7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Mungkin kejadian “kutuan” atau bisa juga dikatakan sebagai rambut terserang kutu adalah hal yang sangat memalukan. Bagaimana tidak, dengan adanya kutu di rambut bisa membuat rasa percaya diri turun. Kebanyakan orang menganggap jika seseorang sedang “kutuan” maka orang tersebut bisa dianggap kurang dalam menjaga kebersihan rambut dan harus dihindari karena orang lain dapat tertular jika memiliki kontak langsung atau memakai alat yang sama dengan si penderita. Hmm agak ngeri juga ya dibuatnya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Meskipun mengalami “kutuan” dominan dialami pada anak-anak, namun orang dewasa juga dapat mengalaminya jika kebersihan lingkungan sekitar tidak diperhatikan seperti kamar tidur, penggunaan handuk bersamaan. Kutu rambut jika sudah hinggap di kepala akan menghisap darah si penderita dan menyebabkan rasa yang amat gatal, terlebih lagi jika kutu sampai bertelur bisa-bisa koloni kutu bertambah.

Namun jika rambut Anda  sudah terserang kutu, ada baiknya langsung bertindak pembersihan agar kutu tidak bertelur. Nah berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membasmi kutu rambut yang membandel.

7 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

1. Menggunakan air beras

Ada baiknya setelah mencuci beras Anda tidak membuang airnya ini, karena dapat digunakan untuk membasi kutu rambut. Caranya cukup mudah, rendam air beras selama semalaman. Lalu keesokan paginya cuci rambut dengan shamppo, kemudian keringkan dan lanjutkan dengan membasahi rambut dengan air beras. Biarkan selama 1 jam sambil menutup rambut menggunakan shower cap. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Terapkan langkah ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, maka kutu rambut akan hilang.

2. Menggunakan minyak zaitun dan larutan asam cuka

Penggunaan minyak zaitun bertujuan untuk mengurangi resiko iritasi kulit kepala akibat asamnya larutan cuka. Larutan cuka memang ampuh dalam membasmi kutu dan telurnya sekaligus. Caranya campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan larutan asam cuka, aduk secara merata lalu basahkan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut, diamkan selama 2 jam sambil menutupi rambut dengan shower cap, terakhir bilas dengan cara menyampo rambut sampai bersih.

3. Menggunakan jeruk lemon

Loading...

Sifat masam pada jeruk lemon juga ampuh untuk membasmi kutu rambut. Caranya belah menjadi 2 bagian lemon, kemudian peras ambil airnya, tambahkan 50-100 ml air lalu basahkan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat secara lembut selama 20 menit. Terakhir bersihkan rambut dengan cara menyamponya.

4. Menggunakan belimbing wuluh

Belimbing wuluh tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga bisa membasmi kutu rambut beserta telurnya. Belimbing wuluh juga bersifat masam sama halnya dengan larutan asam cuka dan jeruk lemon. Penggunaan belimbing wuluh cukuplah mudah, yaitu parut belimbing wuluh dan tambahkan dengan minyak kelapa secukupnya, gosokkan ke kulit kepala sambil dipijat lembut selama 10-15 menit, dan terakhir bilas dengan menggunakan shampoo rambut.

5. Menggunakan daun sirsak

Tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan untuk kulit, namun daun sirsak pun juga bisa membasmi kutu rambut. Caranya ambil 5-10 helai daun sirsak, rebus dengan 2-3 gelas air sampai mendidih, lalu biarkan mendingin. Basahi seluruh kulit kepala dan rambut dengan rebusan daun sirsak, kemudian diamkan selama 2 jam sambil kepala ditutupi dengan shower cap. Terakhir menyampo rambut sampai bersih.

6. Menggunakan sari bawang merah

Tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu rempah bahan masakan, bawang merah juga bisa digunakan untuk mengusir kutu rambut. Caranya haluskan 4-5 bawang merah, lalu peras dan ambil air atau sarinya. Kemudian gosokkan ke seluruh bagian kulit kepala sambil memijatnya secara lembut dan diamkan selama 2 jam. Terakhir bilaslah rambut dengan menggunakan shampoo rambut.

7. Menggunakan bawang putih dan lemon

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut. Caranya haluskan 3 siung bawang putih lalu tambahkan 2 sendok teh perasan jeruk lemon, oleskan ke seluruh bagian kulit kepala dan biarkan selama 30 menit, terakhir bilas dengan shampoo. Meski kandungan sulfur pada bawang putih menyebabkan rasa perih di kulit kepala, namun cara ini juga ampuh loh untuk membunuh kutu rambut.

Nah mudah bukan mengatasi kutu rambut dengan menggunakan beberapa bahan alami seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Satu lagi cara paling ampuh untuk membasmi kutu rambut beserta telurnya adalah rutin menyisir rambut menggunakan sisir serit (sisir khusus untuk rambut berkutu) dan mintalah keluarga atau orang lain yang melakukannya. Hal  terpenting jaga selalu kebersihan rambut Anda agar terhindar selalu dari kehadiran kutu rambut.

 

Loading...