6 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Buah delima atau yang dikenal dengan nama ilmiah Punica granatum adalah buah asli daerah tropis, meski awalnya tumbuh asli dari daerah Timur Tengah. Buah delima memiliki bentuk bulat dengan kulit berwarna merah, putih, dan ungu. Bagian yang dikonsumsi dari buah delima adalah isi dalamnya yaitu biji delima dan memiliki bentuk persegi dan berjumlah banyak.

Banyak orang menyukai buah delima karena selain memiliki bentuk dan warna yang cantik tetapi juga memiliki rasa manis dan lezat untuk dikonsumsi baik secara langsung ataupun diolah menjadi bahan minuman. Bahkan biji delima ditambahkan ke dalam sajian makanan seperti salad, bubur jagung, dan juga kue.

Manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Berdasarkan artikel yang diterbitkan oleh Journal of Food Composition and Analysis pada tahun 2006 menyatakan bahwa di dalma biji delima mengandung asam linoleat, asam omega-3, protein, vitamin, mineral, serat, kalori, karbohidrat, vitamin C, dan vitamin K.

Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang dikandung biji delima tersebut tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, namun juga baik untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah Anda secara alami.

6 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan :

1. Mengatasi jerawat

Banyak faktor penyebab munculnya jerawat yang membandel di wajah Anda, seperti tidak seimbangnya kadar hormone, stress, pola hidup tidak sehat, ataupun kulit wajah yang kurang bersih. Jika jerawat sudah meradang kulit wajah Anda maka Anda dapat menggunakan biji delima untuk mengatasinya.

Caranya blender secangkir biji delima, kemudian oleskan sebagai masker wajah pada area yang berjerawat, dan gunakan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat dan gunakan 2-3 kali dalam seminggu hingga jerawat perlahan menghilang.

2. Mencerahkan kulit wajah

Memiliki kulit wajah yang kusam dapat membuat wajah tampak lebih lusuh dan tua. Beberapa penyebab munculnya kusam di wajah adalah kulit wajah yang terlalu kering, terlalu lama terpapar sinar matahari, ataupun menumpuknya noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

Loading...

Untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan bersih sehingga kulit kusam dapat teratasi ialah dapat dengan menggunakan biji delima. Caranya campurkan segelas biji delima, 3 sendok makan madu, 3 sendok makan susu cair murni, dan secangkir oatmeal, kemudian haluskan semua bahan. Gunakan sebagai masker wajah di malam hari menjelang tidur.

Ketika sedang pemakaian masker tersebut disarankan Anda sambil memijat lembut wajah selama 20 menit kemudian terakhir bilas dengan air hangat, bilas hingga bersih dan tak ada sisa masker sedikitpun di wajah Anda.

3. Mengencangkan kulit wajah

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada delima ampuh dalam menyediakan kolagen kulit wajah Anda sehingga wajah akan terhindar dari kerutan dan tanda-tanda penuaan dini. Selain bijinya Anda dapat menggunakan kulit buah delima.

Cara menggunakannya ialah haluskan beberapa kulit buah delima dan tambahkan sedikit madu, lalu gunakan sebagai masker wajah selama 20-30 menit, terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih. Rutin pemakaian maka kulit wajah Anda akan terasa lebih lembap, kenyal, dan segar.

4. Menghilangkan flek hitam

Haluskan 1 gelas kecil biji delima lalu tambah dengan 2 sendok makan madu, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Terakhir bilas dengan air hangat. Gunakan 3 kali dalam seminggu maka flek hitam di wajah akan memudar secara alami.

5. Melembutkan kulit wajah

Anda menginginkan kulit wajah yang kenyal dan lembut? Caranya gunakan campuran masker biji delima dengan 2 sendok makan yoghurt plain, gunakan sebagai masker wajah selama 20 menit di malam hari menjelang tidur.

6. Mempercepat proses penyembuhan luka

Luka gores ataupun luka bakar jika melukai kulit bahkan di bagian wajah pun dapat dengan cepat disembuhkan dengan masker biji delima. Kandungan kaliumnya dapat mempercepat proses pembekuan darah dan juga bersifat anti bakteri sehingga dapat menangkal dari serangan infeksi ke area luka.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat buah delima untuk menunjang kecantikan kulit wajah Anda. Buah delima bisa Anda jadikan sebagai alternatif perawatan kulit wajah secara tradisional yang terbukti aman, mudah, dan murah.

Loading...