7 Manfaat Jambu Biji Untuk Kecantikan

Anda pasti sudah tidak asing bukan dengan buah satu ini? Yap jambu biji adalah buah yang lezat, memiliki warna daging buah merah muda dan putih, serta memiliki banyak biji di dalamnya. Buah yang memiliki nama ilmiah Psidium guajava ini banyak disukai, selain rasanya namun juga mudah sekali ditemukan. Tanaman jambu biji mudah sekali ditemukan, karena dapat juga tumbuh secara liar.

Manfaat Jambu Biji

Seperti yang kita ketahui bahwa jambu biji mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan dapat berperan sebagai antoksidan, lalu terdapat kandungan lain seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, asam folat, omega, dan masih banyak lagi.

Namun siapa sangka, jambu biji memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti: mengatasi demam berdarah, mengatasi diare, menyehatkan jantung, sebagai sumber antioksidan, dan masih banyak lagi. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, jambu biji juga dapat merawat kulit wajah sehingga mampu memaksimalkan kecantikan kulit Anda. Lalu apa sajakah manfaat jambu biji untuk kecantikan? Yuk disimak…

7 Manfaat Jambu Biji Untuk Kecantikan

1. Mencegah terjadinya penuaan dini

Kandungan vitamin C yang tinggi, antioksidan, dan vitamin A pada buah jambu biji dapat berperan dalam melindungi kulit wajah dari paparan radikal bebas yang dapat memicu tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya keriput halus dan flek-flek hitam di wajah. Jadi jika ingin menjaga kesehatan kulit agar terhindari dari gejala penuaan dini ada baiknya Anda untuk rutin mengonsumsi jambu biji.

2. Mampu mengatasi komedo

Komedo terjadi akibat terjadinya penumpukan sel-sel kulit mati beserta kotoran bersamaan dengan minyak yang tersumbat di pori-pori wajah Anda. Umumnya komedo menumpuk di area hidung, dagu, pipi, bahkan dahi. Untuk mengatasi komedo, Anda dapat menggunakan bagian dari daun jambu biji. Caranya dengan menumbuk halus beberapa lembar daun jambu biji lalu dioleskan ke bagian kulit yang berkomedo, gosok secara halus seperti memakai scrub, lalu bilas dengan air dingin.

3. Meningkatkan kelembapan kulit wajah

Loading...

Kulit wajah yang lembap sangatlah baik untuk wajah itu sendiri, selain dapat menghindari terjadinya penuaan dini, kulit wajah yang lembap juga dapat menjauhi resiko wajah mengalami kekusaman dan iritasi kulit. Caranya ialah dengan rutin mengonsumsi buah jambu biji maka selain nikmat, khasiatnya pun dapat.

4. Mengatasi gatal-gatal kulit

Daun jambu biji tidak hanya dapat mengatasi komedo saja, namun gatal-gatal di kulit pun dapat teratasi. Hal ini dikarenakan daun jambu biji memiliki sifat sebagai anti alergi sehingga gatal kulit pun dapat teratasi. Caranya ambil beberapa lembar daun jambu biji muda kemudian tumbuk sampai halus dan olesi ke bagian kulit yang gatal.

5. Memutihkan kulit wajah

Memiliki wajah yang cerah, bersih, dan putih alami adalah dambaan bagi siapapun. Semua itu bisa didapatkan dengan menggunakan daun jambu biji dan mengolahnya menjadi masker. Caranya tumbuk halus daun jambu biji dan beri tambahan madu, kemudian olesi ke seluruh wajah dan gunakan sebagai masker selama 20 menit. Terakhir bilas dengan air bersih. Gunakan langkah ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

6. Menghilangkan noda bekas jerawat

Tidak hanya jerawatnya saja yang mengganggu, namun noda bekas jerawat pun dapat dihilangkan dengan menggunakan masker daun jambu biji. Caranya sama yaitu dengan menumbuk halus daun jambu biji yang masih muda, untuk menambah khasiatnya Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis sebagai bahan masker Anda.

7. Melindungi kulit dari sinar UV

Kandungan likopen pada buah jambu biji dapat melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar UV. Karena sinar UV dapat menyebabkan peradangan kulit yang berujung pada terjadinya iritasi dan kulit wajah yang memerah. Kandungan likopen mampu bertindak sebagai antioksidan sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel-sel kulit wajah akibat paparan sinar UV.

Nah itulah 7 manfaat jambu biji untuk kecantikan dan kesehatan kulit Anda. Tidak ada salahnya bukan untuk rutin mengonsumsi buah jambu biji agar kebutuhan nutrisi tubuh Anda terpenuhi sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan kecantikan Anda. Anda bisa dapat langsung memakan buah jambu biji atau diolah menjadi jus buah jambu biji yang segar dan nikmat. Selamat mencoba…

Loading...