6 Cara Cepat Mengencangkan Lengan

Memiliki lengan yang bergelambir atau lebih tepatnya menumpuknya lemak di lengan sangatlah membuat tidak percaya diri, padahal bentuk tubuh sudah ideal. Untuk memakai pakaian pun tidak bisa sembarangan karena ukuran lengan baju yang terlalu kecil, sehingga untuk menampilkannya saja dengan menggunakan baju lengan pendek sangatlah terganggu.

Mengencangkan Lengan

Baik pria maupun wanita pastinya menginginkan otot lengan yang kencang. Kenaikan berat badan juga bisa memicu membesarnya ukuran lengan Anda, selain perut dan juga bagian tubuh yang lain. Untuk itu perlu sekali menjalani program diet atau penurunan berat badan agar ukuran tubuh kembali seperti semula, termasuk lengan. Berikut beberapa cara untuk mengencangkan lengan tangan yang bergelambir secara mudah dengan menerapkan beberapa gerakan olahraga ringan.

6 Cara Mengencangkan Lengan

1. Melakukan push up secara sempurna

Push up adalah suatu jenis gerakan senam yang memanfaatkan kekuatan otot bagian bisep maupun trisep pada lengan. Caranya ialah dengan melakukan gerakan tengkurap di awal, lalu letakkan kedua tangan di sisi kiri dan kanan. Selanjutnya angkat tubuh secara perlahan sehingga badan berada di atas dan ditumpu oleh kedua lengan, sedangkan posisi kaki lurus atau dalam kondisi tegap. Lakukan gerakan push up secara rutin setidaknya setiap hari di pagi dan malam hari, dan semakin hari tambahkan jumlah gerakan push up.

2. Rutin melakukan angkat beban

Cobalah mulai mengangkat beban dari yang beban terkecil, yaitu 1 kilogram. Caranya angkat beban dengan menggunakan kedua tangan sambil membuka kedua kaki selebar bahu, lalu angkat ke atas kepala dengan bentuk tangan lurus ke atas, selanjutnya turunkan beban dengan cara menekuk kedua tangan, lalu luruskan kembali kedua tangan dan ulangi langkah tersebut sebanyak 60 kali dalam sehari. Gerakan ini juga bisa dinamakan dengan gerakan shoulder press.

3. Rutin melakukan lompat tali

Loading...

Gerakan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengencangkan otot lengan ialah dengan lompat tali. Lakukan gerakan lompat tali di setiap pagi hari atau juga menjelang tidur di malam hari, semakin hari tingkatkan intensitas jumlah gerakan lompat tali agar otot lengan cepat mengecil. Lompat tali juga bermanfaat untuk mengecilkan otot di paha dan perut lho.

4. Melakukan gerakan chair dip

Gerakan ini tidak hanya mampu mengecilkan lengan, namun juga bisa memperkuat otot punggung. Caranya ialah sediakan kursi yang berbahan plastik ataupun kayu, letakkan di ujung tembok atau lebih tepatnya harus menempel di tembok agar posisi kursi tidak berubah ketika digunakan.

Kemudian duduk sambil membelakangi kursi, kedua lengan diletakkan di kursi, atur sedemikian rupa agar ada jarak antara lengan dan badan (posisi lengan memiliki jarak sebahu dengan tubuh). Lalu atur jarak kedua kaki kira-kira 3 sampai dengan 4 langkah dari kursi sambil menekuk lutut sehingga tinggi lutut sejajar dengan tinggi kursi, dan terakhir tekuk siku lalu turunkan tubuh ke lantai secara perlahan, naikkan lagi lalu turunkan lagi. Ulangi langkah ini dengan menerapkan 3 set dengan 20 kali pengulangan gerakan.

5. Melakukan gerakan memutar pada tangan

Ingin mendapatkan otot lengan yang kencang dapat dilakukan dengan cara memutarkan kedua lengan Anda. Caranya luruskan kedua lengan ke sisi kiri dan kanan, lalu putar secara bergantian dan lakukan gerakan ini 50 kali dalam sehari.

6. Melakukan gerakan pull up

Untuk melakukan tehnik gerakan ini maka diperlukan kusen atau kayu ataupun tiang yang posisinya lebih tinggi dari pada Anda. Lalu letakkan kedua tangan ke kusen dan pegang erat kusen tersebut. Kemudian angkat tubuh secara perlahan dengan tumpuan beban ada di kedua lengan, tahan selama 8 detik lalu turunkan. Ulangi langkah tersebut dan lakukan secara rutin setiap hari.

Nah itulah 6 cara mudah untuk mengencangkan otot lengan Anda dari lemak yang menumpuk. Cara ini terbukti efektif jika dilakukan secara rutin. Olahraga saja tidak cukup tanpa dilengkapi dengan asupan nutrisi yang bergizi tinggi dan menjaga pola makan yang sehat, seperti perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, protein, vitamin, dan mineral. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih setidaknya 8-10 gelas air sehari agar proses metabolisme tubuh menjadi lancar.

Loading...