13 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Anda pasti sudah sangat mengenal buah satu ini, atau bisa jadi pisang adalah buah favorit Anda? Rasanya manis, memiliki tekstur lembut, dan kulit berwarna kuning, semua orang sudah banyak mengolah pisang menjadi aneka jenis makanan, baik itu pisang goreng, kolak pisang, keripik pisang, bahkan yang booming saat ini pisang crunchy.

Ternyata di balik nikmatnya rasa buah pisang tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi banyak orang menyepelekan buah pisang dan hanya menganggap pisang baik untuk pencernaan. Padahal manfaatnya lebih dari sekedar itu? Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk disimak!

13 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi anemia

Bagi penderita anemia, sering mengonsumsi buah pisang sangat bermanfaat dalam mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang tinggi pada buah pisang mampu meningkatkan kadar hemoglobin darah.

2. Mengatasi darah tinggi

Bukan darah rendah saja, darah tinggipun dapat teratasi jika Anda rajin mengonsumsi buah pisang. Kandungan potassium dan kalium yang rendah garam sangat baik menjaga tekanan darah Anda untuk tetap normal. Sehingga penyakit darah tinggi bahkan stroke dan jantung pun dapat terhindari.

3. Manfaat bagi ibu hamil

Sudah pasti ibu hamil memerlukan nutrisi yang lebih demi menjaga asupan gizi janinnya. Buah pisang bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki kandungan asam folat yang baik bagi ibu dan si janin. Tetapi jangan berlebihan ya moms makan buah pisangnya karena nanti bisa kelebihan kalori dan tidak baik bagi tubuh.

4. Mengatasi depresi

Ketika kerjaan menumpuk dan banyak tuntutan, sudah pasti depresi akan menyerang pikiran Anda. Kabar baiknya jika Anda memakan buah pisang maka kandungan protein tryptophannya bisa mengubah mood Anda menjadi lebih baik.

5. Mengatasi asam lambung

Asam lambung juga bisa diatasi dengan buah pisang. Caranya kadar asam dapat dinetralkan dengan perpaduan antara buah pisang dan segelas susu cair.

6. Dapat menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menerapkan diet sehat, buah pisang bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan serta dan pectin pada buah pisang mampu menekan rasa lapar Anda, sehingga dengan memakan

Loading...

buah pisang Anda akan cepat merasa kenyang.

7. Baik untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes sangat diperlukan kehatian-hatian dalam menjaga asupan pola makannya, terutama terhadap makanan yang mengandung gula. Buah pisang rendah akan gula jadi sangat baik bagi penderita diabetes.

8. Mengatasi morning sickness

Bagi beberapa orang sering kali mengalami morning sickness atau gejala mual dan pencernaan tidak enak di setiap pagi hari. Caranya dengan memakan 1-2 buah pisang maka gejala tersebut dapat teratasi.

9. Sumber energi baik bagi tubuh

Kandungan gula alami pada pisang yaitu fruktosa, glukosa, dan galaktosanya dapat dicerna dengan mudah dan diedarkan oleh tubuh serta bisa menjadi sumber energi pengganti nasi. Maka dengan memakan buah pisang, aktivitas pun menjadi lancar dan tubuh tetap sehat.

10. Mengatasi luka pada kulit

Jika biasanya Anda menggunakan buahnya, jangan lupa untuk tidak membuang kulitnya terlebih dahulu. Jika Anda terluka baik itu Karen aluka jatuh, bakar, dan lain-lain, maka dengan menggosokkan kulit pisang yang telah dicuci sebelumnya ke area kulit yang terluka bisa menjadi pilihan pengobatan alami Anda.

11. Mengatasi kulit gatal

Beberapa penyebab gatal pada kulit baik itu karena gigitan nyamuk dan terkena psoriasis (peradangan kronis pada kulit dengan bercak merah tebal), maka pijit-pijit kulit pisang di area kulit yang gatal dan lakukan secara rutin. Gatal pun hilang dan kulit kembali normal.

12. Mengatasi jerawat

Kandungan antibakteri pada pisang juga baik untuk kulit wajah Anda yang bermasalah karena jerawat. Caranya haluskan buah pisang lalu dicampur dengan madu, gunakan sebagai masker selama 30-40 menit dan intents dilakukan selama 2 minggu. Rasakan hasilnya.

13. Menjaga kesehatan rambut

Rambut Anda kering, kasar, rontok, dan mekar? Cobalah untuk meracik masker rambut dari buah pisang. Caranya haluskan 1 buah pisang lalu ditambah dengan minyak kelapa, oleskan ke rambut setelah keramas. Gunakan selama 15-20 menit, kemudian bilas. Untuk hasil yang maksimal gunakan 2 kali seminggu.

Banyak sekali bukan manfaat buah pisang bagi kesehatan? Tidak hanya sehat, dengan buah pisang Anda bisa meningkatkan kecantikan alami wajah dan rambut Anda. Selain enak bisa diolah menjadi aneka makanan, pisang ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Anda boleh mencoba beberapa tips di atas ya.

Loading...