Loading...

12 Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau biasa disebut dengan olive oil adalah minyak yang didapatkan dari ekstrak buah zaitun dan tumbuh subur di beberapa negara Mediterania seperti Spanyol, Portugis, Turki, Italia, dan Yunani. Sejak jaman nenek moyang minyak zaitun sudah digunakan sebagai bahan pengobatan dan juga kecantikan.

Kemampuan minyak zaitun pada kesehatan tubuh dan juga menjaga kecantikan kulit wajah sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak berbagai obat dan kosmetik memanfaatkan buah zaitun. Bahkan berbagai macam produk kosmetik mengolah minyak zaitun menjadi beberapa jenis seperti sabun, pembersih wajah, hand body lotion, shampoo, dan masih banyak lagi.

Buah zaitun memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti zat besi, squalene, kalsium, potassium, polifenol, vitamin E, vitamin K, lemak nabati, dan anti oksidan. Bahkan sangatlah disarankan bagi Anda untuk rutin menggunakan minyak zaitun baik sebagai olahan luar maupun dalam tubuh demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh: menjaga fungsi jantung, mengatasi hipertensi, mencegah kanker, mengatasi anemia, menjaga aliran darah mencegah kolesterol, mencegah alzhemeir, menjaga kesehatan tulang dan sendi, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan mood ketika stress melanda.

6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan :

1. Melembapkan kulit wajah
Kandungan anti oksidan dan vitamin E pada minyak zaitun memang berperan besar dalam menjaga kadar kelembapan pada kulit wajah Anda sehingga wajah tidak akan cepat kering justru akan selalu lembap dan kenyal. Oleskan minyak zaitun sebagai masker wajah setiap malam hari menjelang tidur, maka wajah Anda akan selalu lembap dan segar.

2. Menghilangkan jerawat
Banyak produk multivitamin kecantikan wajah yang mengangan vitamin E dalam meningkatkan kecantikan kulit wajah, terutama jerawat. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Caranya sama seperti melembandalkan kandupkan kulit wajah yaitu dijadikan masker wajah disertai pijatan lembut di wajah.

 

3. Mencegah penuaan dini
Kerutan-kerutan halus yang muncul di dahi, mulut, ataupun mata akan berdampak menjadi kerutan permanen, dan akan membuat wajah Anda menjadi lebih tua. Gunakan minyak zaitun dengan cara-cara seperti di atas(lembap dan jerawat), karena kandungan linoleic acidnya dapat menjaga kadar air pada wajah sehingga masalah penuaan dini dpat dicegah.

Loading...

4. Melembapkan bibir
Bibir memiliki ketebalan kulit yang sangat tipis maka rentan sekali kehilangan intesintas kelembaannya, padahal bibir yang lembap sangatlah penting dalam mencegah gejala bibir kering dan pecah-pecah. Maka oleskan minyak zaitun ke bibir secara rutin agar bibir Anda tetap lembap dan tidak mudah kering.

5. Mencerahkan bibir
Siapapun pasti tidak percaya diri jika memiliki bibir yang berwarna hitam, bahkan untuk menutupinya para wanita mengoleskannya dengan lipstick. Padahal cukup dengan rutin mengoleskan minyak zaitun ke bibir setiap pagi dan malam hari kulit bibir akan kembali cerah dan memerah secara alami.

6. Menghilangkan flek hitam
Flek hitam tidak hanya terjadi pada orang tua saja, bekas jerawatpun dapat memicu munculnya flek hitam yang membandel. Caranya oleskan seluruh wajah dengan minyak zaitun lalu uapkan selama 5 menit, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran pada pori-pori wajah termasuk mengangkat noda penyebab flek hitam di kulit wajah Anda.

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut :

1. Menebalkan rambut
Anda risau dengan kerontokan rambut yang berlebih? minyak zaitun dapat digunakan untuk menebalkan rambut secara alami. Gunakanlah minyak zaitun dengan cara mengoles minyak zaitun ke kulit kepala Anda sambil pijat-pijat halus, gunakan 2 kali sehari maka rambut Anda akan tetap lebat dan indah.

2. Menumbuhkan alis
Banyak wanita yang tidak percaya diri dengan alisnya yang tipis maka mereka selalu melukisnya dengan pensil alis demi menutupi alis yang tipis. Oleskan minyak zaitun ke alis setiap malam menjelang tidur dan biarka semalaman, gunakan setiap hari maka rambut-rambut alis akan tumbuh alami dan alis menjadi tebal.

3. Mengatasi rambut mekar
Rambut yang mekar dan susah diatur memang sangat merisihkan, untuk mengatasinya gunakan treatment berbahan dasar minyak zaitun. Caranya panaskan 4-5 sendok makan minyak zaitun, lalu ketika sudah hangat oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut selama 30 menit, terakhir bersihkan dengan shampoo.

4. Mengatasi ketombe
Ketombe terjadi karena sel-sel kulit kepala yang terlalu kering sehingga perlu sekali meningkatkan kadar kelembapan kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan perasan lemon, pijat-pijat lembut ke seluruh area kulit kepala Anda, maka ketombe akan rontok.

5. Menghitamkan rambut
Rambut hitam alami adalah ciri-ciri rambut yang sehat. Untuk itu rutinlah mengoleskan minyak zaitun ke rambut Anda dari ujung kulit kepala ke ujung rambut, maka tidak hanya rambut hitam rambut yang teratur dan hitam, rambut juga akan terasa lembut.

6. Melembapkan rambut
Rambut kering akan susah sekali diatur bahkan beresiko untuk rontok. Gunakan minyak zaitun dengan cara mengolesi kulit kepala dan seluruh rambut setiap setelah keramas, maka rambut kering akan terganti dengan rambut yang lembap.

Loading...