7 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

Mangga (Mangifera indica) adalah buah tropis yang sangat digemari banyak orang karena memiliki rasa manis, segar, dan juga banyak mengandung air sehingga rasanya sangatlah lezat. Buah manga baik yang masih muda ataupun sudah matang bisa diolah menjadi aneka makanan dan minuman seperti rujak dan juga jus.

Tidak hanya enak untuk dimakan, buah mangga juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, dan magnesium. Maka sudah banyak pembahasan mengenai manfaat buah mangga bagi kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak lagi.

Namun selain dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah mangga juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah Anda. Kandungan vitamin A, C dan E pada sepotong daging buah mangga bisa diolah menjadi masker wajah sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti menghilangkan noda hitam, mengangkat komedo, mencegah kerutan wajah, dan masih banyak lagi.

7 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan :

1. Memutihkan wajah

Buah mangga bisa dipadukan dengan air mawar untuk mencerahkan kulit wajah Anda secara alami. Caranya jus sepotong buah mangga lalu ambil 3 sendok makan jus mangga dan campurkan dengan 4 sendok makan air mawar lalu oleskan ke wajah sebagai masker selama 30 menit dan gunakan setiap malam menjelang tidur.

2. Mengatasi kulit wajah memerah

Kulit wajah dapat mengalami peradangan akibat terlalu lama terpapar langsung oleh sinar matahari sehingga akan merubah kulit wajah menjadi merah dan menimbulkan rasa perih. Caranya campurkan 3 sendok makan jus mangga dengan gel lidah buaya lalu gunakan sebagai masker wajah, setelah kering cuci bersih wajah dengan air dingin.

3. Mengangkat sel-sel kulit mati

Loading...

Sel-sel kulit mati pada wajah jika menumpuk akan membuat wajah tampak kusam dan juga menyebabkan peradangan kulit yang berujung pada munculnya jerawat. Untuk mengatasinya campurkan 3 sendok makan jus mangga dengan 1 ½ sendok makan oatmeal dan beri sedikit susu murni, aduk kemudian gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit.

Campuran buah mangga, oatmeal, dan cairan susu murni tidak hanya efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga dapat mengurangi minyak berlebih di wajah dan membuat wajah tampak lebih bersih.

4. Mengatasi kulit kering

Memiliki kulit wajah yang terlalu kering akan berdampak pada kulit wajah kusam, lebih rentan terhadap iritasi, dan tampak lebih tua. Untuk mengatasi kulit kering campurkan 2 sendok makan jus mangga dengan madu kemudian gunakan sebagai masker wajah. Kandungan mineral dan vitamin pada kedua bahan ampuh untuk mengenyalkan kulit wajah Anda.

5. Mengangkat komedo

Komedo dapat membuat pori-pori waah semakin membesar dan wajah tampak lebih kusam. Cobalah untuk mencampurkan 2 sendok makan jus mangga, 3 sendok makan susu bubuk vanilla, dan 2 sendok teh madu, kemudian gosokkan ke komedo dengan gerakan melingkar. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

6. Mengatasi kulit wajah berminyak

Tidak hanya kulit wajah terlalu kering, memiliki kulit wajah berminyak juga tidak baik karena akan membuat wajah lebih rentan terkena jerawat. Cara mudah mengatasinya ialah dengan mencampurkan 2 sendok makan jus mangga dengan perasan jeruk nipis dan gunakan sebagai masker wajah. Jeruk nipis memang ampuh dalam mengurangi kadar minyak berlebih di kulit wajah.

7. Menghaluskan kulit wajah

Caranya sangat mudah, cukup campurkan 3 sendok makan jus mangga dengan 2 sendok makan madu dan perasan lemon, kemudian aplikasikan sebagai masker wajah, sebelumnya cuci wajah dengan air dingin dan keringkan agar nutrisi masker lebih mudah terserap kulit. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat masker buah mangga untuk kecantikan kulit wajah Anda. Perawatan dari luar saja tidak cukup maka juga diperlukan asupan nutrisi agar kulit wajah lebih cantik maksimal dan tetap sehat.

Loading...