5 Faktor Penyebab Ketombe

5 Faktor Penyebab Ketombe

Memiliki rambut sehat dan bersih adalah penunjang utama kadar kepercayaan diri seseorang untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Lalu bagaimana jika rambut indah yang diidamkan justru bermasalah karena ketombe? Pasti akan membuat rasa tidak nyaman bagi siapapun yang mengidapnya, terlebih ketombe dapat menimbulkan rasa gatal berlebih di kulit kepala.

APA ITU KETOMBE?

Ketombe merupakan permasalahan umum pada rambut yang mengakibatkan timbulnya sisik yang berlebihan akibat adanya sel-sel kulit mati di kepala. Memiliki warna putih terkadang berstuktur butiran ataupun serpihan dan mudah rontok ini sangat mengganggu penampilan.

SIAPA SAJA YANG MUDAH TERKENA KETOMBE?

Ketombe tidak mengenal usia dan jenis kelamin, dari usia bayi hingga lansia pun dapat terserang ketombe, bahkan wanita maupun pria juga sama rata memiliki permasalahan rambut yang satu ini.

5 Faktor Penyebab Ketombe :

1. Terlalu sering berkeramas

Keramas rambut atau membersihkan rambut dengan shampoo memang baik, akan tetapi jika berlebihan justru akan membuat rambut lepek, bau, dan lembab. Kondisi lembab inilah justru menguntungkan bagi jamur untuk tumbuh dan muncullah ketombe.

2. Salah menggunakan produk shampoo

Loading...

Banyak sekali shampoo yang menawarkan mampu membersihkan ketombe, akan tetapi kandungan bahan kimia yang tidak cocok bagi kulit kepala justru akan membuat ketombe semakin menjadi.

3. Tidak bersih mencuci sisa busa shampoo

Ketika aktivitas padat dan serba cepat, lupa untuk membersihkan sisa busa shampoo di rambut sering terjadi. Penumpukan sisa busa inilah yang dapat mongering lalu berkerak dan akhirnya jadi ketombe.

4. Produksi minyak berlebihan

Kulit kepala yang memiliki minyak berlebih memang lebih mudah terkena ketombe. Substansi lemak penghasil minyak ini dimakan oleh jamur malassezia sebagai pemicu munculnya ketombe.

5. Jarang berkeramas

Jarang berkeramas juga tidak baik apalagi jika rambut sudah terpapar polusi dan keringat, maka akan menumpuk dan akhirnya jadilah ketombe.

DAMPAK BURUK ADANYA KETOMBE DI KULIT KEPALA?
Selain membuat minder, ketombe juga bisa merusak penampilan Anda sehari-hari. Untuk memakai baju berwarna hitam bukanlah pilihan terbaik. Selain itu juga ketombe menimbulkan rasa gatal yang jika tanpa Anda sadari telah menggaruknya maka akan meninggalkan luka dan perih. Baca Juga 8 Cara Ampuh Mengobati Ketombe Secara Alami

Loading...