7 Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan

Apakah Anda termasuk orang yang rajin sekali sarapan tanpa melewatnya sekali pun? Atau justru sebaliknya, Anda malas sarapan pagi karena takut terlambat masuk kerja atau mungkin saja masuk sekolah? Atau bisa jadi Anda malas sarapan karena bangun terlalu siang, sehingga lupa waktu bangun pagi dan akhirnya melewati sarapan pagi. Tahukah Anda bahwa sarapan pagi itu penting sekali?

Manfaat Sarapan

Dengan tidak melewatkan sarapan pagi maka sumber energi Anda akan terpenuhi, sehingga untuk melakukan aktivitas pun tubuh Anda tidak akan mudah lemas dibuatnya. Segala aktivitas harian Anda dimulai di pagi hari, lantas bagaimana jika Anda  saja malas untuk sarapan? Dan idealnya sarapan pun dilakukan di pukul 7 pagi, karena itu adalah waktu yang tepat bagi sistem pencernaan Anda untuk mencerna sarapan yang masuk ke dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

Lantas apa saja ya manfaat sarapan pagi bagi tubuh?

7 Manfaat Sarapan Pagi

1. Sebagai sumber energi

Jelas sekali dengan bersarapan di pagi hari maka asupan tubuh akan terpenuhi, asupan inilah yang digunakan tubuh untuk diubah menjadi energi. Secara tidak langsung, dengan melakukan sarapan maka asupan sumber energi tubuh dapat terpenuhi. Tubuh tidak akan menjadi cepat lelah dan selalu dalam kondisi fit.

2. Mencegah penyakit maag

Bagi penderita maag, bisa saja penyebab awal mulanya penyakit ini ialah dikarenakan tidak teraturnya jadwal sarapan pagi mereka, atau malah melewatkannya saja. Untuk itu agar terhindar dari sakit maag ada baiknya Anda rutin melakukan sarapan di pagi hari, tujuannya ialah untuk mencegah naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perih di lambung. Hal ini juga berlaku bagi penderita maag.

3. Meningkatkan kemampuan fungsi otak

Tidak hanya tubuh saja yang memerlukan asupan nutrisi, otak pun juga. Bayangkan jika Anda tidak melakukan sarapan pagi, maka tidak hanya tubuh saja yang lemas, otak pun tidak bisa berfungsi secara maksimal sehingga Anda akan menjadi kurang fokus. Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sarapan itu penting sekali untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

4. Mencegah obesitas

Loading...

Tahukah Anda justru orang yang lebih sering melewati sarapan akan lebih beresiko mengalami obesitas? Bagaimana bisa? Hal ini benar adanya, ketika Anda melakukan sarapan di pagi hari dengan asupan nutrisi yang baik seperti kaya protein, vitamin, dan mineral, maka Anda bisa saja menahan rasa lapar di siang harinya akibat masih kenyang atau lebih bisa mengontrol jumlah asupan makan yang masuk.

Beda halnya dengan orang yang tidak melakukan sarapan pagi, maka di siang harinya perut akan terasa sangat lapar, untuk itu mereka akan memakan dengan jumlah porsi yang banyak dengan tujuan menutupi rasa lapar akibat tidak sarapan pagi. Bisa saja jumlah makanan yang masuk bagi yang tidak melakukan sarapan lebih banyak mengandung karbohidrat dan lemak, maka tubuh mengalami obesitas. Mengerikan bukan? Sarapan pagi penting sekali dilakukan bagi Anda yang sedang program diet atau menurunkan berat badan.

5. Menjaga kinerja metabolisme tubuh

Ketika tidur malam maka tubuh tidak ada asupan nutrisi sedikit pun, untuk itu ketika di pagi harinya kadar glukosa dalam tubuh pun akan menurun drastis, sehingga mengakibatkan perut terasa lapar dan tubuh lemas ketika baru bangun tidur. Jika Anda melewatkan sarapan begitu saja, untuk menghasilkan energi pun tubuh akan mengambilnya dari cadangan gula di otot maupun jaringan tubuh lainnya dikarenakan tidak adanya asupan karbohudrat yang bisa dipecah menjadi gula oleh tubuh.

Kondisi inilah yang menyebabkan fungsi metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang dan terganggu. Bahkan bisa memicu berbagai gangguan penyakit seperti naiknya asam lambung. Maka dari itu rutinlah melakukan sarapan di pagi hari.

6. Mencegah diabetes

Orang yang melakukan sarapan di pagi hari akan lebih rendah mengalami resiko diabetes di hari tuanya, sedangkan orang yang tidak pernah sarapan lebih beresiko terkena diabetes, hal ini dikarenakan ketika tidak sarapan tubuh akan mengalami resistensi insulin (kemampuan insulin dalam mengontrol kadar gula dalam darah). Sehingga ketika kadar gula dalam darah sudah mencapai batas maksimum sedangkan tubuh tidak bisa menyeimbanginya dengan hormon insulin, maka hal inilah pemicu awalnya gejala diabetes.

7. Menjaga mood

Dengan rutin melakukan sarapan, maka tidak hanya berpengaruh bagi kondisi fisik saja namun psikis pun juga akan mengalami dampak positifnya. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa dengan melakukan sarapan pagi maka akan memberikan mood positif di awal hari sedangkan bagi orang yang tidak bersarapan maka mood nya akan cenderung lebih berantakan dan tidak terkontrol, suasana hati bisa jadi ikutan terganggu dibuatnya.

Itulah 7 manfaat sarapan yang perlu Anda ketahui. Hal terpenting yang harus diterapkan Anda setiap melakukan sarapan pagi ialah hindari makanan yang mengandung banyak lemak, konsumsi protein seperti telur rebus atau tahu dan tempe, perbanyak makan sayur yang berserat tinggi, dan jangan lupa tambahkan susu dan juga buah. Sarapan perlu dilakukan dengan porsi secukupnya, jangan berlebihan karena juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

 

Loading...