8 Cara Alami Mengusir Nyamuk Paling Ampuh

Cara Mengusir Nyamuk

Apakah Anda sangat risih dengan keberadaan serangga satu ini? Apalagi jika malam hari adalah waktu Anda untuk beristirahat, namun waktu tidur malam Anda terganggu karena keberadaan nyamuk yang cenderung berisik di dekat telinga Anda. Ditambah tusukannya yang membuat rasa gatal dan perih di kulit. Nyamuk suka sekali berkerumun di atas kepala maupun sekitar telinga Anda, hal ini dikarenakan nyamuk menyukai suasana hangat yang diberikan tubuh karena mengeluarkan karbon dioksida melalui mulut Anda.

Tidak hanya merisihkan dan membuat gatal di kulit, keberadaan nyamuk juga bisa ancaman tersendiri bagi kesehatan tubuh. Nyamuk bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya dan mengancam nyawa, seperti malaria, aedes aegepty (demam berdarah), zika, dan chikungunya. Hal ini dikarenakan nyamuk mampu membawa dan menularkan virus berbagai penyakit tersebut kepada manusia.

Nah bagaimana caranya untuk mengusir nyamuk secara alami? Padahal selama ini Anda telah melakukan penyemprotan dengan semprotan berbahan kimia, namun hasilnya nyamuk tak kunjung hilang. Mulai dari sekarang ada baiknya Anda hentikan pemakaian semprotan berbahan kimia.

Penghentian pemakaian poduk berbahan kimia ini dikarenakan: pertama jumlah nyamuk tidak akan berkurang, nyamuk mampu aktif mereproduksi dengan jumlah yang sangat banyak. Dan kedua nyamuk mampu bersifat secara resisten dengan zat kimia, jadi jika Anda hari ini dan seterusnya memakai produk dengan merek dan bahan kimia yang sama untuk mengusir nyamuk, nyamuk mampu meresponnya dan meresistenkan sendiri sehingga tubuhnya tak terpengaruh oleh zat kimia tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengusir nyamuk secara alami di kamar Anda? Jelas sekali dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini maka kesehatan pernapasan Anda tidak akan terganggu dan nyamuk pun hilang. Apa sajakah bahan dan caranya? Yuk disimak….

10 Cara Alami Mengusir Nyamuk

1. Mengoleskan minyak kayu putih

Tidak hanya menghangatkan, minyak kayu putih juga dapat mengusir nyamuk agar tidak menghisap darah Anda. Aroma pada minyak kayu putih sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa mengoles langsung minyak kayu putih ke seluruh tangan, kaki, bahkan leher Anda. Namun Anda juga bisa mencampurkan 1 botol minyak kayu putih dengan segelas air dan dimasukkan ke dalam botol semprot, lalu disemprotkan ke setiap sudut ruangan agar nyamuk tak berani datang. Alih-alih sebagai pengganti penggunaan semprotan nyamuk berbahan kimia.

2. Menggunakan batang serai

Loading...

Serai memiliki aroma yang sedikit kuat dan khas, namun dapat membuat makanan beraroma nikmat dan rasanya menjadi lebih sedap. Nah aroma inilah yang rupanya tidak disukai nyamuk. Caranya ambil 3-5 batang serai, lalu iris-iris tipis, kumpulkan ke dalam mangkok terbuka dan taruh di setiap sudut ruangan kamar maupun di bawah kaasur. Biarkan saja selama beberapa hari sampai serai mengering, karena semakin kering akan semakin berkhasiat mengusir nyamuk yang membandel. Jika aroma serai mulai hilang, ganti dengan irisan serai yang baru.

3. Mengoleskan daun kemangi

Salah satu jenis lalapan satu ini memang memiliki aroma yang kuat, bahkan nyamuk pun dibuatnya menjauh. Caranya remas-remas daun kemangi lalu oleskan ke seluruh permukaan tangan, kaki, dan leher, maka nyamuk pun ogah untuk mendekat apalagi menghisap darah Anda.

4. Menggunakan kulit jeruk

Ada baiknya setelah mengupas jeruk bagian kulitnya tidak dibuang. Kulit jeruk memiliki aroma yang segar dan juga tidak disukai nyamuk. Caranya taruh kulit jeruk di setiap sudut ruangan ataupun bawah kasur, bahkan dibiarkan sampai berhari-hari dan mengering kulit jeruk mampu mengusir nyamuk yang membandel.

5. Menggunakan perasan jeruk lemon

Tidak hanya menyehatkan, jeruk lemon juga bisa mengusir nyamuk. Aromanya begitu kuat dan segar, bahkan perasan jeruk lemon juga bersifat sebagai anti septik termasuk untuk mengatasi nyamuk. Caranya peraslah 2-3 buah jeruk lemon lalu masukkan ke dalam botol penyemprot, tambahkan air secukupnya, kocok sampai merata dan terakhir semprotkan ke setiap sudut ruangan.

6. Menggunakan bunga rosemary

Aroma pada bunga rosemary juga tidak disukai nyamuk. Caranya tanamlah bunga rosemary di rumah Anda, atau jika ingin diletakkan di dalam kamar Anda bisa menanam bunga rosemary dengan menggunakan pot yang kecil, maka nyamuk pun menyingkir.

7. Menggunakan bawang putih

Bawang ptuih juga bisa dijadikan sebagai bahan semprot alami pembasmi nyamuk. Caranya memarkan 5-7 siung bawang putih, lalu rebus dengan segelas air, biarkan sampai mendidih. Saring dan ketika sudah mendingin tuang air rebusan tersebut ke dalam botol semprotan. Semprotlah setiap sudut ruangan agar nyamuk menyingkir.

8. Menggunakan bubuk kopi

Nah penggunaan bubuk kopi ini bertujuan untuk meminimalisir jumlah larva nyamuk sehingga larva tersebut  tidak akan mampu untuk berkembang maupun hidup. Caranya taburkan bubuk kopi ke sekeliling rumah yang tergenang, maka telur nyamuk yang menempel di dasar air akan mengambang ke permukaan bersamaan dengan bubuk kopi. Hal ini akan berdampak pada kurangnya pasokan oksigen pada telur nyamuk, sehingga telur belum sempat menjadi larva dan akhirnya mati.

Itulah 8 cara mudah dan alami mengusir nyamuk yang membandel. Anda bisa gunakan cara yang menurut Anda mudah untuk dilakukan. Hal yang paling penting adalah jagalah selalu kebersihan di lingkungan rumah maupun kamar Anda, jangan biarkan ada air menggenang, dan periksa setiap sudut ruangan apakah ada nyamuk lalu basmi nyamuk tersebut. Selamat mencoba…

Loading...