Loading...

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis dari tanaman herbal yang telah banyak ditanam dan digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Jeruk nipis kaya akan vitamin C sehingga rasanya sangatlah masam (kecut). Selain vitamin C, jeruk nipis memiliki senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu flavonoid, kalium, kalsium, zat besi, tembaga, dan juga fosfor.

Dibalik rasanya yang sangat masam, ternyata jeruk nipis menyimpan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, jeruk nipis juga dapat menjaga kecantikan alami kulit wajah. Mau tahu apa saja manfaat jeruk nipis?

15 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

1. Sebagai antifungal
Kulit gatal karena jamur bisa diatasi dengan mengoleskan kulit jeruk nipis pada kulit Anda yang gatal. Kandungan kimianya seperti eugenol, galangan, dan basoninnya dapat dijadikan sebagai anti jamur kulit.

2. Sebagai antioksidan
Kandungan kimiawi alkaloid, fenol, flavonoid pada jeruk nipis dapat mengikat 50% radikal bebas yang terdapat di tubuh dan dapat meningkatkan kinerja antioksidan tubuh Anda.

3. Sebagai antikanker
Kandungan senyawa etanol dan flavonoid pada jeruk nipis mampu menekan laju proses karsinogen tubuh yang dapat memicu munculnya pertumbuhan sel tumor dan sel kanker pada tubuh.

4. Sebagai pemutih gigi
Anda tidak percaya diri karena gigi kurang putih? Tennag saja, oleskan dengan air jeruk nipis selama 30 menit maka kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat membuat gigi Anda menjadi lebih bersih dan putih.

5. Anti kolesterol
Kolesterol jahat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, terutama dapat memicu terjadinya penyakit tekanan darah tinggi, jantung coroner, dan stroke. Kandungan pectin pada jeruk nipis mampu menurunkan kadar kolesterol darah Anda, gunakan sebagai minuman hangat jeruk nipis.

6. Sebagai anti pembentukan larva nyamuk
Nyamuk memang berbahaya bagi tubuh apalagi ada beberapa jenis nyamuk yang dapat memicu penyakit. Jika di kamar mandi ataupun genangan air apa saja terlihat adanya jentik-jentik nyamuk, coba Anda teteskan beberapa perasan jeruk nipis, maka pertumbuhan larva akan terganggu dna akhirnya mati.

7. Mengatasi amandel
Radang amandel memang sungguh menyiksa penderitanya, selain adanya rasa sakit di saat menelan, radang amandel menimbulkan batuk pilek yang tak kunjung henti terutama menyerang anak-anak. Caranya gunakan rebusan air kulit jeruk nipis sebagai obat kumur sehari-hari.

Loading...

8. Mengatasi batu ginjal
Campurkan perasan air dari dua buah jeruk nipis dalma segelas air hangat, minum rutin selama 10 hari, maka batu ginjal mulai bisa teratasi.

9. Sebagai anti bakteri
Bakteri jahat seperti Staphylococcus aurfeus yang dapat memicu terjadinya infeksi kulit dan penyakit berbahaya lainnya dapat dihambat kinerjanya oleh perasan air jeruk nipis. Maka Anda perlu mengonsumsi air perasan jeruk nipis secara rutin.

10. Baik untuk menurunkan berat badan
Jika Anda ingin menjalani terapi diet alami, maka tambahkan jeruk nipis sebagai bahan makanan Ada. Jumlah kalori pada jeruk nipis sangatlah rendah sehingga bagus untuk tubuh Anda.

11. Mencerahkan wajah
Wajah kusam karena terpapar sinar UV dapat diatasi dengan masker air jeruk nipis. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat menghambat kinerja melanin yang berhiperpigmentasi.

12. Mengatasi jerawat
Kandungan anti bakterinya juga amuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah Anda. Jadikan air jeruk nipis sebagai masker wajah Anda selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

13. Membuat wajah awet muda
Vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan kolagen pada kulit waja Anda sehingga wajah lebih kenyal, elastis, dan lembap. Gunakan jeruk ipis sebagai masker wajah dua hari sekali.

14. Mengatasi ketombe
Ketombe cukup membuat gatal kepala bahkan jika sudah parah dapat merusak penampilan Anda. Cobalah memanaskan 4 sendok makan minyak kelapa lalu dicampur dengan 2 sendok makan perasan jeruk nipis, saat hangat usapkan dan pijatkan ke kulit kepala Anda selama 15 menit.

15. Mengecilkan perut buncit
Jika Anda tidak percaya diri karena perut buncit, bisa mencoba minuman jeruk nipis satu ini. caranya campurkan perasan air dari dua buah jeruk nipis lalu ditambah madu 1 sendok makan dalam segelas air hangat, minum 2 kali sehari.

Tidak rugi bukan untuk menggunakan jeruk nipis sebagai pengobatan alami Anda? Selain sehat, jeruk nipis juga bisa meningkatkan kecantikan. Jangan takut dengan rasanya yang masam, karena manfaatnya luar biasa bagi Anda.

Loading...