Loading...

8 Cara Ampuh Mengobati Ketombe Secara Alami

8 Cara Ampuh Mengobati Ketombe Secara AlamiCara Ampuh Mengobati Ketombe

Masalah ketombe sepertinya semua orang sudah pernah mengalaminya, mengapa ketombe sangat susah di atasi sampai saat ini. Berbagai macam metode pengobatan sudah di lakukan, tapi hasilnya nihil. Kegagalan tersebur dikarenakan kita tidak tau penyebab ketombe tersebut.

Ketombe akan muncul saat terjadinya proses pembaharuan kulit kepala di percepat. Ketombe itu dihasilkan dari  tumpukan sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala.

 

8 Cara Ampuh Mengobati Ketombe Secara Alami :

Bahan-bahan alami yang digunakan sebagai pembasmi ketombe ini adalah bahan yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Berikut penjelasannya:

1. Jeruk nipis
Kandungan limonen, linanin asetat, asani sitrat, minyak asitri, belerang (sulfur), posfor dan vitamin C pada jeruk nipis mampu menggantikan fungsi obat kimiawi untuk mengatasi ketombe kering di kulit kepala. Caranya cukup oleskan jeruk nipis ke seluruh area kulit kepala yang berketombe, biarkan 20 menit lalu bilas.

2. Bawang putih
Selain sebagai anti bakteri, bawang putih juga bersifat anti jamur penyebab ketombe. Caranya ambil 1 siung bawang putih, haluskan, lalu campur dengan madu. Oleskan ke seluruh area kulit kepala, biarkan 30 menit lalu bilas dengan shampoo sampai bersih.

Loading...

3. Daun sirsak
Selain buahnya yang enak dimakan, daunnya juga dapat dimanfaatkan. Tumbuk daun sirsak hingga halus dicampur dengan sedikit air, lalu jadikan masker pada rambut. Gunakan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Garam dapur
Garam dapat dijadikan sebagai scrub pengangkat sel-sel kulit mati kepala berupa ketombe. Caranya basahi dahulu rambut lalu tabor garam halus secara merata ke seluruh kulit kepala, pijat halus dan bilas.

5. Baking soda
Sama seperti scrub, baking soda digunakan dengan campuran air hangat lalu dibasahkan ke seluruh area kulit kepala.

6. Teh hijau
Selain bagus untuk diet, teh hijau dapat menghilangkan ketombe. Buat larutan 2 kantong teh hijau dengan segelas air panas lalu biarkan mendingin. Bilas air teh hijau yang telah mendingin ke seluruh permukaan kulit kepala setiap pagi hari.

7. Minyak jarak
Kandungan senyawa risin dan asam ricinoleat mampu sebagai anti mikroba. Panaskan 4 sendok makan minyak jarak lalu dibiarkan dingin, selanjutnya aplikasikan ke seluruh bagian kulit kepala dan sambut dengan treatment memijat pelan.

8. Minyak kelapa
Selain dapat mengangkat sel kulit mati seperti bekas luka, minyak kelapa juga dapat mengangkat ketombe. Caranya setelah keramas rambut dibaluri dengan minyak kelapa sambil memijat kepala secara lembut selama 30 menit. Terakhir cuci bersih dengan air dingin.

Itulah beberapa bahan alami dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketombe. Rutin perawatan secara alami akan memberikan hasil yang maksimal, tak perlu biaya mahal untuk menyehatkan rambut. Semoga dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ketombe kulit kepala Anda.

Loading...