7 Manfaat Buah Parijoto Untuk Kesehatan

Apakah Anda mengenal buah parijoto? Atau belum pernah mengetahuinya? Parijoto memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa , yaitu  berupa tanaman semak epifit dan memiliki ketinggian sekitar 0,45 – 1,2 meter.  Yang unik dari tanaman ini ialah bagian buahnya, memiliki bentuk bulat kecil dengan, tersusun dalam malai yang besar, dan warna buah yang menarik yaitu berwarna merah muda ketika masih muda sedangkan buah akan berubah warna menjadi ungu tua ketika telah masak.

Manfaat Buah Parijoto

Masyarakat di Jawa umumnya menamai tanaman unik ini dengan nama “parijoto”, habitatnya di hutan hujan tropis dan di Indonesia banyak berkembang di pulau Jawa dan Kalimantan. Berdasarkan kepercayaan masyarakat terhadap buah satu ini ialah, mampu meningkatkan kesuburan.

Diketahui bahwa buah parijoto mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti  saponin, flavonid, kardenolin, beta karoten yang kuat, serta antioksidan. Nah dengan berbagai kandungan senyawa tersebut, lantas apa sajakah manfaat buah parijoto untuk kesehatan tubuh? Yuk disimak…

7 Manfaat Buah Parijoto

1. Sebagai sumber antioksidan tubuh

Buah parijoto mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas sehingga kekebalan tubuh pun tidak mudah diserang oleh berbagai penyakit dan tubuh tetap sehat dan tidak gampang sakit. Bisa Anda konsumsi setiap hari agar sistem kekebalan tubuh Anda terlindungi.

2. Mampu mengatasi sariawan

Sariawan terjadi akibat tubuh mengalami panas dalam ataupun infeksi rongga mulut akibat tergesek benda asing. Sariawan sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan waktu 7-10 hari. Namun nyeri dan perih akibat sariawan justru sangatlah mengganggu, bahkan untuk makan saja susah. Untuk itu Anda dapat mengatasinya dengan buah parijoto. Caranya ambil 5 gram buah parijoto, lalu cuci bersih dan tumbuk halus. Kemudian campur dengan segelas air matang, kumur-kumur dan sebagian diminum secara langsung.

3. Menurunkan kolesterol

Jika kolesterol dalam darah kian meningkat maka akan membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda sendiri. Selain harus menjaga pola makan dan berat badan, kolesterol jahat dapat diatasi dan tergantikan dengan kolesterol baik yang diperlukan tubuh yaitu dengan mengonsumsi buah parijoto.

4. Menyehatkan jantung

Loading...

Dengan menurunnya kadar kolesterol di dalam darah Anda, maka akan memperlancar sirkulasi darah menuju jantung. Dengan begitu kinerja jantung pun menjadi tidak berat dan kesehatan jantung tetap terjaga. Jadi untuk menjaga kesehatan jantung Anda, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah parijoto.

5. Menyehatkan ibu hamil

Buah parijoto memang sudah lama dipercaya dapat menjaga kesehatan ibu hamil selama mengandung, dikarenakan kandungan nutrisi dan senyawanya mampu menutrisi ibu hamil sehingga sistem kekebalan tubuh dapat terjaga, ibu tidak mudah sakit, kesehatan ibu dan janin pun dapat dijaga.

6. Mampu meningkatkan kesuburan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah parijoto mampu untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria maupun wanita. Buah maupun sayuran apapun yang mengandung antioksidan tinggi maka akan dapat meningkatkan kesuburan. Jadi bagi Anda yang sedang menjalani program kehamilan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah parijoto ini.

7. Mengatasi diare

Diare adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella sp. Apabila diare tidak segera diatasi, maka akan mengancam bagi kesehatan tubuh Anda termasuk dapat menyebabkan dehidrasi tubuh. Nah untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan bagian lain dari tanaman parijoto yaitu daun parijoto. Caranya sediakan 20 gram daun parijoto lalu rebus dengan 400 ml air, rebus selama 15 menit, kemudian saring dan minum dalam keadaan hangat.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsi buah parijoto tersebut? Dibalik warnanya yang cantik, namun khasiatnya tak perlu diragukan lagi. Anda bisa mengolah buah parijoto semenarik dan selezat mungkin serta sesuai selera Anda. Misalnya dapat dibuat sebagai jus, bahan rujak, atau dimakan secara langsung bagian buahnya yang sudah matang. Cukup mudah, bukan?

 

 

Loading...