Loading...

13 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Seiring bertambahnya usia masalah flek hitam pada wajah mulai mengganggu. Flek hitam ialah suatu kondisi dimana kulit wajah mulai mengalami hiperpigmentasi sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan melanin dan menciptakan flek-flek hitam pada wajah dan semakin menjadi seiring bertambahnya usia.

Penyebab Flek Hitam

Beberapa penyebab munculnya flek hitam di wajah ialah: (1) tidak seimbangnya kadar hormon estrogen, progesterone, dan MSH dalam tubuh; (2) terlalu sering terpapar sinar UV; (3) polusi udara; (4) stress, (5) kurang tidur; (6) iritasi kulit bekas garukan; (7) efek samping obat; (8) pemakaian kosmetik secara sembarangan sehingga menyebabkan fotosentivitas; dan (9) kurangnya asupan vitamin E.

Agar wajah bersih terhindar dari flek hitam dibutuhkan perawatan dengan biaya yang tidak sedikit bahkan jangka waktunya pun tidak sebentar. Hal ini sungguh dapat menambah tingkat stress penderitanya, terlebih flek hitam mampu menurunkan rasa percaya diri.

13 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah :

1. Timun
Kandungan potasium dan vitamin C dengan kadar cukup tinggi efektif dalam menangkal radikal bebas penyebab flek hitam di wajah, cukup mengiris tipis mentimun lalu diaplikasikan sebagai masker wajah selama 45 menit, terakhir bilas dengan air hangat.

2. Susu
Kandungan asam laktat pada susu mampu memudarkan noda hitam. Caranya ialah gunakan susu murni sebagai bahan masker langsung ke wajah, gunakan selama 30-45 menit lalu bilas.

3. Tomat
Kandungan vitamin A, C, dan anti-oksidannya baik untuk proses regenerasi kulit wajah. Tomat dapat diiris-iris tipis lalu ditempelkan ke wajah yang berflek dan dibiarkan selama 40 menit, bilas.

4. Lidah buaya
Kandungan polisakarida pada gelnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cukup mengambil gel seperlunya dan dicuci bersih, aplikasikan ke wajah secara rutin.

5. Kunyit
Bahan dasar jamu ini juga bagus untuk mengatasi flek hitam. Buatlah campuran dua sendok teh kunyit bubuk dengan sedikit susu lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah.

Loading...

6. Papaya
Papaya sudah sering dijadkan sebagai bahan dasar sabun pembersih wajah karena kandungan vitamin A, C, dan E serta papainnya. Haluskan daging papaya lalu oleskan ke seluruh area flek hitam pada wajah.

7. Baking soda tipe food grade
Campurkan baking soda dengan air perasan jeruk nipis dan madu sehingga terbentuk seperti pasta, lalu oleskan ke wajah selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Penggunaan cukup 3 kali dalam seminggu.

8. Madu
Kandungan anti-oksidan pada madu baik untuk wajah. Jadikan madu sebagai bahan dasar masker wajah, biarkan selama 1 jam lalu bilas dengan air dingin. Gunakan dua kali dalam sehari.

9. Alpukat
Buah yang enak ini bisa dijadikan masker wajah, haluskan 1 buah alpukat lalu campur dengan 2 sendok teh madu. Gunakan sesering mungkin.

10. Putih telur
Bilas dahulu wajah dengan air hangat lalu oleskan putih telur secara merata selama 15-20 menit, terakhir bilas air dingin. Kandungan luteinnya mampu mengelastiskan dan mencerahkan kulit.

11. Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki kadar vitamin C yang tinggi mampu mencerahkan kuliat wajah dari flek hitam. Caranya peras jeruk nipis lalu jadikan airnya sebagai bahan masker utama wajah selama 15-20 menit, bisa ditambahkan dengan madu.

12. Air putih
Rajin-rajin meminum air putih baik untuk kesehatan tubuh, selain proses metabolisme bekerja lebih lancar, air putih juga mampu membuang radikal bebas tubuh yang dampaknya juga bisa menyebabkan flek hitam di wajah.

13. Vitamin E
Vitamin E memang bagus untuk kesehatan kulit, sudah banyak suplemen berbahan dasar vitamin ini dijual di pasaran. Sering mengonsumsinya selain akan menghilangkan flek hitam, namun juga dapat membuat kulit wajah sehat secara alami.

Terbebas dari flek hitam tidak perlu khawatir akan keterbatasan dana, kini Anda bisa mengatasinya dengan bahan alami yang mudah didapatkan dan harga terjangkau, sehingga tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Loading...