8 Manfaat Ampas Buah Bit untuk Kecantikan

8 manfaat ampas buah bit untuk kecantikan

Buah bit memang masih belum familier  di kalangan masyarakat karena belum banyak terjual di pasar swalayan maupun mall. Buah biat kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineralnya sehingga selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh namun juga dapat menyehatkan.

Beberapa penyakit dapat dicegah bahkan diatasi dengan rutin mengonsumsi buah bit seperti penyakit anemia, jantung, kanker, obesitas, diabetes, kepikunan, dan masih banyak lagi. Buah bit umumnya dibuat menjadi jus, nah biasanya ampas dari buah bit setelah dijus akan dibuang, padahal manfaatnya bagus loh untuk kecantikan kulit wajah Anda.

Manfaat Ampas Buah Bit

Meskipun berupa ampas tapi kandungan nutrisinya juga masih ada dan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah Anda loh. Beberapa kandungan tersebut ialah vitamin C dan anti oksidannya sangatlah tinggi.

Jadi apa saja sih manfaat ampas buah bit untuk kulit wajah? Lalu bagaimana cara menggunakannya? Yuk disimak…

  1. Mengatasi jerawat

Jerawat yang membandel dapat mengganggu penampilan wajah Anda. Apalagi ketika jerawat baru tumbuh maka akan menimbulkan rasa nyeri, bahkan jika semakin meradang jerawat akan semakin sakit pula rasa sakitnya. Lalu bagaimanakah cara mudah mengatasi jerawat dengan ampas buah bit?

Jadi ketika Anda membuat jus buah bit maka ampasnya dikumpulkan, kemudian beri sedikit air sampai terbentuk seperti pasta. Selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat, oleskan pasta ampas bit ke seluruh wajah sebagai masker, kemudian diamkan 20-30 menit. Cuci bersih wajah dengan air dingin, gunakan 3-4 kali dalam seminggu.

  1. Mencerahkan kulit

Tidak hanya wajah saja, jika Anda ingin mencerahkan atau membersihkan seluruh kulit tubuh pun dapat Anda lakukan, penggunaanya sama seperti pada perawatan mengatasi jerawat tersebut. Jika diaplikasikan di tubuh, oleskan ke seluruh tubuh sebelum mandi dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian gosok-gosok hingga bersih seperti memakai scrub.

  1. Menghilangkan kulit kusam

Loading...

Kandungan vitamin C yang tinggi pada ampas buah bit juga sangat berperan untuk menghilangkan kusam di kulit wajah Anda akibat terlalu lama terpapar sinar matahari maupun polusi. Caranya sama yaitu jadikan ampas buah bit sebagai masker dan gunakan setiap malam sebelum tidur.

  1. Mencegah penuaan dini

Anda mulai khawatir dengan keberadaan munculnya kerutan-kerutan halus di wajah? Cobalah mengatasinya dengan ampas buah bit. Anda dapat menambahkan ampas bit dengan 2 sendok makan madu, lalu oleskan sebagai masker wajah. Gunakan 3-4 kali dalam seminggu maka wajah akan terasa lembap, kenyal, kerutan hilang, dan awet muda.

  1. Mengatasi kulit wajah kering

Kulit wajah yang terlalu kering akan berdampak buruk pada kulit wajah, seperti membuatnya cepat kusam, berkerut, bahkan lebih rawan untuk mengalami infeksi. Untuk itu perlu perawatan agar wajah terasa lebih lembap yaitu dengan menggunakan masker ampas buah bit.

Caranya ambil ampas buah bit lalu tambahkan lalu tambahkan 2-3 sendok makan bubuk kopi ke dalamnya. Biarkan selama 3 jam sampai ampas bit mengeluarkan air dan melarutkan bubuk kopi. Kemudian oleskan ke wajah sebagai masker selama 20 menit, terakhir bilas dengan air dingin.

  1. Mengurangi produksi minyak berlebih di wajah

Jika kadar minyak berlebihan maka wajaah akan mudah sekali meradang akibat adanya penumpukan lemak di bawah kulit yang berujung pada timbulnya jerawat. Untuk itu gunakanlah masker buah bit bisa Anda tambahkan dengan perasan jeruk nipis, gunakan sebagai masker sebanyak 3 kali dalam seminggu secara rutin, maka wajah berminyak pun hilang.

  1. Memerahkan bibir

Anda tidak percaya diri dengan warna bibir yang hitam dan permukannya kasar? Tenang saja, ampas buah bit tidak hanya untuk masker wajah namun juga dapat dijadikan sebagai masker bibir. Caranya oleskan masker buah bit ke bibir, diamkan 15 menit, lalu bilas. Gunakan setiap hari agar bibir cepat berubah menjadi merah alami.

  1. Melebatkan rambut

Jika rambut sudah terlalu sering terpapar bahan kimia atau penggunaan shampoo yang tidak cocok maka akan membuatnya menjadi rapuh dan mudah rontok, dan parahnya bisa menyebabkan kebotakan. Anda bisa menggunakan ampas buah bit sebagai masker rambut setiap kali setelah keramas, lalu bilas dengan air bersih.

Agar rambut cepat tumbuh lebat alangkah baiknya jika Anda juga rutin mengonsumsi buah bit. Jadi sehat tidak hanya dari luar namun juga dari dalam tubuh. Selain lebat rambut juga lebih terasa lembut dan teratur.

Nah itulah beberapa manfaat ampas buah bit yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Jadi mulai dari sekarang ampasnya jangan langsung dibuang ya. Hal terpenting adalah cukupi nutrisi tubuh Anda dengan rutin mengonsumsi buah bit agar sehat tidak hanya dari luar namun juga dari dalam. Selamat mencoba…

Loading...