Loading...

8 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

8 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka memang cukup membuat tidak percaya diri, terutama bagi kaum hawa yang mengalaminya. Bekas luka yang muncul di area yang mudah terlihat cukup mengganggu, selain tidak enak dilihat juga memperburuk penampilan. Biasanya bekas luka yang sering muncul di tangan, kaki, bahkan wajah memiliki bentuk, warna, bahkan struktur tertentu yang khas sehingga mampu membedakan dengan kulit sekitarnya. Bekas luka atau biasa disebut dengan scar dapat terjadi oleh beberapa hal, misalnya ialah karena akibat luka jatuh dari kendaraan, luka bakar, luka terkena gesekan, ataupun luka bekas jerawat.

Bekas luka yang ditimbulkan terdapat tiga macam, yaitu bekas luka hipertrofik (menebalnya kulit di area sekitar bekas luka), keloid (menebalnya kulit tidak hanya di sekitar area yang luka tetapi juga kulit yang sehat dan cenderung berwarna putih), dan atrofik (bekas luka berupa parut dan kempis karena kurangnya kandungan kolagen pada kulit). Beberapa macam jenis bekas luka tersebut cukup menggangu penampilan, untuk bisa menghilangkannya diperlukan terapi laser di perawatan kecantikan yang dananya tidaklah sedikit. Akan tetapi ladies jangan khawatir dan galau, karena ada beberapa langkah dengan menggunakan bahan alami agar memudahkan ladies perlahan menghilangkan bekas luka ini.

8 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami :

1. Menggunakan lidah buaya
Sudah tidak asing lagi manfaat lidah buaya bagi kesehatan kulit, selain bagus untuk wajah, ternyata lidah buaya baik untuk menghilangkan bekas luka di tubuh. Caranya mudah, ambil gel pada lidah buaya yang telah dicuci lalu oleskan ke area bekas luka. Biarkan 30 menit lalu bilas. Kandungan kolagen pada lidah buaya terbukti ampuh mengatasi permasalahan bekas luka pada kulit.

2. Lemon
Buah masam berwarna kuning ini memang terbukti mampu memudarkan bekas luka. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu mengangkat sel kulit mati pada bekas lukamu. Cukup memeras air lemon dan dibasahkan ke cotton bud, lalu oleskan ke area bekas luka, biarkan 10-20 menit. Rutin penggunaan lemon dipercaya mampu menghilangkan bekas luka.

3. Minyak kelapa
Selain dibuat sebagai bahan minuman dan makanan, kelapa juga bisa dibuat menjadi minyak sehat dan dimanfaatkan sebagai pemudar bekas luka. Minyak kelapa mengandung banyak vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Caranya mudah, cukup mengoleskan minyak kelapa ke area bekas luka dan rutin digunakan pagi, siang, sore, dan malam. Bekas luka yang hitam pun dapat pudar.

Loading...

4. Minyak zaitun
Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga sama manfaatnya. Penggunaanya cukup oleskan minyak zaitun secara rutin, karena kandungan vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K pada zaitun mampu memudarkan bekas luka dan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit.

5. Madu
Madu yang nikmat dan kaya manfaat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bekas luka alami. Kandungan anti oksidannya cukup membuat bekas luka memudar. Caranya mudah, oleskan area bekas luka dengan madu secara rutin.

6. Mentimun
Buah segar berwarna hijau ini memiliki kandungan kaya akan mineral dan vitamin. Mentimun diiris tipis-tipis lalu dibalurkan atau ditempelkan ke bagian kulit yang terluka, diamkan selama 45 menit, lalu bilas. Rutin penggunaan mentimun akan mempermudar bekas lukamu.

7. Mengkudu
Buah mengkudu sering digunakan masyarakat sebagai obat anti gondok, tetapi juga manfaatnya begitu besar bagi kulitmu. Caranya mudah, cuci bersih mengkudu, lalu haluskan dengan blender dan terakhir oleskan pada bekas luka.

8. Daun jarak
Terakhir adalah daun jarak. Tanaman yang sering tumbuh liar ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat anti panas dalam dengan cara dicampurkan dengan air mandi dan dibasuhkan ke kepala. Siapa sangka, daunnya ternyata terbukti mampu menghilangkan bekas luka. Caranya cukup merebus daun jarak, lalu airnya dioelskan ke bekas luka. Gunakan secara rutin ya.

Loading...