6 Cara Mengatasi Komedo Secara Alami

Mengatasi Komedo

Memiliki kulit wajah yang halus dan bersih adalah dambaan bagi siapapun, namun sayangnya permasalahan pada kulit wajah kerap kali terjadi, sebut saja jerawat, bekas jerawat, kulit wajah kering, kulit wajah berminyak, bahkan termasuk komedo. Meski komedo tidak sebesar jerawat namun keberadaannya sangatlah mengganggu penampilan sehari-hari. Komedo telah membuat kulit wajah menjadi tidak halus bahkan membuat pori-pori wajah terlihat semakin besar, duh pasti bingung dong bagaimana cara mengatasinya?

Kebanyakan orang mengambil langkah ekstrem untuk mengatasi komedo yaitu dengan cara memencetnya menggunakan tangan secara langsung, padahal kondisi tangan yang tidak steril bisa memicu kondisi kulit semakin parah loh, bisa-bisa bagian kulit yang berkomedo akan meradang lalu mengalami iritasi bahkan bisa muncul masalah baru yaitu jerawat. Komedo hilang, tumbuhlah jerawat deh jadinya…

Keberadaan komedo memang begitu menjengkelkan, terutama bagi wanita. Sudah ditutupi dengan alas bedak atau berbagai bahan make up pun tetap saja komedo masih terlihat. Komedo umumnya terdiri dari 2 jenis, yaitu komedo hitam yang tampak muncul di pori-pori wajah dan terlihat berwarna hitam, maupun komedo putih, tak terlihat seperti komedo hitam namun keberadaannya lebih dalama pada lapisan kulit.

Umumnya komedo berada di hidung, namun semakin lama area pertumbuhan dapat meluas, yaitu terdapat du dagu, pipi kiri dan kanan, di bawah telinga, jidat, bahkan dada dan tangan. Untuk itu ada baiknya untuk mengenali dahulu apa saja faktor-faktor penyebab munculnya komedo di wajah Anda.

Penyebab tumbuhnya komedo:

  1. Penumpukan sel-sel kulit mati di folikel rambut kulit;
  2. Semakin berkembangnya jumlah bakteri Propionibacterium acnes sehingga semakin memperparah kondsi komedo;
  3. Penggunaan kosmetik yang terlalu lama dan berakibat pada tertutupnya pori-pori wajah;
  4. Perubahan hormon dan umumnya mulai terjadi ketika pubertas yang mengakibatkan meningkatnya kadar minyak atau sebum di kulit wajah;
  5. Kulit yang terlalu kering; dan
  6. Salah menggunakan kosmetik atau pembersih wajah berbahan kimia yang tidak cocok untuk kulit wajah.

Lalu bagaimanakah cara aman untuk mengatasi komedo yang membandel? Yuk disimak…

6 Cara mengatasi komedo secara alami:

1. Menggunakan terapi uap

Loading...

Kelebihan menggunakan terapi uap ialah berbagai kotoran maupun sel-sel kulit mati yang tertimbun di pori-pori wajah dapat luruh dan keluar sehingga pertumbuhan komedo dapat diminalisir. Caranya mudah yaitu dengan mendidihkan air di dalam panci, selanjutnya angkat dan letakkan wajah menghadap air, gunakan setiap hari di malam hari menjelang tidur. Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa Anda tambahkan 1 sendok teh garam ke dalam rebusan air agar komedo lebih cepat hilang.

2. Menggunakan masker Jeruk Nipis

Meski rasanya sangat masam khasiat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah tidak perlu diragukan lagi, termasuk mengatasi komedo yang membandel. Kandungan vitamin C dan anti oksidan nya yang tinggi mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan mengurangi minyak berlebih kulit wajah. Caranya cukup mudah, belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian peras dan oleskan perasan airnya ke kulit wajah yang berkomedo sambil didiamkan selama 10-15 menit, terakhir bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan masker tomat

Tomat juga tak kalah khasiatnya dengan jeruk nipis, kandungan senyawa lycopine pada tomat mampu menangkal radikal bebas yang memaparkan kulit wajah secara langsung seperti sinar UV sehingga sel-sel kulit mati dapat terangkat. Caranya ialah gunakan tomat sebagai masker wajah, boleh diiris tipis-tipis lalu ditempelkan ke wajah atau dihaluskan sehingga menjadi seperti bubur lalu didiamkan selama 20-30 menit, terakhir bilas dengan air hangat. Tidak hanya mengatasi komedo, masker buah tomat juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah.

4. Menggunakan masker putih telur

Sudah banyak berbagai produk masker wajah yang menggunakan bahan putih telur untuk mengangkat komedo. Namun Anda juga bisa meraciknya sendiri, yaitu ambil 1 telur ayam kampung kemudian pisahkan bagian kuning dan putih telurnya. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan air hangat, lalu oleskan putih telur ke daerah kulit yang berkomedo, diamkan sampai kering dan kelupas. Tidak hanya untuk komedo, putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori wajah yang membesar akibat komedo.

5. Menggunakan masker madu

Tidak hanya lezat, madu juga berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah termasuk mengatasi komedo. Madu kaya akan anti oksidan dan anti bakteri sehingga mampu mengatasi bakteri penyebab komedo dan menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah, setelah wajah dicuci bersih dengan air hangat oleskan madu asli ke seluruh wajah yang berkomedo dna biarkan selama 30 menit, terakhir bilas dengan air dingin.

6. Menggunakan ampas kopi

Jika Anda penggemar seduhan kopi hitam ada baiknya ampas dari kopi tersebut jangan dibuang, karena dapat dijadikan sebagai bahan scrub yang dapat mengatasi komedo. Caranya bersihkan dahulu wajah Anda dengan sabun pembersih wajah lalu bilas dan keringkan dengan tissu, selanjutnya oleskan ampas kopi ke kulit wajah yang berkomedo sambil didiamkan selama 5 menit. Kemudian gosok-gosok halus ampas kopi dan terakhir bilas dengan air bersih.

Nah itulah beberapa cara mudah dan alami mengatasi komedo, yang paling perlu diingat adalah terapkan pola hidup sehat dan teratur agar pertumbuhan komedo dapat dicegah, seperti rutin membersihkan wajah, kurangi penggunaan make up yang terlalu lama, hindarkan wajah dari rambut karena kotoran rambut dapat memicu komedo, rutin berolahraga, dan penuhi nutrisi sehari-hari dengan menu yang sehat. Selamat mencoba…

Loading...