13 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

13 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Sudah lama masyarakat memanfaatkan buah lemon sebagai bahan pengobatan tradisional dan dipercaya dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Jeruk lemon memiliki nama ilmiah Citrus x limon ini merupakan buah asli daerah tropis. Bentuk buahnya ialah lonjong dan ketika matang akan berwarna kuning. Kandungan airnya sangat banyak dan rasanya masam.
Jeruk lemon biasa dimanfaatkan sebagai olahan minuman karena rasanya yang masam sedikit manis dan segar sangat cocok sebagai penghilang dahaga. Tidak hanya itu, beberapa produk obat batuk menggunakan lemon selain karena dimanfaatkan khasiatnya lemon juga mampu menambah cita rasa obat.

Lemon tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, akan tetapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Diketahui lemon memiliki kandungan nutrisi seperti lemak tak jenuh, kalori, vitamin A dan C, serat, kalium, natrium, kalsium, karbohidrat, gula, protein, zat besi, vitamin B6, vitamin D, dan juga magnesium.

9 Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan :

1. Mengatasi radang tenggorokan

Radang tenggorokan dapat memicu munculnya penyakit batuk berdahak dan juga pilek. Gejala radang menyebabkan sakit di tenggorokan sehingga sulit sekali untuk menelan makanan. Untuk mengatasinya larutkan perasan air jeruk lemon dengan 1 gelas air hangat dan 2 sendok makan madu, maka tenggorokan akan terasa lega. Minum 2 kali sehari.

2. Meningkatkan sistem imun

Lemon kaya akan kandungan vitamin C, anti mikroba, dan flavonoid yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas sehingga tubh tidak akan mudah terserang berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Cara penggunaan jeruk lemon sama seperti cara mengatasi radang tenggorokan.

3. Menurunkan berat badan

Untuk Anda yang sedang dalam menjalani terapi diet alami bisa diatasi dengan buah lemon ini. Kandungan seratnya dapat membuat anda tidak mudah lapar, dan juga kandungan rendah kalori pada buah lemon tidak akan menimbulkan timbunan lemak di tubuh tetapi justru dapat membakar lemak tubuh Anda.

4. Mengatasi sariawan

Sariawan umumnya terjadi karena kurangnya asupan vitamin C dan juga panas dalam, maka rutinlah meminum perasan air jeruk lemon agar sariawan dan panas dalam hilang

5. Mengatasi bau mulut

Bau mulut sangatlah mengganggu, maka untuk mengatasinya Anda dapat berkumur-kumur dengan campuran perasan air lemon dan air hangat. Kandungan anti mikroba pada lemon ampuh membunuh kuman penyebab bau mulut.

6. Mengatasi gusi bengkak

Gusi membengkak dapat ditimbulkan karena adanya infeksi kulit di area gusi oleh mikroba sehingga gusi meradang dan akhirnya bernanah. Untuk mempercepat proses pengempesan gusi bengkak cukup dengan rutin berkumur air perasan jeruk lemon dan garam setiap pagi dan malam hari.

7. Mencegah kanker

Loading...

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada lemon dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

8. Memutihkan gigi

Ingin mempunyai gigi putih dan bersih? Ada caranya. Cukup dengan mencampurkan 2-3 sendok makan perasan lemon dan 1 sendok makan baking soda, buat hingga seperti pasta lalu oleskan ke gigi dan biarkan selama 1 menit maka gigi kuning akan terkikir menjadi lebih putih. Cukup gunakan 2 kali seminggu.

9. Mengatasi jerawat

Jerawat timbul karena adanya aktivitas bakteri penyebab jerawat. Lemon dapat bertindak sebagai antimikroba sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Campurkan perasan air jeruk lemon dengan beberapa tetes madu lalu olesi ke wajah sebagai masker selama 30 menit, dan terakhir bilas dengan air dingin. Gunakan 3 kali dalam seminggu.

10. Mencerahkan bibir

Warna bibir yang menghitam terjadi karena diakibatkan menumpuknya sel-sel kulit mati di bibir. Untuk mengatasinya gosokkan potongan lemon ke bibir secara lembut selama 15 menit. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu maka bibir akan cerah dan merah secara alami.

11. Melembapkan kulit wajah

Kulit wajah yang lembap akan mampu mempertahankan kadar air dalam wajha sehingga wajah tidak mudah kering. Caranya campurkan 2-3 sendok makan perusan leom dengan 2 sendok makan air mawar, oleskan ke wajah setiap sebelum tidur malam.

12. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang membesar akan memicu tersumbatnya berbagai kotoran sehingga muncullah komedo. Komedo membuat wajah tidak halus dan kusam. Untuk itu gunakan perasa jeruk lemon, lalu biarkan mendingin di lemari es, selanjutnya oleskan ke pori-pori wajah.. Sensasi dingin bertujuan untuk mengecilkan pori-pori secara perlahan.

13. Mengatasi ketombe

Caranya campurkan 4 sendok makan perasan lemon dengan 2 sendok makan minyak kelapa, lalu basahkan ke seluruh kulit kepala sambil pijat-pijat halus selama 15 menit. Terakhir bilas dan beri perlakuan conditioner maka ketombe akan rontok dengan sendirinya.

Manfaat buah lemon dalam menjaga kesehatan dan juga kecantikan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka mulailah dari sekarang Anda rutin mengonsumsi lemon dalam olahan apapun agar tubuh sehat tetap terjaga.

Namun perlu diingat bagi penderita maag untuk tidak berlebihan mengonsumsi lemon apalagi dalam keadaan perut kosong, karena kandungan asamnya dikhawatirkan akan dapat membuat kadar asam lambung naik. Khasiat lemon sebagai pemutih gigi juga cukup dilakukan seperlunya, karena jika berlebihan justru akan merusak email gigi dan mengalami korosi.

Loading...