7 Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan

Mungkin selama ini kita terbiasa untuk meminum jenis kopi hitam. Namun apakah Anda tahu ada jenis kopi baru yang khasiatnya juga tak kalah baik untuk kesehatan tubuh? Ya, jenis kopi ini adalah kopi hijau atau green coffee. Perbedaan memang terlihat antara kopi hitam dengan kopi hijau dari segi warnanya. Lalu pengolahannya jugalah melalui proses yang berbeda, apabila kopi hitam melalui proses pemanggangan sehingga warnanya menjadi hitam, namun kopi hijau tidak melalui proses pemangagangan.

Manfaat Kopi Hijau

Apabila melalui proses pemanggangan kandungan asam klorogenat pada biji kopi hitam berkurang, namun untuk biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat tinggi. Asam klorogenat memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah alzhemeir, mengatasi infeksi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya terdapat kandungan asam klorogenat saja pada biji kopi hijau, namun juga terdapat senyawa kimia lain yang baik bagi tubuh yaitu antioksidan yang tinggi dan juga kafein. Saat ini penggemar kopi hijau semakin meningkat, bahkan dikaitkan efektif mampu menurunkan berat badan. Lalu apa sajakah manfaat kopi hijau untuk kesehatan tubuh? Yuk disimak…

7 Manfaat Kopi Hijau

1. Menurunkan berat badan

Kandungan asam klorogenat yang tinggi pada biji kopi hijau efektif untuk menurunkan berat badan, hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang telah diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, membuktikan bahwa kandungan asam klorogenat sangatlah mampu dalam membakar lemak di tubuh. Jadi dengan meminum kopi hijau, maka bisa membantu Anda dalam menjalani program diet ya.

2. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Kandungan kafein pada kopi hijau mampu melancarkan sistem metabolisme tubuh, bahkan dapat meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Proses metabolisme sangatlah diperlukan oleh tubuh, agar mampu menghasilkan energi, memperbaiki jaringan, serta berbagai fungsi lain yang penting. Namun fungsi kafein akan semakin maksimal jika dipadukan dengan adanya kandungan asam klorogenat.

3. Mencegah diabetes

Loading...

Kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat yang mampu untuk mengurangi penyerapan zat karbohidrat di organ pencernaan usus besar, sehingga penyerapan kalori tubuh pun menjadi rendah. Rendahnya penyerapan kalori ini juga mampu mengontrol kadar gula darah sehingga resiko diabetes pun dapat teratasi.

4. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi serta asam klorogenat pada kopi hijau efektif mampu untuk mengatasi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Hal ini telah dijelaskan melalui sebuah jurnal penelitian  Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang menyatakan bahwa antioksidan dan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan 4 jenis sel kanker di tubuh, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Jadi dengan kopi hijau, tubuh pun tetap sehat dan terhindar dari resiko kanker.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang perlu Anda waspadai, karena dampaknya sangatlah membahayakan bagi kesehatan tubuh. Tekanan darah tinggi terjadi akibat menumpuknya kolesterol dalam darah sehingga menyebabkan aliran peredaran darah menjadi tidak lancar, sehingga terjadilah tekanan darah tinggi.

Meski tekanan darah tinggi identik dialami oleh para orang tua, namun semakin maju dan modernnya perkembangan jaman saat ini membuat maraknya pola makan dan hidup yang tidak sehat, sehingga banyak sekali pengidap hipertensi adalah orang muda. Untuk mengatasi hipertensi, selain dengan merubah pola hidup namun juga dapat diatasi dengan meminum kopi hijau. Maka dengan meminum kopi hijau pun tekanan darah menjadi normal dan hipertensi dapat teratasi.

6. Mencegah penyakit alzhemeir

Meminum kopi hijau juga baik untuk meningkatkan fungsi otak sehingga resiko mengidap penyakit alzhemeir pun dapat dihindari. Alzhemeir adalah suatu kelainan yang disebabkan rusaknya saraf-saraf di otak. Meminum kopi hijau juga dapat memberikan ketenangan pada pikiran Anda, sehingga stress akibat beban pekerjaan sehari-hari pun dapat Anda atasi.

7. Memperbaiki mood

Dengan meminum kopi hijau juga akan bermanfaat dalam mempperbaiki mood Anda. Apabila mood Anda tiba-tiba berubah dan pikiran menjadi suntuk, maka tak ada salahnya untuk meminum kopi hijau ini ya. Usahakan meminum kopi hijau dalam keadaan hangat dan tanpa gula agar khasiatnya semakin terasa.

Nah itulah 7 manfaat kopi hijau yang perlu Anda ketahui. Tetapi Anda harus mengikuti beberapa aturan dalam meminum kopi hijau ini, seperti: minum dalam batas sewajarnya yaitu sebanyak 38-400 mg kopi hijau per hari, lalu tidak boleh mengonsumsi kopi hijau pada saat perut belum terisi makanan dan sebelum melakukan olahraga, dan terakhir minumlah kopi hijau dengan menggunakan sedikit gula. Selamat mencoba…

Loading...