Loading...

16 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat

Buah alpukat atau dikenal dengan nama ilmiah Persea americana ini merupakan asli dari Amerika Tengah dan juga Meksiko. Buah alpukat adalah buah favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut. Bentuk buah alpukat lonjong dengan kulit berwarna hijau, daging buahnya ialah kuning dan tepat di tengahnya terdapat satu buah biji seukuran telur ayam.

Banyak olahan makanan dan minuman yang memanfaatkan buah alpukat sebagai bahan dasar utamanya, yaitu dalam bentuk aneka jus, salad buah, rujak alpukat, bahkan sampai keripiki alpukat semua dibuat dengan berbagai varian rasa.

Namun siapa sangka dibalik kenikmatan yang disajikan buah alpukat tersimpan banyak manfaat bagi tubuh bahkan kecantikan kulit. Alpukat memiliki kandungan omega 3, protein, lemak tak jenuh, karoten, vitamin, mineral, anti-inflamasi, natrium, karbohidrat, dan kolesterolnya dipercaya dapat berpengaruh positif bagi tubuh.

16 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan :

1. Mampu menurunkan berat badan
Memakan daging alpukat tanpa ditambah susu ataupun gula dapat sebagai pengganti karbohidrat harian Anda, sehingga kandungan lemak baiknya dapat diserap dengan mudah oleh tubuh dan diedarkan sebagai bentuk energi.

2. Baik untuk penderita diabetes
Penderita diabetes dilarang untuk mengonsumsi karbohidrat dan lemak berlebih, maka dari itu makanlah daging buah alpukat yang telah masak tanpa tambahan gula dan susu. Kandungan lemak monounsaturated  pada alpukat dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Mengatasi kolesterol
Kolesterol pada alpukat merupakan lemak tak jenuh, sehingga baik untuk dikonsumsi. Rutin mengonsumsi buah alpukat maka dapat menurunkan lemak berbahaya dan meningkatkan kadar lemak baik pada tubuh. Sehingga penyakit hipertensi dan stroke dapat dihindari.

4. Mencegah reumatik dan ostheoarthritis
Alpukat memiliki kandungan vitamin A, C, E, karoten, dan asam omega 3 yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan seperti penyakit reumatik dan ostheoarthritis.

5. Menyehatkan mata
Kandungan karoten selain pada wortel juga terdapat di buah alpukat dan kandungan ini baik untuk menjaga kesehatan retina mata Anda. Rutin mengonsumsi alpukat maka mata Anda tetap sehat.

6. Memperlancar pencernaan
Anda sering terkena gangguan pencernaan? Rajinlah memakan buah alpukat, karena kandungan serat tingginya dapat mendorong dengan cepat zat sisa-sisa pembuangan tubuh secara alami.

7. Menjaga sistem imunitas
Kandungan vitamin A dan C pada alpukat dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari segala macam penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Loading...

8. Meningkatkan kesuburan
Kandungan karoten dan vitamin E pada buah alpukat dapat diserap dengan mudah oleh tubuh sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi, termasuk sistem organ reproduksi. Rutin memakan buah alpukat maka akan meningkatkan kesuburan Anda.

9. Memenuhi kebutuhan protein
Protein pada buah alpukat lebih mudah terserap dibandingkan dengan protein hewani, maka dari itu dengan memakan buah alpukat kebutuhan protein harian Anda akan terpenuhi sehingga segala macam aktivitas sel tubuh dapat berfungsi dengan lancar.

10. Baik untuk ibu hamil
Kandungan asam folat yang tinggi pada buah alpukat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

11. Meningkatkan daya ingat
Untuk anak yang sedang dalam usia aktif belajar rajin-rajinlah diberi buah alpukat, karena kandungan omega dan vitamin E yang tinggi pada alpukat baik untuk pemenuhan nutrisi otak sehingga kemampuan belajar dan daya ingat tidak akan terganggu.

12. Melembapkan kulit
Sudah banyak yang menerapkan masker alpukat sebagai masker wajah alami karena kandungan vitamin C dan E pada alpukat dapat meningkatkan kolagen kulit dan melembapkannya. Sehingga wajah akan tampak lebih muda.

13. Mengkilaukan rambut
Caranya haluskan 1 buah alpukat lalu beri tambahan 3 sendok makan yoghurt, gunakan sebagai masker rambut alami setiap sebelum keramas selama 30-45 menit. Maka rambut akan hitam, lebat, dan berkilau.

14. Menghilangkan flek hitam
Campurkan buah alpukat yang telah dihaluskan dengan cairan susu murni, lalu gunakan sebagai masker wajah alami. Sehingga flek hitam di wajah hilang dan wajah kembali cerah.

15. Mengatasi kulit berminyak
Wajah berminyak dapat menimbulkan efek negatif bagi kulit wajah Anda, seperti wajah kusam, tumbuhnya komedo dan jerawat. Blender 1 buah alpukat lalu tambahkan 3 sendok makan madu dan perasan jeruk nipis dan gunakan sebagai masker wajah Anda selama 45 menit. Minyak berlebihan pada wajah dapat teratasi.

16. Mengatasi kulit kaki pecah-pecah
Kandungan vitamin C dan E pada alpukat ampuh sebagai kolagen alami sehingga dapat mengembalikan struktur kulit seperti sediakala. Gunakan masker buah alpukat dan olesi ke permukaan kulit yang pecah-pecah secara rutin, maka kulit kaki akan mulus kembali.

Ingin sehat ternyata mudah dilakukan yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda, contohnya saja alpukat. Banyak kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. Jadi bagi yang menyukai buah alpukat tidak ada ruginya rutin mengonsumsi buah ini, asalkan jangan berlebihan dalam pemberian gula ataupun susu sebagai olahan makanan ataupun minuman.

Loading...