12 Manfaat Matoa Untuk Kesehatan

Mungkin masih banyak yang belum mengenal buah “matoa”. Matoa juga dikenal dengan sebutan “Rambutan Irian Jaya”, karena buah matoa memang berasal dari Papua dan sampai saat ini sudah banyak orang yang menanamnya bahkan sudah diperjual belikan bibitnya secara bebas. Dikatakan rambutan karena buah matoa memiliki struktur tanaman yang mirip rambutan, begitu juga dengan buahnya.

Sebenarnya buah matoa jika dirasakan langsung ketika matang dagingnya seperti perpaduan antara buah kelengkeng dengan rambutan, tekstur lembut seperti kelengkeng, berair, dan manis. Kulitnya lebih keras dari kelengkeng dan akan berwarna merah keunguan ketika matang, bijinya coklat berkerut, dan aromanya sedikit seperti buah durian. Unik bukan?

Meski buah matoa panen dalam satu tahun sekali, namun siapa sangka jika buah ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh Anda? Apa sajakah khasiatnya? Yuk disimak di bawah ini.

12 Manfaat Matoa Untuk Kesehatan :

1. Sebagai pelancar pencernaan

Buah matoa memiliki kandungan serat yang tinggi, dan kandungan ini baik untuk melancarkan pencernaan Anda. Jadi rajin-rajinlah konsumsi buah matoa ya.

2. Menjaga sistem imun

Agar Anda tidak mudah terserang penyakit, maka makanlah buah matoa. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah matoa mampu menjaga tubuh Anda dari berbagai serangan penyakit seperti batuk, fu, pilek, dan masih banyak lagi.

3. Mencegah dehidrasi

Kandungan air pada buah matoa juga banyak dan terasa manis alami, sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan air Anda ketika mengalami dehidrasi.

4. Sebagai antioksidan alami

Tubuh dengan sendirinya sudah mampu menghasilkan antioksidan, akan tetapi jika tidak diberi asupan dari luar maka akan kurang. Vitamin C pada buah matoa dapat berperan sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit serius.

5. Mencegah kanker

Loading...

Kandungan antioksidan dengan kadar yang tinggi pada buah matoa mampu mencegah munculnya penyakit kanker yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas.

6. Mencegah jantung

Selain dapat mencegah penyakit kanker, antioksidan juga mampu mencegah penyakit yang menyerang sistem pembuluh darah, jantung. Antioksidannya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bahkan gejala hipertensi dan stroke pun dapat dihindari dengan rajin-rajin mengonsumsi buah matoa.

7. Baik untuk penderita diabetes

Penderita diabetes haruslah menjaga pola makan gulanya, bahkan harus dihindari sehingga penderitanya akan tampak mudah lelah dikarenakan kurangnya asupan gula dalam tubuh. Matoa mengandung fruktosa gula alami yang baik bagi penderita diabetes, bisa menjadi alternatif pengganti asupan energi, asal tidak berlebihan memakannya.

8. Menurunkan kadar stress

Banyak tuntutan pekerjaan ataupun permasalahan hidup yang Anda alami memungkinkan Anda dengan mudah terserang stress bahkan yang paling parah ialah depresi. Kandungan vitamin E pada matoa ampuh meningkatkan mood baik Anda sehingga stress dapat hilang dari pikiran Anda.

9. Baik untuk kesehatan kulit

Vitamin C dan E baik untuk kesehatan kulit Anda. Vitamin C dapat berperan sebagai kolagen alami, dan vitamin E dapat meningkatkan kelembapan kulit Anda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit sehat alami ruitnlah mengonsumsi buah matoa.

10. Mencegah penuaan dini

Penuaan memang dapat terjadi karena faktor usia, akan tetapi jika di usia muda kulit wajah Anda mulai berkeriput dan menunjukkan ciri-ciri penuaan dini, maka hal itu sangat mengerikan. Kandungan antioksidan pada buah matoa dapat mencegah penuaan dini sehingga baik bagi kulit wajah Anda.

11. Mengatasi wasir

Wasir atau biasa disebut dengan ambeien terjadi karena adanya pelebara vena pada area dubur. Wasir cukup membuat penderitanya tidak nyaman karena sakit yang luar biasa bahkan beraktivitaspun dapat terganggu. Buah matoa dapat mengatasi wasir secara alami.

12. Meningkatkan kesuburan

Selain bagus untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin E pada buah matoa juga dapat meningkatkan kesuburan Anda.

Jadi Anda bisa menambahkan matoa sebagai bauh favorit, selain nikmat ternyata memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dapat mencegah berbagai penyakit, tetapi matoa juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi buah ini karena dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Loading...