Loading...

5 Faktor Penyebab Bisul

5 Faktor Penyebab Bisul

Penyebab Bisul

Bisul sering kali muncul di berbagai bagian tubuh, meski ukurannya kecil namun dapat menimbulkan efek yang menyakitkan bahkan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda. Misalnya saja bisul muncul di area kelopak mata ataupun telinga sehingga mudah terlihat oleh orang lain.

Pasti Anda sudah tidak asing dengan mitos yang mengatakan bahwa “jika kebanyakan makan telur, nanti bisa bisulan” padahal tidak ada kaitan sama sekali antara memakan telur dengan bisulan di kulit. Bisulan terjadi karena adanya infeksi folikel kulit oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Bisul biasanya muncul di beberapa bagian tubuh seperti kelopak mata, ketiak, dagu, jidat, tangan, paha, dan punggung. Awalnya hanya berupa benjolan kecil berwarna merah, keras dan sakit. Semakin lama benjolan tersebut mulai membesar dan terisi oleh nanah, melunak dan ketika matang dapat pecah dengan sendirinya.

Penderita tidak hanya menderita ketika bisul baru muncul, efek setelah bisul pecah pun sangat membuat tidak nyaman. Dimulai dari rasa sakit, perih, gatal, bahkan akhirnya dapat meninggalkan bekas luka seperti parut ataupun bopeng.

5 Faktor Penyebab Bisul :

Loading...

1. Faktor kebersihan
Jika lingkungan di sekitar Anda kotor, baik itu tempat tidur, kamar mandi, dan sebagainya yang memungkinkan Anda banyak melakukan aktivitas di tempat tersebut maka dengan mudah kulit Anda akan terinfeksi bakteri dan akhirnya muncullah bisul.

2. Luka
Jika kulit terkena luka dan kurang steril, maka pori-pori kulit di sekitar luka akan lebih mudah terbuka dan akhirnya dengan mudah diserang bakteri. Bakteri yang masuk inilah pemicu tumbuhnya bisul.

3. Alergi

Tubuh yang rentan terhadap alergi seperti debu maka perlindungan pertama kali dilakukan oleh kulit. Alergi itulah pemicu munculnya bisul di kulit Anda.

4. Sistem imun turun
Ketika sistem imun turun, perlindungan tubuh pertama kali dilakukan oleh kulit. Maka sel-sel darah putih melakukan perlawanan pertama trehadap bakteri tersebut, akhirnya sisa-sisa sel darah putih dan bakteri yang telah rusak muncul sebagai bisul di kulit.

5. Iritasi kulit
Hal yang dapat menyebabkan iritasi kulit ialah mencabut rambut ataupun mencukurnya sehingga menimbulkan luka dan akhirnya teriritasi. Iritasi inilah menyebabkan mudahnya bakteri menyerang kulit, sehingga dapat memicu tumbuhnya bisul.

Loading...