Loading...

4 Cara Mengobati Infeksi Telingga dengan Bawang Putih

4 Cara Mengobati Infeksi Telinga dengan Bawang Putih
Penyakit infeksi telinga rupanya tidak hanya menyerang kalangan anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun dapat terserang. Lantas apakah infeksi telinga itu? Infeksi telinga biasa disebut dengan Otitis Media yang terjadi pada telinga bagian tengah akibat serangan virus ataupun bakteri. Infeksi telinga biasa terjadi apabila tubuh sedang tidak fit dan mengalami radang tenggorokan ataupun demam yang mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan dan terjebak di bagian telinga tengah.

Efeknya sangat menyakitkan bagi yang menderita dan menimbulkan sensasi tidak nyaman, bahkan pendengaran pun dapat terganggu. Lantas untuk mengobati penyakit infeksi telinga tersebut jika dirasa belum terlalu parah untuk berobat ke dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) diperlukan waktu yang tidak sebentar dan dana yang lebih. Masih ada langka pertama yang bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan bahan utama bumbu dapur, bawang putih

Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, bahkan sejak jaman nenek moyang sudah mempercayainya sebagai bahan pengobat tradisional yang jitu menyembuhkan berbagai penyakit. Lalu bagaimana dengan penyakit infeksi telinga yang sedang menyerang? Dapatkah tersembuhkan dengan bawang putih? Kandungan apa yang ada pada bawang putih? Bagaimana pengolahannya? Akan dijelaskan pada penjabaran di bawah ini.

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan, anti jamur, dan anti mikroba. Infeksi telinga yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri dapat hilang karena bawang putih. Penerapannya berbagai macam, beberapa langkah di bawah ini bisa diterapkan di rumah dan mudah.

4 Cara Mengobati Infeksi Telingga dengan Bawang Putih

Loading...

1. Bawang putih dikupas trelebih dahulu kulitnya lalu dicincang kasar secukupnya. Masukkan hasil cincangan ke dalam kain kasa dan atur sedemikian rupa agar muat kedalam lubang telinga Anda. Diamkan selama 30 menit, kemudian tarik keluar kain kasa bersamaan dengan bawang putih di dalamnya.

2. Menggunakan minyak bawang putih. Di pasar baik modern maupun tradisional sudah terjual berbagai merek jenis minyak bawang putih, dan penggunaannya cukup mudah. Teteskan minyak bawang putih ke cotton ball secukupnya lalu tempelkan ke sisi luar lubang telinga, diharapkan proses kehatian-hatian dan kejelian dalam penerapan langkah ini karena dikhawatirkan kelebihan tetesan atau bahkan memasukkan terlalu dalam cotton ball akan menimbulkan efek tidak nyaman bagi telinga.

3. Mencampurkan bawang putih dengan dua sendok makan minyak wijen. Langkahnya sangat mudah, yaitu cukup mengupas kulit bawnag putih, mencucinya, kemudian dicincang kasar, dan dicampur dengan larutan minyak wijen. Diamkan selama 2-3 jam, kemudian teteskan ke cotton ball dan letakkan di ujung lubang telinga luar. Diamkan 30 menit, dan jika sudah terasa efeknya bisa dilepaskan.

4. Rajin-rajin mengonsumsi bawang putih. Pengobatan dari luar saja tidak cukup apabila pengobatan dalam tubuh tak terpenuhi. Bawang putih memang bisa juga digunakan secara langsung dan diolah menjadi bahan makanan yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan bahan makanan lain, jangan terlalu matang dalam pengolahan bawang putih tersebut dikhawatirkan kandungan senyawa pada bawang putih akan hilang. Akan tetapi jangan terlalu sering mengonsumsinya apalagi secara berlebihan karena akan berdampak pada infeksi lambung.

Beberapa langkah di atas terbukti ampuh dalam membantu mengatasi permasalahan infeksi pada telinga. Ini merupakan langkah awal atau pengobatan pertama dengan cara tradisional. Cukup dengan bahan alami yang tersedia, maka penyakit infeksi telinga pun dapat berkurang dampaknya bahkan sembuh. Sehat tidak perlu mahal, memanfaatkan bawang putih sebagai pengobatan berbagai penyakit adalah langkah tepat.

Loading...