Loading...

4 Manfaat Okra Untuk Kulit Wajah

Manfaat Okra

Wajah adalah aset tubuh baik itu pria maupun wanita sehingga perlu selalu untuk dijaga dan dirawat. Dengan wajah yang bersih dan sehat maka tingkat kepercayaan diri seseorang akan meningkat. Namun bagaimana jika wajah kerap kali megalami jerawat, komedo, kulit kusam, iritasi, kering, bahkan berminyak? Tentu hal ini sangatlah merisaukan dan cukup membuat pusing.

Bahkan banyak sekali orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam melakukan perawatan di berbagai klinik kecantikan ataupun dokter kulit untuk mendapatkan kulit mulus seperti semula. Cara ini tidaklah dilarang, namun banyak juga yang tidak cocok menerima berbagai bahan kimia dari pengobatan tersebut dan berakibat pada infeksi kulit wajah dan meradang parah.

Maka tidak ada salahnya bagi Anda mulai berpikir lagi untuk menggunakan langkah yang aman, mudah, dan murah pastinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada, contohnya saja okra.

Okra merupakan tanaman sayuran yang termasuk ke dalam family tanaman kapas-kapasan dan berjenis tanaman semak. Tanaman okra mulanya berasal dari Afrika, dan sampai kini sudah mulai dibudidayakan di Indonesia, meskipun kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tanaman ini.

Okra yang biasa digunakan untuk masakan ialah bagian buahnya. Jika dilihat sekilas buah okra memiliki bentuk seperti cabai hijau besar dengan ukuran panjang 15-20 cm, dan ketika dibelah maka akan tampak biji-biji okra yang kecil dan berwarna putih. Buah okra jika direbus akan mengeluarkan banyak lendir. Namun dengan begitu buah okra kaya akan kandungan nutrisi.

Buah okra dikenal kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E,dan tinggi anti oksidan sehingga mampu menutrisi kulit dan menjaganya tetap sehat. Manfaat buah okra bagi kesehatan sangatlah banyak seperti mampu mengatasi diabetes, jantung, kolesterol, mencegah kanker, memperkuat fungsi mata, dan melindungi paru-paru. Lalu bagaimanakah manfaat okra untuk kulit?

Anda juga dapat menggunakan buah okra untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah Anda. Bagaimanakah cara pengolahan buah okra dan apa saja manfaatnya bagi kulit wajah Anda? Yuk disimak….

4 Manfaat Okra Untuk Kulit Wajah :

1. Mencegah penuaan dini
Menurut ahli kulit Schweiger Dermatology Group di New York menyatakan bahwa buah okra yang kaya akan vitamin A, C, dan E serta anti oksidannya dapat bertindak sebagai alternatif mengurangi garis kerutan dan keriput sehingga dapat mencegahnya dari tanda-tanda penuaan dini.

Loading...

Karena kandungan vitamin C yang tinggi pada buah okra mampu meregenasi sel-sel kulit yang mati, memperbaiki jaringan tubuh, dan menyediakan kolagen yang baik untuk kulit wajah Anda.

2. Mengatasi flek-flek hitam
Flek-flek hitam dapat menyerang ketika kulit wajah kelebihan pigmen. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai hal seperti umur, penggunaan pil KB bagi wanita, dan juga radiasi sinar UV. Maka kandungan vitamin dan anti oksidan pada buah okra baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda dari gangguan flek hitam tersebut.

3. Mencerahkan kulit wajah
Kulit wajah yang cerah akan menaikkan kepercayaan diri Anda, untuk itu buah okra bisa dijadikan pilihannya. Tingginya vitamin C pada buah okra mampu meningkatkan kecerahan kulit Anda, dan juga membuatnya terasa lebih kencang dan halus.

4. Mengatasi jerawat
Buah okra juga dapat bersifat sebagai anti bakteri, maka dengan menggunakan masker buah okra bakteri-bakteri penyebab jerawat dapat dibasmi. Kulit wajah tetap sehat dan bersih dari jerawat.

Lalu bagaimanakah pengolahan buah okra agar mudah untuk diaplikasikan ke wajah Anda? Berikut beberapa caranya….

1. Siapkan 200 ml mineral water, tuangkan ke dalam botol. Kemudian potong kecil-kecil buah okra yang telah dicuci bersih, campurkan ke dalam botol, kemudian simpan di dalam lemari es selama 24-30 jam. Aplikasikan air okra ini ke seluruh permukaan wajah Anda baik itu di pagi maupun siang hari.

2. Ada cara mudah lainnya yaitu dengan menggunakan irisan tipis buah okra. Caranya iris tipis-tipis buah okra yang telah dicuci bersih kemudian tempelkan ke seluruh permukaan wajah Anda selama 15-20 menit. Gunakan setiap malam hari menjelang tidur.

3. Selain diiris tipis, Anda juga dapat membuat masker buah okra dengan cara diblender. Blender buah okra dengan diberi sedikit air, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah Anda.

Nah mudah bukan melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan buah okra? Jadi tidak ada salahnya dari sekarang Anda mulai untuk menerapkan perawatan alami dengan buah okra, jangan risih dengan lendirnya karena lendir tersebut sangatlah bermanfaat bagi kulit wajah Anda.

Loading...