7 Cara Mengatasi Stress Dengan Cepat

Setiap orang pasti pernah atau bahkan sedang mengalami stress. Di jaman yang semakin modern ini dan semakin banyaknya tuntutan hidup membuat kadar stress semakin meningkat. Stress adalah munculnya perasaan terganggu, terusik, bahkan terancam dengan gangguan yang ditimbulkan dari lingkungan luar atau orang lain. Faktanya, dalam kehidupan ini kita tidak akan bisa menghindar dari “stress”, hal ini dikarenakan kita adalah makhluk sosial, tidak hidup secara sendiri.

Cara Mengatasi Stress

Mungkin di jaman manusia purba, stress dominan yang dialami ialah bagaimana caranya bertahan hidup dari serangan binatang buas, sehingga tekanan stress yang dirasakan lebih dominan ke segi fisik. Namun waktu terus bergulir, kehidupan di era modern ini sungguhlah berbeda dengan jaman purba, dimana intrik kehidupan sosial sangatlah dominan sehingga tekanan stress yang dirasakan lebih ke segi psikologis dan sosial.

Coba perhatikan bagaimana tingkat stress Anda akhir-akhir ini, apabila perasaan takut, kesepian, gelisah atau khawatir berlebih, susah tidur di malam hari, nyeri kepala yang terlalu sering, tubuh lemas, banyaknya beban pikiran, tidak nafsu makan, serta badan menambah kurus tanpa sebab maka bisa jadi Anda sedang dilanda stress.

Umumnya stress juga perlu dialami agar memicu kemajuan seseorang, namun ini adalah stress yang positif atau disebut eustres, yaitu suatu kondisi dimana kemauan untuk mengatasi sumber rasa stress dan termotivasi untuk melangkah maju dan mengatasi stress tersebut. Contohnya saja, saat ini Anda stress karena khawatir target pekerjaan harus segera dikelarkan, dengan begitu Anda dengan giat bekerja keras untuk mencapai target tersebut agar tidak timbul beban batin dan pikiran.

Namun ada juga stress yang tidak dapat diatasi sehingga menimbulkan reaksi negatif dari seseorang yang menderitanya, yaitu distres. Wajar saja jika kita sudah tidak asing lagi mengetahui kabar banyaknya orang yang rela melakukan bunuh diri dikarenakan tidak kuatnya melawan stress akibat berbagai permasalahan hidup.  Ditambah lagi apabila stress tak kunjung diatasi maka akan memicu penyakit kardiovaskular seperti jantung, hipertensi, bahkan kanker. Sungguh mengerikan bukan? Untuk itu ada beberapa langkah mudah mengatasi stress, yuk disimak.

7 Cara Mengatasi Stress

1. Jangan memendam stress seorang diri

Inilah pentingnya kita sebagai makhluk sosial, berinteraksi dengan orang lain adalah keharusan. Apabila Anda memiliki unek-unek terkait beban pikiran atau psikologis Anda yang sangat meresahkan, ada baiknya Anda bercerita dengan orang terdekat baik itu keluarga ataupun sahabat.

Siapa tahu dengan bercerita dan mengeluarkan segala unek-unek di hati dan pikiran mereka dapat memberikan solusi dan dapat meringankan stress yang Anda alami. Jadi mulai sekarang jangan pernah memendam beban hati dan pikiran Anda secara sendirian ya. Dengan bercerita maka tubuh akan mengeluarkan hormon endofrin, hormon yang dapat mengeluarkan perasaan bahagia dan tenang sehingga tubuh akan rileks dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Melakukan hobi yang disukai

Loading...

Cara kedua untuk mengatasi stress yang dialami ialah dengan melakukan hobi yang disukai, seperti melukis, memancing, dan lain-lain. Hal ini sangatlah baik untuk meringankan stress yang Anda alami karena akan membuat perasaan menjadi senang, rileks, dan bahagia. Jadi tidak ada salahnya bukan mengisi waktu luang Anda dengan melakukan hobi yang disukai?

3. Melakukan olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh saja, namun juga dapat mengatasi stress yang Anda alami. Apabila dari pagi hingga sore Anda masih sibuk berkutat dengan pekerjaan, maka tak ada salahnya untuk melakukan olahraga di malam harinya. Selain dapat membuat tidur menjadi nyenyak, olahraga juga mampu menyalurkan unek-unek penyebab stress yang Anda alami.

4. Melakukan pemijatan

Pemijatan atau refleksi bisa Anda lakukan untuk mengatasi stress yang Anda alami. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa setelah dilakukannya pemijatan maka kadar stress dapat berkurang sebanyak 53%. Usahakan melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak yang memiliki aroma terapi ya, karena aromanya saja juga dapat membantu dalam menenangkan pikiran sehingga stress dapat dikurangi.

5. Melakukan rekreasi ke daerah yang ingin dikunjungi

Apabila stress Anda semakin memuncak akibat beban pekerjaan yang terus menumpuk, maka tak ada salahnya mengambil cuti beberapa hari untuk melakukan rekreasi ataupun berlibur ke tempat yang paling ingin Anda kunjungi, lebih baik tempat yang dituju adalah tempat yang sepi dan asri serta sejuk. Dengan berlibur maka suasana hati akan menjadi senang, stress pun hilang.

6. Tertawa

Tertawa ternyata juga ampuh untuk mengatasi stress yang Anda alami. Dengan tertawa maka akan memicu keluarnya hormon endorphine, metanonin, dan serotonin. Sehingga otak akan mengeluarkan respon berupa perasaan senang. Tidak hanya mengatasi stress, dengan tertawa juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

7. Beristirahat yang cukup

Stress cukup membuat tubuh mudah lelah, pikiran pun menjadi tidak fokus. Stress dapat dipicu karena kurangnya waktu tidur atau istirahat. Untuk itu segeralah beristirahat yang cukup dengan meningkatkan kuantitas dan kulitas tidur Anda. Dengan begitu, tubuh pun menjadi rileks, pikiran menjadi tenang, dan stress dapat diatasi.

Itulah 7 cara mudah untuk mengatasi stress. Ingat jangan pernah memendam segala beban pikiran dan beban hati Anda secara sendirian. Stress tidak baik jika terlalu dipendam lama, konsultasikan ke ahli psikolog jika perlu untuk membantu dalam mengatasi stress yang Anda alami.

 

Loading...