8 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Beras hitam atau dikenal dengan nama ilmiah Oryza sativa L. indica mungkin tak sepopuler dengan kerabat dekatnya yaitu beras putih maupun beras merah. Padahal beras hitam juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan sejarah Cina, beras hitam dianggap sebagai beras terlarang dikarenakan tidak boleh sembarangan orang memakan beras tersebut, kecuali hanya raja dan keluarganya.

Banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara beras hitam dengan ketan hitam sehingga banyak yang mengatakan jika ketan hitam adalah beras hitam. Padahal keduanya sangatlah berbeda, baik dari segi tekstur maupun rasa. Beras hitam umumnya sama seperti beras putih dari segi rasa dan tekstur, namun hanya warnanya saja yang membedakan.

Manfaat Beras Hitam

Berdasarkan riset membuktikan bahwa beras hitam mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu antioksidan antosianin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, vitamin E yang sangat berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas, kemudian kandungan zat besi beras hitam yang tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Tidak hanya 3 kandungan itu saja, dalam 100 gram beras hitam terkandung sejumlah nutrisi seperti: Energi 362 kcal, karbohidrat 76.17 g, serat 3.4 g, air : 12.37 g, kalsium : 33 mg, copper : 0.277 mg, cystine 0.091 g, asam glutamic 1.528 g, asam Lemak 0.536 g, asam folat 20 mcg, glycine 0.369 g, fosfor 264 mg, protein 7.50 g, potasium 268 mg, lemak 2.68 g, alanine 0.437 g, sodium 4 mg, riboflavin 0.043 mg, thiamin 0.413 mg, zinc 0.02 mg, magnesium 143 mg, tyrosine 0.281 g, mangaan 3.743 mg, lysine 0.286 g, leucine 0.620 g, proline 0.352 g, dan lain-lain.

Dengan berbagai kandungan nutrisi pada beras hitam tersebut, lantas apa sajakah manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh? Yuk disimak…

8 Manfaat Beras Hitam

1. Sebagai sumber antioksidan

Beras hitam kaya akan kandungan senyawa antioksidan yaitu antosianin yang mempunyai kedudukan tertinggi dibanding dengan varietas beras lainnya. Antosianin inilah mampu dalam melindungi tubuh dari segala macam penyakit seperti asma, kanker, bahkan gangguan fungsi jantung.

2. Mampu menurunkan kadar kolesterol

Rutin memakan beras hitam juga berdampak baik pada kesehatan tubuh salah satunya ialah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk di tubuh dan menggantinya dengan kolesterol baik. Dengan begitu, maka tubuh akan terhindar dari resiko penyakit jantung, kolesterol, bahkan tekanan darah tinggi.

3. Membantu proses detoksifikasi

Loading...

Beras hitam mengandung fitonutrient yang sangat berperan dalam membersihkan tubuh dari segala zat-zat berbahaya, bahkan kadar stress oksidatif di dalam tubuh akibat paparan radikal bebas bisa diturunkan sehingga penumpukan zat racun yang terkumpul di darah, organ hati, ginjal, dan organ lain di dalam tubuh pun dapat dikelurkan dengan baik. Dengan begitu mengonsumsi beras hitam mampu memperlancar proses detoksifikasi tubuh.

4. Memenuhi asupan protein

Mungkin kandungan nutrisi karbohidrat pada beras hitam tidaklah sebanyak pada beras putih, namun kandungan protein pada beras hitam sangatlah tinggi dan mengalahkan jenis beras lainnya. Dalam 100 gr beras hitam saja terkandung 15-17 gr protein. Jumlah yang sangat tinggi bukan? Jika asupan protein pada tubuh terpenuhi, maka tubuh pun dapat menjalankan fungsinya dengan baik, mampu memberikan energi serta menghindarinya dari resiko kekurangan nutrisi tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beras hitam kaya akan kandungan seratnya, dan apabila rutin dikonsumsi maka akan memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Pertama serat yang cukup mampu memperlancar sistem pencernaan Anda, dan kedua serat yang cukup mampu membuat perut cepat terasa kenyang dan tidak mudah lapar. Sehingga sangat baik sekali untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet alias menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi beras hitam, perut terasa kenyang, badan berenergi, dan lemak dalam tubuh pun berkurang.

6. Mencegah resiko diabetes

Serat pada beras hitam juga dapat membuat gula atau glukosa di dalam tubuh lebih lama untuk diserap oleh tubuh, sehingga tubuh akan memberi sinyal ke otak untuk tidak menstimulus keinginan mengonsumsi rasa manis berlebih. Dengan begitu kandungan glukosa di dalam darah pun akan seimbang dan terkontrol, sehingga resiko terkenan diabetes pun dapat teratasi. Tidak hanya mampu mencegah diabetes, serat pada beras hitam juga dapat mencegah resiko obesitas.

7. Membantu dalam mengatasi diare

Diare adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang umum sekali diderita oleh banyak orang. Tidak hanya pada orang dewasa, para balita pun juga rentan terserang penyakit pencernaan ini. Diare umumnya disebabkan oleh bakteri Salmonella sp. dan biasanya menginfeksi air ataupun makanan yang telah tercemar. Jika dibiarkan saja, diare akan memberikan dampak negatif bagi tubuh, seperti dehidrasi dan yang paling berbahaya ialah kematian.

Untuk itu cobalah atasi diare dengan mengganti asupan nasi putih dengan beras hitam. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada beras hitam sangatlah tinggi. Serat inilah yang dapat menambah massa feses akibat diare sehingga diare pun dapat teratasi.

8. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan antosianin pada beras hitam mampu meningkatkan fungsi otak, sehingga otak ketajaman memori dan fungsi kognitif otak meningkat, menjaga kefokusan, melawan stress oksidatif di dalam tubuh, serta menghindarinya dari resiko penuaan dini.

Itulah 8 manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh saja, namun beras hitam juga dapat dimanfaatkan sebagai peningkat kualitas kecantikan kulit wajah Anda. Manfaat lain dari beras hitam ialah mampu mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, dan mengencangkan kulit wajah.

 

Loading...