 1/2 sendok teh biji mahoni bubuk dengan segelas air hangat di awal masa haid. Kandungan analgetic biji mahoni dapat mengurangi rasa nyeri haid.

6. Menurunkan panas demam
Demam akan menyebabkan suhu tubuh menjadi tinggi. Untuk mengatasinya gunakanlah biji mahoni dengan meracik sama seperti pada mengatasi masuk angin tetapi tambahkan 2 sendok teh madu. Biji mahoni dapat bersifat sebagai antireptik sehingga dapat menurunkan suhu menjadi normal.

7. Mengatasi gangguan sistem pencernaan
Gangguan pencernaan atau sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat dan juga usus tidak bekerja secara maksimal. Tumbuk biji mahoni yang sudah mongering lalu tambahkan air hangat, seduh dalam keadaan hangat maka sembelit Anda dapat teratasi.

8. Mengatasi rematik
Rematik adalah radang sendi dan umumnya menyerang bagian sistem gerak aktif seperti tangan, kaki, dan juga lutut. Untuk mengatasinya campurkan ½ sendok teh bubuk biji mahoni, ½ sendok teh air hangat, dan ½ sendok teh madu. Aduk rata lalu minum 2-3 kali sehari.

Biji mahoni memang memiliki beberapa khasiat bagi tubuh, namun yang harus diperhatikan adalah jangan berlebihan mengonsumsinya. Cukup 1 biji untuk 1 hari. Kelebihan saponin dapat memicu batu empedu dan flavonoid berlebihan akan menyebabkan mutagen yang bersifat karsinogenik. Untuk itu perlu berkonsultasi dengan dokter jika Anda tidak kunjung sembuh.

Loading...