12 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan

12 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan

Buah rambutan adalah buah musiman dan asli dari Asia Tenggara. Buah yang memiliki nama ilmiah Nephelium lappaceum L. ini memiliki rasa yang manis, masam, dan segar karena kandungan airnya banyak. Sangat mudah sekali memakan buah rambutan yaitu cukup dengan mengupas kulitnya maka langsung dapat dimakan daging buahnya.

Ketika musim rambutan maka buah rambutan menjadi primadona bagi masyarakat, selain rasanya yang enak buah rambutan juga meningkatkan ekonomi bagi pembudidaya dan penjualnya. Sehingga tak heran jika buah rambutan begitu disukai oleh semua orang.

Namun siapa sangka dibalik rasanya yang lezat buah rambutan mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, dan serat, dan juga berbagai mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, potassium, magnesium, zinc yang semua kandunganya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

12 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan:

1. Sumber vitamin A

Vitamin A sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata Anda agar terhindar dari berbagai gangguan penglihatan seperti mata minus dan katarak. Buah rambutan diketahui kaya akan kandungan vitamin A alami dan bisa dikonsumsi secara rutin agar mata Anda tetap sehat.

2. Sumber vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan tubuh sebagai anti oksidan sehingga sistem imun tubuh tetap terjaga dan tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti batuk, flu, pilek, dan yang paling bahaya ialah bersifat karsinogenik yaitu kanker.

3. Sumber protein

Buah rambutan kaya akan kandungan protein. Protein sangatlah diperlukan tubuh karena sel-sel tubuh membutuhkan nutrisi makro sebagai pembangun selnya agar dapat bekerja secara maksimal, yaitu protein. Jika tubuh kekurangan protein maka sel-sel tubuh akan mengalami kerusakan.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Serat pada buah rambutan sangat memudahkan kerja usus untuk mengeluarkan feses secara teratur. Jika pencernaan Anda tidak lancar maka resiko terserang wasir dan sembelit pun akan semakin besar.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Loading...

Tekanan darah tinggi jika dibiarkan semakin parah maka akan memicu penyakit stroke dan jantung koroner. Kandungan magnesium pada buah rambutan dapat memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah menjadi normal dan hipertensi pun dapat teratasi.

6. Sebagai sumber energi

Kandungan karbohidrat pada buah rambutan sangatlah baik untuk sumber energi harian Anda dan juga justru dapat mengenyangkan perut sehingga Anda tidak akan mudah merasa lapar dan tetap semangat beraktivitas.

7. Menetralkan dan mengeluarkan racun

Racun yang menumpuk di dalam tubuh akan berdampak pada beratnya kerja ginjal, hati, dan empedu. Maka mulailah dari sekarang rutin memakan buah rambutan karena ampuh untuk melancarkan pengeluaran racun di dalam tubuh.

Manfaat Rambutan Untuk Kecantikan

1. Mencegah penuaan dini

Banyaknya aktivitas di luar rumah sehingga menyebabkan wajah terpapar radikal bebas yaitu sinar UV dan menyebabkan permasalahan penuaan dini. Buah rambutan kaya akan vitamin C yang dapat menutrisi kulit dan mencegahnya dari paparan radikal bebas.

2. Mencerahkan wajah

Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah alami? Gunakan kulit buah rambutan. Caranya ambil beberapa kulit rambutan dan bilas dengan air lalu blender sampai halus. Gunakan sebagai masker wajah selama 10-15 menit dan rutin pemakaian 2-3 kali dalam seminggu.

3. Mengatasi kulit wajah kusam

Kulit wajah kusam karena noda hitam bekas jerawat ataupun flek hitam dapat diatasi dengan masker buah rambutan. Caranya blender beberapa daging buah rambutan lalu campurkan dengan minyak zaitun, oleskan sebagai masker wajah selama 20-30 menit.

4. Menutrisi kulit wajah

Nutrisi bukan hanya diperlukan oleh tubuh, tetapi kulit wajah pun juga. Kulit wajah yang ternutrisi akan menjadikan kulit wajah yang sehat dan lembab. Caranya sama dengan mengatasi kulit wajah kusam, rutin pemakaian akan semakin baik.

5. Mengatasi rambut beruban

Sudah pasti jika uban sudah mulai muncul akan membuat rasa kepercayaan diri semakin turun, apalagi dirasa masih di usia muda. Tenang saja Anda jangan ambil langkah mewarnainya terlebih dulu, blender daun rambutan dan gunakan sebagai masker rambut setiap hari maka rambut beruban akan menghitam kembali.

Tidak hanya untuk kulit wajah, rambutan juga berkhasiat untuk rambut Anda. Selain buahnya ternyata kulit, biji, dan daunnya pun dapat digunakan. Jadi tidak ada ruginya jika Anda rutin mengonsumsi dan menggunakan buah rambutan ini.

Loading...