Loading...

14 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Melebatkan Rambut

Mempunyai rambut lebat, berkilau, dan alami adalah dambaan setiap orang terutama perempuan. Bagaimana tidak, rambut merupakan mahkota kepala yang sangat mencolok dan mudah terlihat. Tidak salah jika banyak perempuan merogoh kocek dalam-dalam demi menjaga penampilan rambut mereka agar tetap sehat dan indah dengan melakukan perawatan salon dari yang seminggu sekali bahkan ada yang sampai setiap hari.

Tidak disalahkan memang rutin melakukan perawatan rambut di salon terlebih demi keindaha rambut itu sendiri. Namun bagaimana bagi perempuan yang jarang sekali untuk ke salon lalu masalah rambut datang? Misalnya saja kerontokan rambut yang parah akibat salah penggunaan shampoo, tentu harus memutar otak melakukan cara lain agar kondisi rambut tidak semakin parah.

Rambut yang mengalami rontok memang sangat mengganggu penampilan bahkan sampai tidak percaya diri. Kerontokan memang wajar terjadi setiap hari asal ttidak melebihi 100 helai rambut. Lalu masalahnya ketika rontok yang dirasakan terjadi secara berlebihan sehingga menimbulkan rambut menjadi lebih tipis dan parahnya lagi sampai mengalami kebotakan, ini merupakan masalah serius.

Bisa dibayangkan betapa mengerikannya ketika terdapat sedikit kebotakan di kepala Anda? Apalagi jika perempuan yang mengalaminya. Maka dari itu perlu sekali melakukan perawatan alami rambut demi menjadikan rambut lebih tebal dan indah berkillau.

14 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok :

1. Buah tomat
Gunakan perasan air 1 buah tomat dengan segelas air, lalu basuhkan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala setiap habis keramas. Kandungan vitamin A pada buah tomat mampu menjaga kekuatan akar rambut dan juga mengkilaukan rambut.

2. Lidah buaya
Gosokkan gel lidah buaya ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut Anda selama 30-40 menit setiap habis keramas. Kandungan vitamin A, B1, C, mineral, protein, dan kaliumnya baik untuk mencegah kerontokan rambut sehingga rambut tetap lebat.

3. Minyak zaitun
Sudah bukan rahasia umum lagi jika minyak zaitun sudah digunakan sebagai bahan kecantikan terutama rambut. Caranya oleskan minyak zaitun 30 menit sebelum keramas, karena kandungan kaya vitamin A, C, D, E, K, asam folat dan berbagai mineralnya dapat melebatkan rambut secara alami.

4. Minyak kelapa
Selain dapat mengatasi bekas luka, minyak kelapa juga dapat melebatkan rambut secara alami. Caranya olesi minyak kelapa setiap 30 menit sebelum keramas ke akar rambut Anda. Rutin perlakuan maka hasilnya akan semakin maksimal.

5. Minyak kemiri
Sejak jaman dahulu minyak kemiri sudah dipercaya ampuh dalam mengatasi berbagai masalah rambut. Sudah banyak produk minyak kemiri yang diolah untuk kesehatan rambut, baik itu dalam bentuk minyak bahkan lotion. Gunakan secara rutin ke seluruh kulit kepala dan rambut Anda, maka seketika rambut menjadi lebih lembap.

Loading...

6. Teh hijau
Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat melebatkan rambut secara alami. Caranya seduh teh hijau lalu biarkan selama 20 menit, kemudian oleskan ke seluruh bagian kulit kepala Anda sesaat sebelum mandi.

7. Pisang dan alpukat
Kedua buah ini kaya akan vitamin A, B, C, E, dan beberapa mineral penting yang dapat menjaga kesehatan dan kilauan rambut. Caranya haluskan 1 buah pisang dengan 1 buah alpukat, lalu campurkan dan jadikan masker rambut. Gunakan 3 kali dalam seminggu.

8. Buah nanas
Selain rasa buahnyan yang manis dan segar, rupanya kandungan vitamin B pada buah nanas dapat melebatkan rambut Anda secara alami. Caranya blender 1 buah nanas lalu diamkan selama semalaman, kemudian esok paginya gunakan buah nanas sebagai masker rambut Anda.

9. Daun rambutan
Caranya rendam daun rambutan sebanyak 5-10 helai, kemudian remas-remas sampai keluar sarinya. Kumpulkan sarinya di suatu wadah, kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala Anda selama 30-50 menit sebelum keramas. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

10. Daun pandan
Daun beraroma wangi ini memang dapat melebatkan rambut Anda. Caranya rebus 6 helai daun pandan ke dalam sebuah panci dengan takaran air 1 ½ gelas, kemudian biarkan semalaman. Gunakan air rebusan pandan tersebut sebagai bahan keramas Anda.

11. Daun mangkok
Mungkin oleh anak kecil daun mangkok sering digunakan sebagai alat masak-masakan, namun di balik itu semua daun ini dapat melebatkan rambut Anda. Caranya tumbuk halus daun mangkok, kemudian hasil tumbukan tersebut dijadikan sebagai bahan dasar masker rambut Anda selama 45 menit sebelum keramas.

12. Biji papaya
Ada baiknya setelah memakan papaya Anda tidak membuang bijinya, karena dapat melebatkan rambut secara alami. Caranya keringkan biji papaya lalu sangria dan haluskan. Terakhir tambahkan air, kemudian balurkan ke kulit kepala Anda sambil dipijat lembut selama 30 menit.

13. Kelopak kembang sepatu
Haluskan kelopak kembang sepatu tanpa menggunakan air sehingga sampai berbentuk seperti gel, lalu balurkan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat lembut selama 45 menit dan terakhir bilas dengan shampoo. Gunakan 2-3 kali dalma seminggu.

14. Daun cabe rawit
Caranya haluskan 1 genggam daun cabai rawit dan tambahkan dengan 3 sendok makan air bersih, lalu balurkan ke seluruh kulit kepala Anda selama 20-30 menit. Terakhir bilas dan keringkan rambut.

Memiliki rambut lebat adalah impian semua orang, itu semua tergantung bagaimana Anda menjaga dan merawat rambut Anda. Rutin melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami tidak hanya akan melebatkan rambut Anda, tetapi juga dapat menyehatkannya. Gunakan beberapa tips di atas sesuai dengan kebutuhan dan yang menurut Anda mudah dan aman untuk dilakukan.

Loading...