Loading...

6 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Mangga

Siapa sih yang tidak menyukai buah satu ini? Rasanya manis, lezat, dan juga segar sehingga mau diolah apapun baik menjadi makanan maupun minuman tetaplah lezat. Banyak orang yang memfavoritkan buah mangga dan buah mangga juga dijual dalam kisaran harga yang masih terjangkau sehingga siapapun dapat membelinya.

Tidak hanya lezat namun buah mangga juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit dapat dicegah seperti kanker, kolesterol, gangguan mata, dan masih banyak lagi. Nah lalu bagaimana dengan bagian kulit mangganya? Selama ini ketika setelah mengupas buah mangga kita pasti langsung membuang bagian kulitnya, padahal manfaatnya ada loh…

Lalu kandungan apa saja sih kandungan yang terdapat pada kulit mangga?

Kulit mangga kaya akan kandungan serat, vitamin A, vitamin C, AHA, antihelmintik, dan juga tinggi akan anti oksidan sehingga baik untuk kesehatan. Nah dengan beberapa kandungan tersebut sayang bukan jika kulitnya dibuang saja? Yuk simak beberapa manfaat kulit buah mangga di bawah ini..

6 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan :

1. Membuat awet muda
Gejala penuaan dini adalah momok menakutkan bagi siapapun, apalagi bagi wanita. Hal ini akan membuat rasa percaya diri semkain menurun. Untuk itu perlu sekali perawatan alami yang dapat meremajakan kulit Anda agar kerutan-kerutan halus penyebab penuaan dini dapat dihindari.

Caranya bersihkan kulit mangga, lalu haluskan dengan diberi sedikit air. Haluskan sampai benar-benar hancur merata, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu, kemudian oleskan ke seluruh wajah sebagai masker dan gunakan setiap malam hari menjelang tidur selama 20 menit.

2. Mencerahkan wajah
Memiliki wajah yang kusam dan penuh dengan noda flek hitam sangatlah mengganggu, sehingga wajah tampak gelap bahkan tidak segar. Tentu Anda tidak mau kan lama-lama mengalami hal ini? Untuk itu cobalah Anda memanfaatkan kulit buah mangga ya.

Loading...

Caranya gosokkan secara lembut dan langsung kulit buah mangga yang sudah dibersihkan ke seluruh wajah, ingat sebelum melakukan penggosokan ini wajah Anda sudah dalam keadaan bersih ya. Setelah itu biarkan selama 15 menit dna terakhir bilas. Gunakan secara rutin setiap hari sampai kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah.

3. Menurunkan berat badan
Menurut Profesor Mike Gidley dari University of Queensland, menyatakan bahwa kulit mangga mengandung senyawa yang dapat menghambat pembentukan sel lemak tubuh, untuk itu baik sekali bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Caranya ialah bersihkan kulit buah mangga, kemudian potong-potong kecil dan jemur sampai benar-benar kering atau boleh dioven. Anda bisa memakannya langsung seperti cemilan atau bisa juga diseduh dengan air panas keringan kulit buah mangga tersebut.

4. Melancarkan peredaran darah
Penumpukan lemak jenuh dalam peredaran darah menyebabkan tersendatnya aliran darah sehingga dapat memicu penyakit jantung maupun stroke. Untuk itu cobalah goreng kulit buah mangga yang masih muda dengan minyak zaitun, kemudian Anda dapat memakannya seperti camilan sehari-hari, maka aliran darah Anda lancar kembali.

5. Mengatasi cacingan
Memang umumnya cacingan dapat menyerang anak-anak, namun orang dewasa pun juga tak luput dapat mengalaminya juga. Untuk itu perlu sekali membasmi cacingan tersebut dari sistem pencernaan dengan segera. Gunakanlah kulit buah mangga. Caranya rebus kulit buah mangga dan saring airnya, minum airnya setiap hari.

6. Mengatasi pendarahan haid
Tak jarang beberapa wanita mengalami pendarahan yang lebih ketika haid melanda. Hal ini akan berdampak buruk bagi si penderita karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan pucat. Maka gunakanlah kulit buah mangga.

Caranya pilihlah kulit buah mangga yang masih hijau segar, kemudian iris tipis lalu rebus sampai mendidih, setelah hangat saring airnya dan minum selama haid. Maka pendarahan akan terhenti.

Nah itulah beberapa manfaat kulit buah mangga yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat meningkatkan kecantikan wajah Anda. Untuk itu mulai dari sekarang jangan langsung dibuang ya kulitnya.

Loading...