14 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Buah pare merupakan tanaman merambat yang sering dijadikan bahan utama masakan yaitu tumis pare. Namun masih banyak orang yang tidak menyukai buah hijau satu ini. Hal ini dikarenakan buah pare memiliki rasa yang sangat pahit bahkan jika diolah kurang tepat setelah memakannya pun rasa pahitnya tidak akan mudah hilang.

Bagi sebagian orang yang menyukai buah pare menganggap rasa pare tidaklah sepenuhnya pahit, akan tetapi terdapat juga cita rasa gurih di dalamnya. Rupanya di balik rasa pahit pada buah pare tersimpan beberapa kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti albuminoid, karbohidrat, betakaroten, vitamin A, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Lalu apa saja manfaat buah pare bagi kesehatan tubuh? Apakah ada manfaat lainnya seperti untuk kecantikan wajah dan rambut? Yuk simak beberapa tips tentang pemanfaatan buah pare di bawah ini!

14 Manfaat Pare untuk Kesehatan :

1. Baik itu penderita sesak napas

Di balik rasa pahit buah pare ternyata menguntungkan bagi penderita sesak napas. Rasa pahitnya yang kuat mampu membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk membuka lebih lebar, sehingga saluran semula yang tetutup kembali terbuka dan udara dengan leluasa bisa masuk.

2. Baik untuk penderita diabetes

Penderita diabetes sangat dianjurkan memakan buah pare ini, karena pare bersifat hipoglikemik yaitu kemampuan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Mengatasi sembelit

Gangguan pencernaan satu ini memang cukup membuat rasa tidak nyaman. Bauh pare yang kaya akan serta sangat berguna sebagai pelancar sistem pencernaan Anda.

4. Baik untuk mata

Selain wortel dan tomat, rupanya buah pare memiliki kandungan beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata Anda dan supaya terhindar dari infeksi mata.

5. Meningkatkan sistem imun

Kondisi cuaca yang tidak menentu ini justru sangat mudah menyerang sistem imun Anda sehingga menjadi lebih mudah sakit. Buah pare memiliki vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat ampuh dalam menjaga sistem imun Anda agar terhindar dari segala macam penyakit.

6. Menekan pertumbuhan sel kanker

Loading...

Kandungan hypolipidemic dan hypoglycemic di dalam buah pare efektif dalam menekan pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, otak, leher, dan pancreas. Caranya ialah dengan mengolah pare menjadi jus dan minum 1-2 kali sehari.

7. Menghambat laju pertumbuhan virus HIV

Penyakit HIV sampai saat ini memang sulit sekali disembuhkan, namun menurut salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat membuktikan bahwa biji pare tua mengandung alpha-momorchorin, beta momorchorin dan MAP30 yang berperan sebagai anti HIV-AIDS.

8. Pembuang racun hati

Jika tubuh terlalu banyak menyimpan zat racun, maka tugas organ hati menjadi semakin berat, bisa jadi fungsi hati akan terganggu. Buah pare diketahui mampu sebagai regenerasi hati atau membersihkan zat-zat racun pada hati dan menggantinya dengan sel baru.

9. Mencegah penyakit jantung

Buah pare memiliki serat yang baik bagi tubuh, maka dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, penyakit jantung pun dapt dihindari, termasuk penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.

10. Baik untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat, maka buah pare bisa menjadi pilihannya. Kandungan rendah kalori dan tinggi serat inilah yang mempercepat proses metabolisme tubuh dan Anda akan cepat kenyang.

11. Mempercantik kulit

Aktivitas sehari-hari di luar rumah maka akan mencemarkan wajah dari teriknya sinar matahari dan sinar UV. Wajahpun tampak kusam, kering, bahkan seperti terbakar. Caranya haluskan buah pare dan dijadikan sebagai masker wajah selama 30 menit maka kulit kembali menjadi cantik dan sehat.

12. Mengatasi jerawat

Wajah yang berjerawat bisa jadi karena sistem kinerja kulit wajah untuk mengeluarkan toksik (zat racun) kurang sempurna. Dengan masker pare, maka proses detoksifikasipun berjalan dengan baik.

13. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok cukup membuat khawatir siapapun, bahkan bisa membuat seseorag menjadi tidak percaya diri. Caranya mudah, cukup menghaluskan 1 buah pare lalu dicampur dengan 5 sendok makan yoghurt, dan jadikan sebagai masker pada rambut Anda selama 20 menit dan bilas.

14. Membuat rambut hitam lebat

Mempunyai rambut yang hitam, lebat, dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Dengan mencampurkan jus pare dan cuka apel, lalu jadikan sebagai masker rambut selama 20 menit dan bilas.

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja manfaat buah pare bagi kesehatan bahkan kecantikan. Perlu diingat bahwa dalam pengonsumsian pare seperlunya saja, karena jika berlebihan akan berbahaya bagi ibu hamil dan bisa menyebabkan keguguran, begitu juga demi kesuburan pria. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Selamat mencoba beberapa tips buah pare di atas.

Loading...