Loading...

15 Manfaat Durian Untuk Kesehatan

Manfaat Durian

Kalo sudah mendengar namanya, pasti lidah Anda akan tergiur dengan rasa legit daging buahnya bukan? Dinamakan durian karena struktur kulitnya yang keras dan berduri banyak. Buah durian asli dari Asia Tenggara dan untuk di Indonesia sendiri buah ini sudah memiliki berbagai jenis seperti durian tembaga, hepe, petruk, bokor, dan masih banyak lagi.

Sayangnya tidak semua orang menyukai buah yang memiliki warna daging kuning keemasan ini, dikarenakan aromanya yang kuat dan bisa menyebabkan gejala pusing dan mual. Bahkan memakan durian harus dihindari bagi penderita hipertensi. Sebenarnya dibalik aroma kuat dan rasanya yang legit tersimpan banyak manfaat bagi tubuh asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

15 Manfaat Durian Untuk Kesehatan :

1. Memperlancar pencernaan
Buah durian memiliki kandungan serat yang tinggi, bagi Anda yang sistem pencernaannya tidak lancar bisa memakan 1-2 buah durian, maka seratnya mampu mengatasi sembelit Anda dan usus bisa kembali bekerja secara normal.

2. Memenuhi kebutuhan energi
Pada 100 gram buah durian mengandung energi sebesar 134 kalori, dan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan energi Anda di tengah padatnya aktivitas sehari-hari.

3. Menyehatkan mata
Buah durian juga baik untuk kesehatan mata Anda, karena setiap 100 gram buahnya mengandung 175 IU, dan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda.

4. Mengobati anemia
Gejala kurang darah bisa diatasi dengan memakan buah durian karena setiap 100 gram buahnya mengandung 1,3 mgr zat besi. Zat besi dapat meningkatkan kadar hemoglobin darah Anda.

5. Baik untuk kesehatan tulang dan persendian
Tulang dan persendian adalah satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan kinerjanya dalam tubuh. Tanpa sendi tulang tidak akan bisa bergerak aktif, begitu juga sebaliknya. Kandungan potassium, kalsium, fosfor, dan vitamin B1 pada durian baik untuk menjaga tulang dan sendi Anda agar tetap sehat.

6. Mencegah kanker
Kanker merupakan penyakit yang mematikan, namun hal itu dapat dicegah dengan memakan buah durian. Setiap 100 gram buahnya mengandung 53 mgr vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas penyebab kanker.

7. Mencerahkan kulit
Kandungan vitamin C pada durian mampu meningkatkan kecerahan kulit dan wajah tampak awet muda. Tidak ada salahnya jika Ada mencoba masker buah durian dicampur dengan madu lalu dioleskan ke wajah selama 30 menit.

Loading...

8. Mengontrol gula darah
Kadar gula dalam darah yang berlebih bisa dinormalkan kembali oleh senyawa mangan yang terkandung pada buah durian. 39% buah durian mengandung senyawa mangan.

9. Mengatasi migraine
Apakah Anda sering terkena sakit kepala sebelah dan mencekam ini? Tidak ada salahnya Anda memakan buah durian, karena kandungan vitamin B1nya dapat mengatasi migraine di saat menyerang dan kepala akan terasa kembali sehat dan segar.

10. Menambah nafsu makan
Kandungan vitamin B pada buah durian dapat menambah nafsu makan Anda, ditambah seratnya yang banyak baik untuk kinerja sistem pencernaan Anda.

11. Mengatasi depresi
Depresi sangatlah berbahaya bagi kesehatan Anda, maka cobalah konsumsi buah durian, kandungan vitamin B6nya dapat mengaktifkan hormone serotonin sehingga mood Anda akan menjadi lebih baik.

12. Menghilangkan jerawat
Buah durian juga memiliki zat antibakteri, sehingga jerawat yang disebabkan oleh bakteripun dapat hilang. Caranya rutin menggunakan masker wajah buah durian ke area wajah Anda yang berjerawat.

13. Menyamarkan noda hitam
Noda hitam di wajah akibat bekas jerawat ataupun aktivitas hiperpigmentasi dapat merusak wajah cantik Anda. Cobalah membuat masker durian dengan madu, lalu oleskan ke seluruh area wajah Anda, maka noda hitam mulai tersamarkan.

14. Mengatasi susah tidur
Kebiasaan insomnia bisa teratasi dengan memakan buah durian, karena kandungan tritopannya dapat merilekskan Anda sehingga tidur bisa menjadi lebih pulas.

15. Memenuhi kebutuhan protein
Protein tidak hanya didapatkan dari hewani, namun kalangan nabati seperti durian juga dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Setiap 100 gram buah durian mengandung 2,4 gram protein yang baik bagi tubuh.

Ternyata dibalik rasa durian yang nikmat, terdapat juga manfaat baik untuk kesehatan Anda. Tapi yang harus diutamakan adalah Anda tidak boleh berlebihan mengonsumsi buah durian, cukup 100-200 gram sehari. Berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti darah tinggi, jantung, kencing manis, dan lain-lain. Hindari mengonsumsi durian dengan kopi.

Loading...