7 Cara Cepat Meningkatkan Nafsu Makan

Apakah Anda memiliki nafsu makan yang rendah? Apakah pola makan sehari-hari tidak teratur? Apakah Anda termasuk tipe yang sulit sekali mengonsumsi berbagai jenis makanan? Apakah Anda selalu melewatkan jadwal sarapan pagi ataupun makan siang dan tetap merasa tidak mudah lapar?

Meningkatkan Nafsu Makan

Beberapa pertanyaan tersebut sangatlah erat kaitannya dengan tingkat nafsu makan Anda. Makan itu sangat diperlukan oleh semua orang karena melalui makan lah berbagai sumber nutrisi masuk dan bisa diolah menjadi sumber energi. Lantas jika Anda memiliki tingkat nafsu makan yang rendah jika dibiarkan begitu saja akan berdampak pada kurangnya asupan nutrisi tubuh dan mengakibatkan berat badan bisa menurun secara drastis.

Beberapa penyebab seseorang memiliki tingkat nafsu makan yang rendah ialah:

  1. Adanya infeksi penyebab suatu penyakit di dalam tubuh;
  2. Mengonsumsi obat-obatan medis akibat rasa mual dan muntah yang dihasilkan setelah meminum obat;
  3. Mengidap penyakit kronis;
  4. Padatnya aktivitas pekerjaan sehari-hari;
  5. Mengalami beban pikiran sehingga berdampak pada kesehatan mental seperti stress dan depresi; serta
  6. Sedang menjalani trimester pertama bagi ibu hamil.

Nah berdasarkan beberapa penyebab di atas bisa diatasi agar nafsu makan Anda meningkat. Berikut 7 cara meningkatkan nafsu makan secara alami.

7 cara meningkatkan nafsu makan

1. Mulai membiasakan untuk sarapan

Bagi Anda yang memiliki pola makan tidak teratur sehingga tingkat nafsu makan rendah, ada baiknya mulai saat ini mengubah pola makan sehari-hari yang mungkin hanya 1 kali sehari kini diubah menjadi 3 kali sehari. Nah hal yang paling mudah dilakukan ialah dimulai dengan aktivitas sarapan di pagi hari. Sarapan itu penting, karena akan menyediakan sumber energi dan juga memperlancar sistem metabolisme tubuh.

2. Membuat makanan yang menarik

Loading...

Cobalah untuk mulai mengkreasikan makanan dengan dibuat secara semenarik mungkin agar tidak hanya enak dipandang namun juga enak dimakan. Seperti  Anda bisa mengolah nasi goreng dengan diberi tambahan brokoli dan paprika agar terdapat campuran warna hijau dan merah sehingga warna nasi goreng tidak terlalu dominan 1 warna saja, atau bisa juga dengan mengubah bentuk bekal nasi makan siang Anda menjadi bentuk kartun yang disukai. Anda bisa memasukkan bahan makanan favorit ke dalam menu makan Anda agar nafsu makan meningkat.

3. Terapkan sering makan walau dalam porsi kecil

Mungkin Anda memiliki nafsu makan rendah diakibatkan karena jika melihat porsi makan yang banyak Anda sudah tidak berselera untuk makan. Maka dari itu cobalah memakan dalam porsi kecil namun dilakukan berulang kali sampai perut terasa kenyang. Hal ini jika rutin dilakukan tidak hanya nafsu makan Anda saja yang meningkat, namun berat badan Anda juga bisa naik.

4. Menyiapkan cemilan yang sehat

Cemilan yang harus Anda konsumsi adalah cemilan yang rendah lemak, gula, dan kalori namun kaya akan protein, vitamin, serat, dan juga mineral. Beberapa contoh cemilan sehat yang wajib untuk Anda sediakan ialah buah pisang, buah pepaya, kacang-kacangan, salad buah, salad sayur, dan masih banyak lagi. Hal yang paling penting adalah porsi mengonsumsi cemilan tidaklah sebanyak makanan berat agar perut tidak terasa cepat kenyang dan makanan berat bisa juga dikonsumsi secara rutin.

5. Hindari stress

Mungkin karena tuntutan pekerjaan membuat beban dan tekanan tersendiri bagi Anda dan hal ini juga berdampak munculnya stress yang jika tidak ditangani akan menjadi depresi. Maka dari itu cobalah dari diri sendiri untuk bisa melakukan manajemen tingkat stress Anda dengan cara menghindarinya. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari stress ialah selalu berpikir positif dan ciptakan mood yang baik. Karena stress juga berpengaruh besar pada rendahnya nafsu makan Anda lho.

6. Perbanyak minum air putih

Air putih jika dikonsumsi 6-8 gelas sehari akan memudahkan sistem metabolisme tubuh Anda. Setidaknya minum 1 gelas air sejam sebelum makan tidak hanya melancarkan sistem pencernaan namun juga tidak membuat Anda cepat kenyang, jadi nafsu makan tidak terganggu. Hindari meminum banyak air putih tepat sebelum atau ketika sedang makan karena hanya akan membuat Anda cepat merasa kenyang.

7. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga tidak hanya mampu untuk penderita kelebihan berat badan saja agar berat badan mereka turun, namun bagi Anda yang memiliki gangguan nafsu makan dapat diatasi dengan berolahraga. Olahraga merupakan aktivitas fisik dimana setelah berkeringat tubuh akan mengirimkan sinyal membutuhkan lemak dan gula sebagai bahan bakar sumber energi, maka dari itu otak akan menstimulus perut untuk merasa lapar.

Nah itulah 7 cara agar nafsu makan Anda meningkat. Yang terpenting ialah konsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral agar kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi. Mengonsumsi makanan berlemak pun tidak apa-apa asal jangan berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Loading...