6 Manfaat Manggis Untuk Kecantikan

Buah manggis memiliki rasa yang lezat dan segar sehingga sudah pasti banyak orang yang menyukai buah ini. Buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini mengalami masa panen secara musiman, sehingga dalam setahun hanya sekali dapat menemukan buah manggis.

Maka untuk memaksimalkan manfaat buah manggis bagi kesehatan, bagian-bagian selain daging buahnya yaitu kulit dan biji manggis dapat diolah menjadi ekstrak makanan atau minuman dengan harga tinggi.

Berbicara mengenai buah manggis maka yang terpikirkan ialah buah dengan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa merk obat menggunakan ekstrak kulit manggis yang dipercaya kaya akan anti oksidan dan baik untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat Manggis

Beberapa kandungan buah manggis yang baik bagi tubuh ialah vitamin B1, B2 serta C, kalsium, potassium, sodium, zat besi, senyawa xanthone, mangostin, garsinon, gartanin, epicatechin, spingomyolinase, serta flavonoid. Semua kandungan tersebut terkandung pada buah dan kulit manggis, sehingga tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga baik untuk kecantikan kulit wajah.

6 Manfaat Manggis Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi jerawat

Buah manggis memiliki senyawa yang bersifat anti mikroba sehingga dapat memberantas bakteri penyebab jerawat. Rutin memakan buah manggis juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesegaran kulit wajah Anda karena kandungan vitamin C nya sangat baik bagi kulit Anda.

2. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam dapat membuat wajah lebih kusam dan tampak lebih tua. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan masker kulit manggis. Caranya bersihkan 3 buah kulit manggis lalu blender dengan 1 gelas air, kemudian peras airnya. Diamkan airnya selama 3-4 jam sampai terdapat endapan kulit manggis, dan gunakan endapannya sebagai masker wajah.

3. Membuat wajah tampak awet muda

Loading...

Kandungan anti oksidan yang tinggi pada buah manggis juga ampuh untuk menjaga kadar kelembapan wajah Anda sehingga wajah Anda terhindar dari munculnya kerutan-kerutan halus dan tanda-tanda adanya penuaan dini pada wajah. Anda cukup dengan rutin memakan buah manggis maka wajah Anda akan tampak awet muda.

4. Menghilangkan bekas jerawat

Tidak hanya keberadaan jerawat saja yang menganggu, noda bekas jerawatnya pun sangat merisihkan karena akan menimbulkan flek hitam yang tidak merata di kulit wajah Anda. Cara mudah mengatasinya ialah dengan menggunakan kulit manggis.

Pertama keringkan 3 buah kulit manggis yang telah dicuci bersih kemudian keringkan, setelah kering tumbuk sampai halus. Halusan kulit manggis tersebut selanjutnya dicampur dengan minyak zaitun secukupnya saja sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian gunakan racikan masker kulit manggis tersebut ke wajah Anda selama 45-60 menit.

Usahakan gunakan masker sampai terasa mengering, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Terakhir Anda bisa mengoleskan es batu ke wajah agar pori-pori yang terbuka menutup kembali. Terapkan langkah ini 3-4 kali dalam seminggu sampai noda bekas jerawat memudar.

5. Memutihkan kulit wajah

Yang dapat Anda gunakan demi mendapatkan kulit wajah yang putih berseri secara alami ialah kulit manggis. Caranya sama dengan mengatasi jerawat, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menambahkan endapan kulit manggis dengan perasan jeruk nipis.

6. Mempercepat proses penyembuhan luka

Kandungan senyawa xanthone pada kulit manggis 40% lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Jika kulit Anda mengalami luka baik itu luka goresan ataupun terbakar maka cukup oleskan kulit manggis ke area luka maka senyawa xanthonenya dapat mengganti sel-sel kulit yang rusak dengan jangka waktu yang cepat.

Itulah beberapa informasi penting mengenai manfata manggis bagi kecantikan kulit wajah Anda. Selain dengan menggunakan kulit manggis sebagai bahan maskernya, Anda juga harus mengkonsumsi buah manggis secara rutin karena nutrisi dari dalam tubuh itu perlu, sehingga tidak hanya namun kulit wajah Anda tetap sehat dan cantik alami.

Loading...