8 Cara Alami Meluruskan Rambut

Cara Meluruskan Rambut

Setiap wanita pastinya menginginkan rambut yang lebat, sehat, dan juga lurus karena rambut dijadikan simbol kecantikan seseorang. Maka banyak wanita merasa tidak percaya diri dengan rambutnya yang keriting, ikal, bergelombang, bahkan mengembang. Langkah instan pun rela dilakukan meski harus membayar mahal, seperti rebonding dan smoothing. 

Tapi tahukah Anda bahwa dengan melakukan langkah instan tersebut akan berdampak pada kesehatan rambut karena kandungan zat kimianya, seperti rambut menjadi lebih rapuh, kering, bercabang, dan juga langkah instan tidaklah membuat rambut menjadi lurus secara permanen.

Memang dengan memiliki rambut lurus, lebat, dan sehat bak iklan model shampoo akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Namun bagi Anda yang memiliki tipe rambut keriting maupun bergelombang dan ingin memiliki rambut secara alami, tenang saja ada beberapa langkah mudah dan pastinya murah karena menggunakan beberapa bahan alami sehingga tidak akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan rambut.

8 Cara alami meluruskan rambut

1. Menggunakan daun seledri

Daun seledri tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan masakan saja, kandungan nutrisi pada daun seledri dapat meluruskan rambut secara alami. Caranya ialah cuci bersih 1 ikat daun seledri lalu cincang halus, kemudian tambah sedikit air blender sampai benar-benar halus merata. Selanjutnya masukkan halusan selederi ke dalam botol semprot, diamkan selama 2 hari. Terakhir semprotkan ke seluruh rambut dan diamkan selama 1-2 jam, kemudian bilas dengan shampoo sampai benar-benar bersih.

2. Menggunakan madu dan susu

Madu dapat melembapkan rambut dan juga mengurangi rambut keriting, sedangkan susu dapat memperkuat akar rambut, maka dengan memadukan kedua bahan ini merupakan langkah yang tepat. Caranya campurkan 1/4 gelas susu murni dan 2 sendok madu asli. Aduk secara merata lalu oleskan secara merata ke seluruh rambut dan biarkan selama 2 jam. Terakhir bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan pepaya dan pisang

Loading...

Tidak hanya lezat, perpaduan buah pepaya dan pisang juga dapat membantu meluruskan rambut secara alami. Caranya sediakan 1 buah pisang yang sudah matang dan buah pepaya lalu campurkan keduanya dan haluskan sampai berbentuk seperti pasta. Terakhir oleskan ke seluruh rambut seperti menggunakan masker rambut, kemudian diamkan selama 1 jam, dan terakhir bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan putih telur dan susu

Caranya sediakan 2 butir putih telur dan  2 cangkir susu murni lalu aduk sampai merata. Oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama 1-2 jam, terakhir bilas dengan shampoo dan usahakan bau amis dari telur hilang. Lakukan langkah ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

5. Menggunakan santan dan jeruk nipis

Campuran jeruk nipis dan santan dapat dijadikan sebagai bahan conditioner alami sehingga dapat meluruskan dan menyehatkan. Caranya campurkan 1 gelas santan dan 5 sendok makan perasan jeruk nipis, lalu oleskan ke seluruh rambut dan biarkan selama 1 jam. Terakhir bilas dengan shampoo dan usahakan benar-benar sampai bersih.

6. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya baik untuk kesehatan kulit namun juga dapat meluruskan rambut secara alami. Caranya kupas kulit lidah buaya lalu ambil dagingnya, oleskan ke seluruh rambut lalu diamkan selama 1 jam. Terakhir bilas dengan shampoo sampai benar-benar bersih.

7. Menggunakan madu, strawberry, dan susu

Campuran ketiga bahan ini memang lezat, bahkan dapat digunakan sebagai masker alami rambut. Caranya campurkan 1 gelas susu cair murni dengan 3 sendok makan madu dan 5 buah strawberry yang telah dihaluskan, aduk rata lalu oleskan ke seluruh bagian rambut sebagai masker. Diamkan selama 2 jam lalu bilas dengan air bersih.

Caranya campurkan 1 butir telur dengan yoghurt plain (tanpa rasa) dan oleskan ke seluruh rambut sebagai masker sambil didiamkan selama 1-2 jam. Terakhir bilas dengan shampoo. Tujuan penggunaan yoghurt ialah untuk mengurangi bau amis pada telur.

Nah itulah 8 langkah cara alami meluruskan rambut secara alami. Tidak perlu memerlukan rebonding, penggunaan bahan-bahan alami lebih mudah dilakukan dan terbukti aman. Ada baiknya Anda memilih salah satu langkah di atas yang dianggap lebih aman dan mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba…

Loading...