8 Cara Cepat Menaikkan Tekanan Darah Rendah

Tidak hanya gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi saja yang dapat mengganggu kesehatan Anda, namun banyak juga orang yang menderita penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi. Mungkin banyak yang mengidentifikasikan gejala  hipotensi sama dengan gejala anemia, namun keduanya merupakan kejadian yang berbeda. Dimana hipotensi terjadi akibat rendahnya tekanan darah di arteri dimana tekanannya di bawah 90/60 mmHg, sedangkan anemia terjadi karena tubuh kekurangan hemoglobin darah.

Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah

Gejala hipotensi pun beraneka ragam, yaitu kepala terasa pusing, jantung  berdebar kencang atau tidak teratur, badan terasa lemas, perut terasa tidak enak dan sering merasa mual, pandangan buram, badan sering goyah atau tidak seimbang, pucat, badan terasa dingin, napas pendek, mudah dehidrasi, bahkan bisa sampai pingsan.

Penyebab umum terjadinya hipotensi dikarenakan beberapa hal, yaitu: cuaca yang terlampau panas, mengidap penyakit saraf (parkinson), menderita anemia, tubuh mengalami dehidrasi, efek samping dari pengobatan, dan yang paling sering ialah dikarenakan efek terlalu lama berdiri (Neurally Mediated Hypotension). Lalu bagaimanakah cara menaikkan tekanan darah yang rendah agar kembali normal? Berikut beberapa langkah mudahnya…

8 Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah

1. Meminum jus buah bit

Buah bit memang memiliki banyak khasiat bagi kecantikan kulit dan juga kesehatan, termasuk dalam menaikkan tekanan darah agar kembali normal. Buah yang berwarna merah dan berupa umbi ini dapat Anda temui di pasar dengan mudah. Dalam 100 gram buah bit mengandung natrium 36 mg dan kalium 330 mg, kedua kandungan senyawa tersebut sama-sama berkhasiat dalam meningkatkan tekanan darah Anda.

Caranya sediakan 100 gram buah bit, lalu kupas kulit buah bit dan bersihkan, kemudian haluskan dengan diberi 1-2 gelas air. Untuk menambah cita rasa dan khasiat Anda bisa menambahkan 3-5 sendok makan madu, dan minum 1-2 kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal.

2. Meminum air madu

Madu juga memiliki sejumlah nutrisi lengkap berupa mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh, bahkan bisa juga menaikkan tekanan darah yang rendah agar menjadi normal. Caranya sediakan 2-3 sendok makan madu lalu larutkan dengan segelas air hangat, minum 3 kali sehari. Mengonsumsi madu secara langsung juga bisa Anda lakukan.

3. Meminum kopi

Kopi memang mengandung senyawa kafein, namun manfaatnya jika diminum secukupnya maka dapat menaikkan tekanan darah rendah Anda. Caranya seduhkan setengah gelas kopi yang berkafein tinggi dengan air hangat, lalu minum maka rasa pusing kepala akibat hipotensi pun dapat teratasi.

4. Meningkatkan asupan garam (natrium)

Loading...

Mungkin mengonsumsi garam sangatlah dihindari bagi penderita hipertensi maupun orang yang sedang berdiet, namun bagi penderita tekanan darah rendah asupan garam perlulah ditingkatkan agar tekanan darah kembali menjadi normal. Hal ini dikarenakan garam mengandung senyawa natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Ingat konsumsi garam jangan sampai benar-benar berlebihan, jika tekanan darah sudah kembali normal maka konsumsilah seperlunya saja.

5. Meminum jus buah delima

Buah delima tidak hanya nikmat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan di kulit wajah saja, namun jika diolah menjadi olahan jus yang nikmat pun dapat mengatasi permasalahan tekanan darah rendah yang Anda derita. Caranya belahlah menjadi 4 bagian buah delima, lalu rendam ke dalam baskom air sambil pisahkan antara biji dengan bagian kulit dan selaputnya. Kemudian saring biji delima tersebut lalu haluskan dengan blender. Setelah halus saring halusan delima tersebut, selanjutnya tambahkan gula dan 240 ml air.

6. Memakan wortel

Mungkin wortel diidentikkan dengan tingginya kandungan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata. Padahal dalam 100 gram wortel juga mengandung 70 mg natrium sehingga mampu untuk menaikkan tekanan darah rendah Anda. Setidaknya Anda bisa mengonsumsi wortel yang telah direbus ataupun dijus, maka khasiatnya sama saja. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu lama merebus wortel agar nutrisinya tidak hilang.

7. Banyak minum air mineral

Penderita hipotensi atau tekanan darah rendah juga kerap sekali mengalami dehidrasi, nah untuk mengatasi hal tersebut maka memperbanyak minum air mineral adalah langkah yang tepat. Karena dengan meminum 8-10 gelas air sehari, maka selain dapat mengatasi dehidrasi tubuh namun juga dapat menaikkan tekanan darah rendah yang Anda derita.

8. Mengonsumsi tomat

Tomat juga dapat meningkatkan tekanan darah yang rendah agar kembali normal. Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung atau diolah menjadi jus yang nikmat. Tomat mengandung 94 persen air, sehingga mampu mengatasi dehidrasi dan juga hipotensi yang Anda derita.

Itulah 8 cara mudah menaikkan tekanan darah Anda agar kembali menjadi normal. Selain beberapa cara diatas, ada cara lain yang mudah untuk Anda lakukan agar tekanan darah meningkat yaitu dengan menghindari meminum alkohol, hindari terlalu lama berdiri, periksa kandungan obat-obatan yang Anda minum, biasakan untuk menyilangkan kaki sambil duduk, makanlah sedikit namun harus sering dilakukan, hindari perubahan posisi yang terlalu mendadak, dan terakhir lakukan konsultasi dengan dokter.

 

 

Loading...