Loading...

12 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Semangka

Buah semangka atau dengan nama ilmiah Citrullus lanatus merupakan buah yang masih berkerabat dengan labu-labuan. Bentuknya bulat lonjong berwarna hijau dengan beberapa guratan hijau tua, warna kulit dalam putih kehijauan, warna daging buahnya merah dengan banyak mengandung air. Saat ini sudah ada variasi semangka kuning dan berbentuk persegi.

Buah semangka memiliki rasa manis dan segar, sehingga banyak sekali orang menyukai buah ini untuk diolah ke berbagai jenis minuman bahkan sebagai pencuci mulut wajib yang harus selalu ada.

Buah semangka sejak lama sudah dipercaya dapat bermanfaat terhadap kesehatan tubuh. Bahkan ketika seseorang terkena dehidrasi diharuskan memakan semangka, karena buah semangka dipercaya dapat mengatasi dehidrasi dua kali lipat lebih baik daripada segelas air putih untuk seseorang yang telah melakukan olahraga berat.

Kandungan gizi buah semangka tidak hanya terdapat pada daging buahnya saja, akan tetapi juga terdapat pada bagian kulit putihnya atau biasa disebut bagan kulit dalamnya. Dalam 1 buah semangka, kandungan gizi pada daging dan kulitnya meliputi air, serat, kalium, protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, B dan C, asam amino, asam falat, arginine, likopem, dan citrulin.

12 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi dehidrasi
Dehidrasi sangat berdampak buruk pada tubuh, gejalanya ialah tubuh akan mudah lelah, pusing, bibir pecah-pecah, bahkan buang air tidak lancar. Untuk memenuhi kebutuhan gizi ini maka makanlah buah semangka karena kandungan 91% dari semangka mengandung air.

2. Baik untuk diet alami
Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan tapi takut lemas karena kurangnya asupan karbohidrat, makanlah buah semangka. Kandungan seratnya cepat mengenyangkan perut dan tetap berenergi.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tingginya kadar kolesterol dalam darah menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Maka konsumsilah buah semangka, karena kandungan air dan kaliumnya dapat menurunkan kadar kolesterol dan berdampak juga terhadap penuruan tekanan darah tinggi.

4. Menjaga sistem imun
Vitamin C pada buah semangka berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan tubuh mudah drop karena terserang oleh berbagai virus ataupun bakteri penyebab penyakit.

Loading...

5. Melancarkan pembuangan air seni
Jika Anda sering mengalami anyang-anyang, pasti Anda sangat merasa tidak nyaman dan sakit. Maka dari itu konsumsilah buah semangka, karena kandungan airnya dapat melancarkan urin Anda keluar dari tubuh, sehingga tugas ginjal pun tidak menjadi terlalu berat.

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan air dan serat pada buah semangka dapat memperlancar masalah sembelit, dengan serat maka akan menambah massa feses sedangkan air dapat menormalkan kembali gerakan usus.

7. Memelihara kesehatan kulit
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah semangka dapat berperan sebagai kolagen, yaitu senyawa protein yang dapat menormalkan kembali kulit serta melembapkannya.

8. Memperkuat fungsi tulang
Kandungan kalium pada buah semangka baik untuk mempertahankan fungsi tulang, sehingga rutinlah mengonsumsi buah semangka demi menjaga kesehatan tulang Anda.

9. Menyehatkan mata
Kandungan betarkaroten pada buah semangka akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata Anda.

10. Menurunkan demam
Ketika demam menyerang maka tubuh akan menghasilkan suhu yang tinggi sehingga tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Kandungan air pada buah semangka dapat menetralkan kembali kadar air tubuh dan menormalkan suhu tubuh.

11. Menangkal radikal bebas karsinogenik
Radikal bebas yang berbahaya ialah bersifat karsinogenik, karena dapat menyebabkan penyakit kanker dan juga jantung. Vitamin C pada buah semangka ampuh sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas karsinogenik tersebut.

12. Mencegah sariawan
Sariawan terjadi karena sistem pencernaan tubuh tidak lancar, kekurangan vitamin C, dan juga panas dalam. Maka dari itu, kandungan air dan vitamin C pada buah semangka dapat mencegah dan juga mengatasi sariawan di mulut Anda.

Saat ini Anda sudah tahu bukan apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh Anda? Mulai saat ini rutinlah memakan buah semangka, apalagi di tengah teriknya cuaca saat ini maka akan menambah nikmatnya jika diolah sebagai pencuci mulut ataupun salad.

Loading...