8 Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

8 Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Bawang merah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama bawang merah merupakan jenis bumbu dapur yang sudah sejak lama digunakan. Bahkan pada jaman dahulu bawang merah sudah digunakan sebagai bahan baku pengobatan tradisional karena khasiatnya yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Bawang merah merupakan jenis tanaman umbi-umbian, bercita rasa agak pedas dan sedikit perih untuk mata. Bumbu dapur ini memang memiliki berbagai kandungan senyawa kimia yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagi orang dewasa.

Manfaat Bawang Merah

Beberapa kandungan senyawa kimia pada bawang merah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ialah allisin, flavonoid, fitosterol, flavonol, pectin, dan saponin. Pada orang dewasa bawang merah dapat mengatasi berbagai penyakit seperti jantung, kanker, gangguan saraf, gangguan pencernaan, radang hati, antiseptic, dan masih banyak lagi. Rupanya bawang merah juga bermanfaat pada bayi.

Bayi memang rentan sekali terhadap berbagai penyakit, mengingat tubuhnya yang masih lemah karena sistem imun belum dapat bekerja secara maksimal. Ketika bayi Anda sakit maka jangalah terlalu dini mengambil langkah untuk langsung mengobatinya dengan obat berbahan kimia, cobalah teknik tradisional yang memanfaatkan tanaman obat yaitu bawang merah.

8 Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi :

1. Menurunkan panas bayi

Ketika bayi terserang demam, maka sudah pasti bayi akan rewel dan terus-terusan menangis karena suhu badan yang terlalu tinggi. Untuk meredakannya, iris tipis-tipis 4 siung bawang merah lalu tambahkan sedikit minyak kelapa, balurkan ke bagian punggung, telapak tangan dan kaki, dan dada bayi.

2. Mengatasi flu dan pilek

Loading...

Flu dan pilek ketika menyerang bayi maka akan membuatnya kesulitan untuk bernapas. Untuk memudahkannya gunakan irisan tipis 3 siung bawang merah lalu tambahkan sedikit minyak telon, baluri ke dada bayi. Aroma dan sensasi hangatnya dapat mengatasi flu dan pilek bayi yang membandel.

3. Mengatasi kembung

Kalau bayi sudah kembung, maka gunakanlah bawang merah. Caranya belah dua bawang merah, kemudian gosokkan secara lembut ke bayi Anda. Sensasi hangat bawang merah dapat mengeluarkan angin kembung perut bayi.

4. Mengobati masuk angin

Masuk angin tidak hanya menyerang orang dewasa, bayi juga rentan mengalami masuk angin. Kulit bayi yang masih tipis jangan menggunakan uang logam sebagai bahan kerokan, gantilah dengan bawang merah yang sudah dibelah menjadi dua. Panas pada bawang merah akan melancarkan keluarnya keringat pada bayi dan sembuh dari masuk angina.

5. Menghindari gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk tidak hanya menyebabkan gatal pada kulit bayi, bisa saja gigitan nyamuk menyebabkan penyakit malaria. Untuk menghindarinya oleskan kulit bayi di area yang terbuka dengan bawang merah, maka baunya yang agak menyengat tidak akan disukai nyamuk.

6. Mengatasi bisul

Ketika bayi terkena bisul maka janganlah buru-buru mengoobatinya dengan salep berbahan kimia, gunakan bawang merah. Caranya oleskan potongan bawang merah ke bisul, maka bisul akan mengempis tanpa menyisakan rasa gatal pada bayi.

7. Sebagai minyak urut

Urut atau pijat pada bayi sangat perlu dilakukan agar tubuh bayi tetap rileks sehingga tubuh bayi tetap bugar dan tidurpun nyenyak. Caranya iris tipis-tipis 3 bawang merah lalu tambahkan sedikit minyak telon, gunakan sebagai minyak urut pada bayi.

8. Sebagai terapi pilisan

Caranya campurkan 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, dan 3 butir kemukus, lalu taruk dalam kain dan tumbuk sampai halus. Borehkan kain di atas ubun-ubun bayi selama 1 jam, maka akan bermanfaat sebagai pelancar hidung mampet bayi dan menurunkan demam.

Fungsi bawang merah pada kesehatan bayi memang terkait dalam mengatasi demam dan juga penghangat tubuh. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung senyawa allin yang dapat merangsang pembuluh vena untuk melebar, sehingga proses pembuangan panas menjadi maksimal melalui pori-pori kulit dan keringat.

Loading...