8 Manfaat Ampuh Daun Mint Bagi Kesehatan

Daun mint atau yang dikenal dengan nama ilmiah Mentha piperita L.  merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki rasa sensasi menthol segar. Meski di Indonesia daun mint sangat jarang sekali dijadikan sebagai bahan utama masakan, namun bedanya dengan Eropa maupun Arab, disana daun mint dapat dijadikan sebagai bahan baku masakan.

Manfaat Daun Mint

Diketahui bahwa daun mint memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gr daun terkandung 70 kcal kalori, 0,9 gr lemak, 32 mg natrium, 569 mg kalium, 15 gr karbohidrat, 8 gr serat pangan, 3,8 gr protein, 4,2 mg vitamin A, 0,1 mg vitamin B6, 31,8 mg vitamin C, 5,1 mg zat besi, 80 mg magnesium,  243 mg kalsium. Kemudian juga daun mint mengandung  73,7-85,8% senyawa kimia menthol.

Nah dengan berbagai kandungan senyawa kimia tersebut, lantas apa sajakah manfaat daun mint untuk kesehatan? Yuk disimak…

8 Manfaat Daun Mint

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada daun mint sangatlah tinggi, sehingga jika dikonsumsi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin C ini sangat berperan sebagai sumber antioksidan tubuh sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab berbagai penyakit seperti batuk, flu, maupun pilek. Dengan begitu sistem imunitas tubuh pun kuat dan tubuh tidak mudah sakit.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kandungan menthol pada daun mint memang sangatlah menyegarkan, kandungan ini juga mampu mengatasi bakteri penyebab bau mulut dan menjaga kebersihan gigi. Jadi jika Anda ingin merasakan sensasi segar serta gigi dan mulut yang sehat, bisa dengan mengonsumsi daun mint.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Apabila di dalam darah kolesterol jahat terlalu menumpuk maka akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan berujung pada terjadinya resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Untuk mengatasinya Anda bisa dengan mengonsumsi daun mint, hal ini dikarenakan daun mint mengandung sejumlah vitamin dan mineral serta minyak essensial yang sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan menggantinya dengan kolesterol yang baik dan diperlukan tubuh. Dengan begitu tekanan darah pun menjadi normal.

4. Mengatasi iritasi lambung dan usus

Loading...

Kandungan antispasmodik pada daun mint  sangatlah berperan dalam menenangkan iritasi di dinding-dinding lambung dan usus, bahkan dapat dimanfaatkan dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan lainnya seperti sakit perut, sembelit, dan masih banyak lagi.

5. Mengurangi produksi lendir

Tanda-tanda saluran pernapasan maupun paru-paru mengalami infeksi oleh patogen ialah adanya keberadaan produksi mukus atau lendir berlebih, sehingga berdampak pada batuk berdahak. Batuk berdahak sangatlah mengganggu dan saluran pernapasan menjadi tidak lancar. Bahkan batuk tersebut dapat terjadi selama lebih dari 1 bulan. Untuk itu gunakanlah daun mint, karena dapat bersifat sebagai ekspektorant, sehingga dapat melancarkan pengeluaran lendir dari dalam saluran pernapasan maupun paru-paru Anda.

6. Mengatasi nyeri otot di tubuh

Kandungan antispasmodik pada daun mint dapat meredakan nyeri otot di tubuh. Kinerjanya ialah dengan cara meredakan menegangnya otot-otot di tubuh. Jadi apabila ada bagian otot tubuh yang mengalami nyeri, lumatkan daun mint dan tempelkan ke area yang sakit.

7. Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya wortel dan tomat saja yang mengandung vitamin A, namun daun mint juga mengandung vitamin A sehingga mampu untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan begitu jika kebutuhan vitamin A terpenuhi, maka fungsi mata pun terjaga, serta segala resiko gangguan mata dapat dihindari.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang dalam menjalankan program diet, maka daun mint bisa dijadikan pilihan alternatif menu pilihannya. Hal ini dikarenakan daun mint mengandung serat pangan yang baik untuk tubuh. Serat etrsebut dapat dengan mudah dicerna, sehingga dapat menyebabkan rasa cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Daun mint juga rendah lemak, sehingga semakin baik sekali dalam menurunkan berat badan Anda secara alami.

9. Menangkan pikiran

Padatnya aktivitas sehari-hari ditambah lagi terpaparnya tubuh oleh polutan membuat tubuh memproduksi stress. Pikiran pun bertambah beban, bahkan tubuh terasa lelah. Namun Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun mint, hal ini dikarenakan kandungan menthol pada daun mint mampu memberikan sensasi menenangkan pikiran Anda. Sehingga stress pun hilang dan lelah serta stress dapat teratasi.

10. Membantu dalam menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium pada daun mint dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda. Dengan begitu, ketika asupan kalsium terpenuhi maka fungsi tulang pun akan terjaga, tulang sehat dan menghindarinya dari kerusakan dan gangguan fungsi tulang, seperti osteoporosis. Tidak hanya baik untuk tulang, namun juga menjaga kesehatan gigi Anda.

Itulah 10 manfaat daun mint untuk kesehatan. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk memanfaatkan daun mint dan juga rutin mengonsumsinya agar tubuh semakin sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Akan tetapi konsumsilah daun mint secukupnya, jika berlebih akan dapat menyebabkan iritasi tubuh.

Loading...