6 manfaat buah mengkudu untuk Kesehatan

6 manfaat buah mengkudu untuk Kesehatan

Mengkudu atau yang dikenal dengan nama ilmiah Morinda citrifolia adalah buah asli daerah tropis dan tersebar di semua bagian wilayah sehingga sangat mudah sekali menemukan tanaman buah mengkudu ini. Beberapa daerah memiliki sebutan khas untuk buah mengkudu, seperti masyarakat Aceh menyebutnya dengan meukeudee dan masyarakat Jawa dengan sebutan pace.

Banyak orang yang tidak menyukai buah mengkudu karena aromanya yang kurang sedap dan juga bentuknya yang dirasa kurang menarik. Padahal dibalik itu semua sejak jaman dahulu mengkudu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, jantung, ginjal, diabetes, dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik seperti protein, vitamin, mineral, flavonoid, terpenoid, anti oksidan, anti inflamasi, xeronin dan lain-lain yang dapat membantu menyehatkan tubuh dan menghindarinya dari berbagai serangan penyakit. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buah mengkudu memiliki khasiat pada kulit wajah Anda.

Memiliki kulit wajah yang sehat, segar, dan cerah adalah dambaan bagi semuua orang, terkhusus wanita. Kulit wajah rentan sekali mengalami berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, kulit kusam, flek hitam, bopeng bekas jerawat, kerutan, dan lain-lain yang sangat mengganggu bahkan dapat menurunkan rasa kepercayaan diri.

Namun untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut Anda jangan terburu-buru menggunakan berbagai obat luar berbahan kimia yang masih dipertanyakan dampaknya bagi kulit wajah Anda, mulailah menggunakan racikan tradisional yang mudah dan juga aman yaitu dengan buah mengkudu.

6 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan:

1. Mengatasi jerawat

Jerawat rentan menyerang ketika sudah mencapai masa pubertas ataupun usia produktif. Perlu kehatian-hatian dalam mengatasi jerawat maka haluskanlah 1 buah mengkudu sedang dengan sedikit air lalu oleskan ke wajah sebagai masker wajah selama 15 menit. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu agar jerawat cepat hilang.

2. Menghilangkan noda bekas jerawat

Loading...

Tidak hanya jerawatnya saja yang mengganggu, bekasnya juga dapat membuat wajah Anda tampak tidak cerah karena bekas jerawat yang berwarna merah ataupun hitam memenuhi wajah Anda. Caranya campurkan halusan 1 buah mengkudu dengan perasan jeruk nipis, lalu oleskan sebagai masker wajah selama 20 menit.

3. Menghilangkan kerutan wajah

Tanda-tanda penuaan dini ialah munculnya kerutan di berbagai area wajah seperti dahi, mata, dan mulut. Buah mengkudu memiliki vitamin C yang tinggi dan baik sebagai kolagen kulit, maka gunakanlah campuran halusan buah mengkudu dengan 2 sendok teh madu sebagai masker wajah. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

4. Mencerahkan wajah

Buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub alami pengangkat sel-sel kulit mati di wajah yang menumpuk dan memudahkan proses regenerasi sel kulit. Caranya blender 1 buah mengkudu jangan sampai terlalu halus dan tambahkan halusan kunyit, campur lalu gosokkan ke kulit wajah. Rutin penggunaan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Melembapkan kulit

Kulit wajah yang kering sangatlah tidak baik bagi wajah Anda karena ajah akan tampak kusam dan cepat mengalami penuaan dini. Gunakan campuran 1 buah mengkudu yang telah dihaluskan dengan sedikit gel lidah buaya, oleskan ke wajah selama 30 menit. Cuci bersih wajah dengan air dingin.

6. Menghaluskan kulit wajah

Memiliki kulit wajah yang halus akan menambah daya tarik tersendiri. Gunakanlah buah mengkudu sebagai masker wajah dan caranya sama seperti beberapa cara di atas, agar hasil semakin maksimal bisa ditambahkan dengan madu ataupun minyak zaitun.

Itulah beberapa langkah mudah menjaga kecantikan kulit wajah Anda. Kulit wajah yang sehat adalah kunci utama meraih kecantikan alami. Banyak bahan alami di sekitar Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah, termasuk buah mengkudu.

Namun yang harus diperhatikan dalam menggunakan masker buah mengkudu ini adalah pastikan semua bahan dan alat yang digunakan dalma kondisi higienis dan bersih, termasuk sebelum menggunakan masker cuci wajah Anda dengan air hangya agar kotoran di wajah tidak menempel.

Loading...