8 Cara Alami Menghilangkan Uban

Cara Menghilangkan Uban

Keberadaan uban memang identik dengan “tua” karena memang normalnya uban dapat tumbuh di usia 30an atau menjelang 40 tahun. Namun permasalahannya adalah bagaimana jika uban tumbuh di usia muda? Bagi Anda yang masih berusia belasan atau bahkan 20an tahun risih dengan tumbuhnya uban di kepala Anda, dan semakin tidak percaya diri karena adanya beberapa anggapan orang lain “masih muda kok sudah ubanan?” duh semakin pusing deh dibuatnya. Ada baiknya Anda mengenal penyebab tumbuhnya uban di usia muda terlebih dahulu.

Beberapa penyebab munculnya uban padahal usia masih tergolong muda bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  1. Faktor keturunan, jika ibu atau ayah Anda memiliki riwayat uban di usia muda maka akan diturunkan ke anaknya termasuk Anda;
  2. Stress, hal ini umum terjadi dialami oleh semua orang namun jika Anda sudah sampai ke tahap puncaknya stress dan beban pikiran maka tak menampik uban pun dapat tumbuh di kepala Anda;
  3. Merokok, baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif jika terlalu sering terpapar asap rokok dapat membuat pigmen rambut berhenti mereproduksi warna rambut secara alami sehingga berubah menjadi abu-abu yang disebut dengan uban.
  4. Rambut terlalu kering, ada beberapa penyebab rambut menjadi kering seperti terlalu sering penggunaan hair dryer dan juga terlalu lama terpapar panas matahari secara langsung, sehingga akan membuat rambut menjadi lebih kering dan menyebabkan folikel rambut menjadi lebih rapuh, dengan begitu akan mempermudah munculnya uban di rambut.
  5. Kekurangan vitamin B 12, untuk mengatasinya perbaikilah asupan gizi sehari-hari terutama kaya akan kandungan vitamin B12 nya, seperti alpukat, jeruk, plum, dan telur.

Nah jika uban di kepala sudah semakin banyak, Anda tak perlu risau. Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi uban tersebut agar rambut menghitam kembali seperti semula, adapun penerapannya menggunakan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan. Apa saja cara alami mengatasi uban? Yuk disimak….

8 Cara mengatasi uban secara alami

1. Menggunakan teh basi

Jangan anggap sepele teh basi ini, karena khasiatnya dapat mengatasi uban di rambut Anda. Caranya seduh teh ke dalam 1 gelas dengan menggunakan air panas, usahakan membuat teh dalam keadaan hitam atau pekat tanpa diberi gula, lalu biarkan dalam 1 malam. Keesokan paginya gunakan air teh tersebut dan basuhkan ke seluruh rambut terutama area yang beruban sambil dipijit-pijit selama 5 menit, kemudian biarkan selama 30 menit, terakhir bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan ampas teh

Ampas teh juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut beruban. Caranya diamkan ampas teh selama semalaman, kemudian di pagi harinya campurkan ampas teh dengan 1 sendok teh garam halus, aduk sampai merata. Kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut dan pijat-pijat kepala selama 5 menit, lalu diamkan selama 1 jam dan terakhir bilas dengan shampoo dan air bersih. Usahakan penerapan langkah ini dilakukan setiap kali akan menyampo rambut.

3. Menggunakan putih telur

Loading...

Putih telur mungkin dapat mengatasi permasalahan kulit wajah seperti komedo, namun untuk mengatasi rambut beruban pun juga bisa. Caranya gunakan 2 putih telur ayam lalu tambahkan dengan 1/2 sendok teh garam dan 1/2 gelas air hangat, aduk secara merata kemudian balurkan ke seluruh rambut sambil pijat-pijat lembut kepala Anda, diamkan selama 1-2 jam dan kemudian bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

4. Menggunakan daun rambutan

Daun rambutan kaya akan kandungan tanin, saponin, dan polifenol yang dapat membantu folikel dalam meningkatkan pigmen rambut sehingga rambut beruban dapat teratasi. Caranya ambil 5-10 lembar daun rambutan, kemudian tumbuk sampai halus dan beri sedikit air, peras ambil sarinya saja. Nah sebelum menyampoo rambut balurkan sari daun rambutan tersebut ke seluruh rambut dan pijat lembut kepala Anda selama 5 menit, lalu diamkan selama 30 menit sampai kandungan sari daun rambutan terserap ke folikel rambut dan terakhir bilas.

5. Menggunakan minyak kemiri dan lemon

Minyak kemiri tidak hanya berkhasiat menghitamkan rambut secara alami namun juga dapat mengatasi uban. Caranya campurkan 2 sendok makan minyak kemiri dengan 3 sendok teh perasan jeruk lemon, aduk rata lalu balurkan ke seluruh kulit kepala, diamkan selama 1 jam dan terakhir bilas dengan air bersih. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu agar uban cepat hilang.

6. Menggunakan yoghurt

Yoghurt tidak hanya baik untuk melancarkan pencernaan, namun juga dapat mengatasi rambut beruban. Caranya campurkan 5-7 sendok makan yoghurt plain lalu campurkan dengan 1/2  sendok teh lada hitam dan 1 sendok teh kopi bubuk hitam, aduk secara merata, kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut sebagai masker dan diamkan selama 1 jam. Terakhir bilas dengan air bersih.

7. Menggunakan kembang sepatu

Kembang sepatu tidak hanya dapat menebalkan alis secara alami, namun  juga dapat mengatasi rambut beruban. Caranya ambil 10-15 lembar kelopak kembang sepatu, kemudian tumbuk halus dengan diberi sedikit air, peras adonan tersebut sampai didapat sarinya yang berbentuk seperti lendir. Oleskan sari kembang sepatu ke seluruh kulit kepala, dan diamkan selama 1 jam. Terakhir bilas dengan shampoo.

8. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa memang kaya akan kandungan vitamin B, vitamin E, dan vitamin K sehingga dapat menutrisi folikel rambut dan menjaga produksi pigmen rambut sehingga rambut tetap berwarna hitam. Caranya oleskan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala dan juga rambut, diamkan sampai minyak kelapa teresap di kulit dan terakhir bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini sebanyak 3 kali dalam seminggu agar uban cepat menghilang.

Nah itulah beberapa langkah alami mengatasi rambut beruban. Tak perlu biaya yang mahal, asalkan dilakukan dengan rutin maka rambut beruban pun hilang. Hal terpenting adalah jaga selalu kesehatan Anda dengan menerapkan pola hidup yang sehat, jangan sampai melakukan berbagai tindakan yang dapat memicu tumbuhnya rambut beruban di kepala Anda.

Loading...