6 Cara Cepat Diet Keto Bagi Pemula

Apakah Anda pernah mendengar diet keto? Diet keto merupakan salah satu tehnik diet yang dapat Anda lakukan apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara melebihkan asupan lemak sedangkan asupan karbohidrat dikurangi. Yang perlu diingat adalah dalam melakukan tehnik diet keto ini konsumsilah lemak baik, dan dimana biasanya dalam sehari mengonsumsi lemak berkisar 20-30% total asupan makanan, namun diet keto mengharuskan konsumsi lemak berjumlah 60-70%.

Cara Diet Keto

Sebenarnya mengapa harus dinamai dengan diet keto? Hal ini dikarenakan selama menjalani diet asupan yang berlebih ialah dengan mengonsumsi lemak, sedangkan asupan karbohidrat diperketat jumlahnya. Hal inilah yang menyebabkan tubuh mengalami kondisi ketosis, yaitu kondisi dimana asupan gula menjadi berkurang di dalam tubuh yang diakibatkan asupan karbohidrat berkurang. Sehingga tubuh pun memecah lemak untuk diubah menjadi energi, nah inilah yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Lalu bagaimanakah tips dan trik untuk melakukan diet keto bagi pemula? Sedangkan sangatlah tidak mudah memulai melakukan diet dengan cara instan, Anda ingin tahu bagaimana caranya? Yuk disimak…

6 Cara Diet Keto Bagi Pemula

1. Mengetahui dengan jelas jenis makanan yang akan dikonsumsi

Dalam melakukan langkah awal diet keto perlu sekali pengetahuan awal akan makanan yang dikonsumsi selama menjalani program diet keto. Selama diet keto Anda harus mengontrol asupan karbohidrat, dengan begitu hindari makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang, nasi, keripik, dan lain-lain. Perlu juga disortir pemilihan menu makanan yang banyak mengandung lemak, upayakan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik bagi tubuh dan tidak memicu meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Memulai diet dengan cara yang ringan

Memulai program diet bagi pemula sangatlah sulit, apalagi jika langsung konsisten dan ekstra. Untuk itu cobalah mulai dengan langkah mudah dan ringan agar tubuh Anda tidak kaget dengan terjadinya perubahan gaya asupan hidup sehari-hari. Seperti mulai kurangi asupan nasi, roti, minuman manis dan bersoda, dan lain-lain. Dengan mengurangi kadar asupan karbo tersebut, maka perlahan tubuh pun akan mulai terbiasa dan siap menjalani program diet kato yang lebih intens lagi.

3. Membuat list makanan yang baik untuk diet kato

Loading...

Perlu sekali ketekunan Anda dalam menjalani program diet kato ini, langkah yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan membuat list atau daftar makanan yang dapat dikonsumsi selama menjalani program diet kato. Beberapa makanan tersebut ialah makanan yang mengandung lemak baik bagi tubuh, di antaranya ialah: daging merah, ikan salmon, tuna, sarden, mentega, telur, keju cheddar dan mozarella, kacang almond, kacang kenari, tomat, paprika, garam, merica, susu low fat dan yoghurt plain.

4. Meminum air putih yang cukup

Selama menjalani program diet Anda maka asupan air putih jangan pernah dilupakan. Justru selama diet, asupan air putih perlulah dijaga dan jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Karena dengan cukup meminum air putih maka sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lancar, mempermudah proses penyerapan makanan, serta menghindari terjadinya tubuh lemas.

5. Membuat daftar rencana menu makanan sehari-hari

Selama menjalani program diet keto, tidak hanya dengan membuat daftar makanan apa saja yang perlu dikonsumsi namun juga penting sekali membuat daftar menu makan di pagi hari, siang, serta sore harinya agar jumlah asupan lemak semakin terkontrol dan tak berlebihan.

Seperti pada saat melakukan sarapan ialah dengan menambah dengan meminum kopi hitam tanpa creamer, untuk pemanisnya bisa ditambahkan dengan bubuk kayu manis atau bubuk vanilla. Menu ini mengandung 84 % lemak. Lalu siang harinya dengan memakan dada ayam yang dipanggang dengan minyak zaitun atau mentega dan garam serta merica. Atau bisa juga dengan merebus ayam dengan bahan bawang putih. Lalu di malam harinya konsumsi steak daging sapi atau ikan yang sudah dipadukan dengan tomat ataupun paprika. Cukup mudah bukan?

6. Siap akan adanya keto flu

Yang dimaksud dengan keto flu adalah, selama menjalani program diet keto di awal-awal program tersebut maka Anda akan mengalami beberapa masalah di tubuh, seperti tubuh lemas, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, dan pandangan mata menjadi kabur. Meski begitu hadapilah dengan mengurangi kegiatan yang menguras fisik dan perbanyak istirahat. Jangan jadikan masalah ini sebagai penghalang Anda untuk terus melakuka program diet keto.

Nah itulah 6 cara mudah melakukan diet keto bagi para pemula. Usahakan setiap harinya terus mengganti menu harian diet keto Anda, agar nutrisi yang terserap di tubuh lebih maksimal. Diet keto adalah gaya hidup, jadi perlu sekali bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Loading...