14 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

14 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Buah tin atau yang dikenal dengan nama ilmiah Ficus carica ini masih satu kerabat dengan tanaman beringin karena memiliki genus yang sama. Nama buah tin diambil dari bahasa Arab, awal persebarannyapun berada di Asia Barat dan kini di Indonesia sendiri sudah mulai membudidayakan buah tin sehingga tidak sulit lagi untuk menemukannya.

Manfaat Buah Tin

Buah tin bukanlah buah musiman sehingga dapat berbuah sepanjang tahun. Memiliki kandungan nutrisi lengkap yang baik bagi kesehatan tubuh seperti energi, polifenol, pektin, lemak tak jenuh, serat, karbohidrat, protein, vitamin, magnesium, fenol, folat, thiamine, zinc, kalsium, zat besi, fosfor, dan potassium.

Karena dengan adanya beberapa kandungan nutrisi pada buah tin tersebut buah tin dipercaya dapat mencegah dan juga menyembuhkan berbagai penyakit. Jika semakin hitam warna buah tin maka semakin manis rasanya. Buah tin terdapat 2 jenis yaitu buah tin kering dan buah tin basah, meski berbeda tektrunya namun tidak terjadi perbedaan kandungan nutrisinya, hanya pada kalorinya saja.

Sejak jaman Nabi buah tin adalah buah favorit untuk dikonsumsi karena rasa da juga khasiatnya dan bahkan buah tin masih ada sampai sekarang. Lantas apa saja manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh?

14 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi penyempitan pembuluh darah

Kandungan omega, fosfor, dan magnesium pada buah tin ampuh dalam mengatasi penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh. Penyempitan pembuluh darah akan berdampak pada munculnya penyakit stroke dan jantung koroner.

2. Menurunkan berat badan

Buah tin memiliki serat dan lemak tak jenuh yang bisa diserap oleh tubuh sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi tanpa harus adanya tambahan asupan karbohidrat. Sehingga lemak dalam tubuh pun ikut terbakar menjadi energi dan berat badan akan turun secara alami.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh terjadi karena adanya penumpukan lemak jenuh. Kandungan senyawa pektin pada buah tin dapat mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh dan membuangnya dalam sistem ekskresi sehingga kadar kolesterol menjadi normal.

4. Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit mematikna nomor 2 di dunia dan dapat menyerang siapapun. Kandungan polifenol pada buah tin ampuh sebagai penangkal radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh karena sifat karsinogenik radikal bebas dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

5. Menguatkan tulang

Kesehatan tulang sangatlah penting dijaga karena jika fungsi tulang terganggu segala aktivitas pun terhambat. Kandungan kalsium dan fosfor pada buah tin sangatlah tinggi sehingga baik untuk tulang dan mencegahnya dari pengeroosan tulang (osteoporosis).

6. Melancarkan sistem pencernaan

Loading...

Buah tin memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu kinerja sistem pencernaan. Jika fungsi sistem pencernaan terganggu maka akan memicu terjadinya wasir dan juga sembelit.

7. Mencegah pertumbuhan tumor

Tidak hanya kanker, tumor pun juga berbahaya bagi tubuh. Tumor jika dibiarkan akan dapat berkembang menjadi kanker. Untuk mengatasinya makanlah buah tin karena kandungan fenol pada buah tin dapat mencegah pertumbuhan tumor di tubuh.

8. Mengontrol gula darah

Kelebihan kadar gula darah dalam tubuh sangatlah berbahaya karena akan memicu terjadinya penyakit diabetes. Maka buah tin yang tinggi akan kandungan seratnya dapat memperlambat proses kinerja usus dalam penyerapan glukosa.

9. Menggemukan badan

Tidak hanya baik untuk diet saja, buah tin juga dapat membantu Anda dalam menggemukan badan secara alami dan sehat. Rutinlah meminum segelas susu dan memakan buah tin setiap menjelang tidur malam, maka berat badan akan naik. Kandungan serat pada buah tin baik untuk tubuh dan tidak akan membuat obesitas.

10. Mengatasi anemia

Anemia terjadi karena kurangnya kadar hemoglobin dalam darah sehingga penyaluran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh pun terganggu, akhirnya penderita akan lemas dan pucat. Buah tin kaya akan kandungan zat besi yang ampuh dalam menaikkan kadar hemoglobin dalam darah dan anemia pun dapat teratasi.

11. Mengempiskan bisul

Bisul terjadi karena adanya infeksi mikroba di area kulit sehingga muncullah menjola berisi nanah dan terasa nyeri. Untuk mengempiskannya cukup mengoleskan buah tin di bisul lalu tunggu kering dan terakhir bilas, karena buah tin juga dapat bersifat sebagai anti mikroba.

12. Meninggikan badan secara alami

Jika Anda memiliki anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan tak ada salahnya untuk mencukupi asupan kalsium dan fosfor harian dengan memakan buah tin. Buah tin kaya akan kalsium dan fosfor dan jika rutin dikonsumsi akan membantu proses pertumbuhan tulang secara alami.

13. Mengobati radang tenggorokan

Ketika terserang radang tenggorokan maka tenggorokan akan terasa sakit dan kering, untuk itu makanlah buah tin karena kandungan airnya dapat menetralkan rasa sakit di tenggorokan dan juga melembapkannya secara alami.

14. Mengatasi jerawat

Jerawat terjadi karena adanya penyumbatan kotoran di pori-pori sehingga kulit wajah meradang dan timbullah jerawat. Buah tin dengan kandungan alkali nya dapat membersihkan pori-pori wajah dari kotoran. Caranya haluskan buah tin dan gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit, gunakan 4 kali dalam seminggu.

Buah tin dengan berbagai kandungan nutrisinya sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Maka mulai sekarang Anda bisa menambahkan buah tin sebagai buah favorit untuk dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya menyehatkan, buah tin juga dapat merawat kulit wajah Anda secara alami, contohnya ialah buah tin dapat mengatasi permasalahan di wajah.

Loading...