15 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Banyak yang menggemari buah nanas karena rasanya yang manis sedikit masam dan segar karena kandungan airnya yang banyak. Di musim panas ini, memakan buah nanas bisa dijadikan sebagai penghilang dahaga yang enak. Jika Anda sangat menyukai buah nanas, maka bersyukurlah karena buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Apa itu buah nanas?

Nanas merupakan buah tropis dengan daging buah berwarna kuning dan kulit yang kasar dengan tonjolan-tonjolan seperti mata di setiap sisi kulitnya dan sedikit keras. 90 % buah nanas terdiri atas air, lalu terdapat senyawa kalium, kalsium, iodium, sulfur, khlor, asam, biotin, vitamin A, B12, C, dan E, fosfor, magnesium, besi, natrium, dektosa, sukrosa (gula tebu), dan enzim bromelain.

Apa saja manfaat buah nanas?

Selain rasanya yang segar dan enak, buah nanas juga kaya akan manfaat. Di bawah ini akan dibahas beberapa manfaat buah nanas bagi tubuh, yuk disimak!

15 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan :

1. Mencegah penyakit jantung

Buah nanas bersifat sebagai antioksidan alami, dengan mengonsumsi sari nanasnya maka kandungan vitamin A dan C pada nanas dapat berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari segala macam radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh.

2. Menjaga sistem imun

Kandungan vitamin C pada buah nanas mampu meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Maka rajin memakan buah nanas penyakit seperti flu, batuk, dan pilek dapat dihindari.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah nanas kaya akan kalium dan senyawa ini berperan dalam menurunkan tekanan darah Anda, sehingga tekanan darah kembali normal, penyakit jantung dan stroke pun dapat dihindari.

4. Mencegah kanker

Kandungan senyawa serotonin dan vitamin C pada buah nanas berperan sebagai antioksidan alami sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan sel kanker di tubuh.

5. Mencegah stress

Senyawa serotonin dan vitamin C pada buah nanas juga berperan dalam menurunkan kadar stress Anda. Stress berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan, dengan mengonsumsi buah nanas maka akan menurunkan hormone stress dan kembali menaikkan mood Anda.

6. Mencegah katarak

Buah nanas mengandung asam askorbat dan betakarotenoid yang dapat menstabilkan membran sel lensa pada mata Anda sehingga dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi yang memicu munculnya katarak.

7. Mempercepat proses penyembuhan luka

Loading...

Luka akibat jatuh, tergores, bakar, ataupun gatal justru dapat mengganggu penampilan. Kandungan bromelin pada buah nanas dapat mempercepat proses penyembuhan luka secara alami.

8. Mengatasi sembelit

Sistem pencernaan terganggu maka akan membuat Anda tidak nyaman dan pola makan juga bisa terganggu. Makanlah buah nanas, karena kandungan air dan seratnya yang tinggi dapat dengan mudah memperlancar proses pembuangan zat sisa makanan Anda.

9. Detoksifikasi alami

Jika zat racun menumpuk pada tubuh Anda maka itu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Zat-zat racun yang tidak diperlukan oleh tubuh harus segera dibuang. Kandungan bromelin dan asam astartic pada buah nanas dapat mempercepat proses pembuangan racun dalam tubuh Anda.

10. Pereda tenggorokan

Ketika Anda terserang batuk, maka tenggorokan terasa sakit ketika berbicara bahkan makan. Minum sari buah nanas dengan air hangat tanpa gula maka akan meredakan sakit tenggorokan Anda.

11. Menjaga keelastisan wajah

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah nanas terbukti dapat menjaga kadar kolagen pada kulit wajah Anda. Rajin memakan buah nanas maka akan mencegah kulit Anda dari proses penuaan dini.

12. Mengatasi masuk angin

Masuk angina disertai gejala kembung perut justru akan menghambat kinerja tubuh Anda. Senyawa bromealin pada nanas terbukti dapat mengatasi perut kembung Anda.

13. Menguatkan tulang

Selain susu, buah nanas juga dapat mejaga kesehatan tulang Anda. Kandungan mangannya dapat memperkuat tulang Anda dan mencegah terjadinya osteoporosis.

14. Mencegah gusi bengkak dan sariawan

Gusi yang membengkak dan sariawan terjadi karena kurangnya asupan vitamin C. Buah nanas bisa dijadikan alternative pilihan Anda untuk mencegah penyakit tersebut.

15. Mengatasi ketombe

Ketombe sangat mengganggu penampilan bahkan rasa tidak nyaman karena dapat menimbulkan gatal di kepala. Caranya ambil perasan buah nanas lalu tambhkan jeruk nipis dan oleskan ke seluruh kulit kepala Anda, maka ketombe pun akan rontok.

Itulah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan. Hal yang tak diduga dibalik rasanya yang nikmat dalam berbagai olahan minuman dan makanan, rupanya memiliki manfaat yang begitu banyak. Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas dan ingat jangan berlebihan.

Loading...