Loading...

15 Cara Ampuh Mengatasai Bau Badan Secara Alami

Cara Mengatasai Bau Badan

Aktivitas sehari-hari di tengah teriknya panas membuat tubuh Anda mengeluarkan keringat berlebih, tujuannya baik supaya suhu tubuh tetap normal. Namun bagaimana jika keringat yang dihasilkan menciptakan aroma bau badan? Pasti sangat mengganggu penampilan dan orang-orang di sekitar Anda.

Keringat yang dihasilkan berasal dari kelenjar apokrin dan biasanya pada ketiak kelenjar ini mengandung senyawa protein dan zat gula yang kemudian mampu dipecah oleh bakteri menjadi asam amino. Proses pemecahan inilah yang akhirnya memunculkan bau tak sedap pada ketiak Anda.

Jika Anda menghirup bau badan dari orang lain saja mampu membuat Anda kesal dan tidak nyaman, bagaimana jika bau badan tersebut dihasilkan oleh Anda sendiri?

Pastinya malu dan minder untuk ikut bergabung dengan ornag lain atau teman-teman Anda bukan? Padahal Anda sudah menggunakan deodorant tetapi bau badan tetap tak kunjung hilang? Tenang berikut beberapa tips menghilangkan bau badan secara alami.

15 Cara Ampuh Mengatasai Bau Badan Secara Alami :

1. Menggunakan batang serai
Serai biasa digunakan sebagai bahan bumbu dapur. Kandungan senyawa saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, dan minyak atsirinya berfungsi sebagai anti mikroba.

Caranya cukup menghaluskan 3-5 batang serai, 15 lembar daun sirih, 0.5 ons ketumbar, 0.5 kg kapur gamping putih lalu diberi air dan dituangkan ke dalam toples dan ditutup dengan kain kasa serta biarkan terbuka mengembun semalaman. Air itulah bisa menjadi bahan tambahan mandi Anda.

2. Menggunakan mentimun
Kandungan air serta anti-bakterinya ampuh mengatasi bakteri penyebab bau badan. Caranya cukup mengiris tipis buah timun lalu dijadikan masker pada ketiak Anda sambil didiamkan selama 30-45 menit, lakukan secara rutin.

3. Minyak nilam
Nilam diketahui sebagai tumbuhan semak ini memiliki aroma seperti mint dan kuat. Kandungan atsirinya ampuh sebagai anti-bakteri. Caranya cukup mengoleskan 1-2 tetes minyak ke ketiak Anda secara rutin.

4. Minyak kelapa
Selain bagus untuk mengatasi bekas luka, minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai deodorant alami. Caranya campur 6 sendok teh minyak kelapa, 4 sendok teh baking soda, 4 sendok teh tepung sagu, lalu diaduk rata, dan simpan di wadah kaca kecil. Gunakan seperti deodorant pada ketiak Anda.

5. Daun jambu biji
Selain buahnya yang dapat dimakan, daun jambu biji yang memiliki aroma sedikit getir dan menyengat ini juga dapat sebagai anti bakteri. Caranya ialah tumbuk 3-5 lembar daun jambu biji lalu oleskan ke ketiak Anda selama 15-20 menit.

Loading...

6. Daun kemangi
Aromanya khas dan rasanya sedikit pedas dan tajam, memiliki kandungan atsiri ampuh sebagai anti-bakteri. Caranya cukup dengan rajin-rajin mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan dan dijamin aroma tubuh tak sedap akan hilang.

7. Jeruk nipis
Jeruk nipis juga ampuh menghilangkan bau badan Anda. Caranya cukup mengoles perasan air jeruk nipis pada ketiak Anda dan dilakukan secara rutin.

8. Air mawar
Selain bunganya yang cantik, mawar juga bisa digunakan sebagai penghilang bau badan Anda. Cukup mengoleskan campuran air dengan bunga mawar pada ketiak Anda, atau ketika mandi bisa menambahkan aroma mawar pada sabun Anda.

9. Daun selada
Cukup dengan menghancurkan daun selada lalu ambil perasan airnya, oleskan pada ketiak Anda setiap kali mandi.

10. Daun sirih
Selain mampu menghilangkan bau mulut, kandungan minyak atsiri pada daun sirih juga ampuh sebagai anti-bakteri penyebab bau badan. Caranya cukup mandi dengan mencampurkan beberapa lembar daun sirih yang telah dihancurkan, gunakan secara rutin.

11. Rajin meminum air putih
Air putih sangat baik sebagai pelancar proses metabolisme dalam tubuh, termasuk tetap menjaga jumlah kerimat yang keluar tanpa bau. Minum 8 segelas air setiap hari adalah solusinya.

12. Rajin berolahraga
Olahraga memaksimalkan pengeluaran keringat Anda, termasuk dalam membersihkan sisa-sisa bakteri yang menempel di pori-pori ketiak Anda.

13. Mengonsumsi makanan yang tidak memicu bau badan
Hindari makanan yang memiliki bau menyengat, karena selain menciptakan bau tidak sedap di mulut juga berdampak pada bau badan Anda.

14. Mandi rutin 2 kali sehari
Mandi mampu membuang sisa-sisa sel kulit mati termasuk kuman-kuman pada tubuh.

15. Menggunakan baju bersih
Baju yang tidak bersih terutama bagian ketiaknya sudah pasti terkontaminan oleh bakteri, ketika Anda berkeringat maka bakteri akan memanfaatkan keringat tersebut untuk menciptakan bau.

Menerapkan pola hidup sehat bukan hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga penampilan Anda. Beberapa tips di atas adalah langkah mudah menghilangkan bau badan secara alami. Rutin dilakukan maka bau badan akan hilang. Boleh dicoba beberapa cara di atas,, namun jika Anda mengalami iritasi atau bau badan tak kunjung hilang segera hubungi dokter.

Loading...