Loading...

12 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir

Tanaman kenikir yang diketahui memiliki nama ilmiah Cosmos caudatus juga dikenal dengan sebutan “ulam raja” bagi masyarakat Melayu dan “randa minang” bagi masyarakat Jawa Barat. Tanaman ini mudah sekali berkembang biak pada tanah berlempung, berpasir, dan berbatu, sehingga penanaman dan perawatannya pun tidaklah sulit, apalagi kenikir juga dapat hidup sebagai tanaman liar.

Manfaat daun kenikir diketahui karena memiliki kandungan nutrisi seperti saponin, flavonoida polifenol, minyak atsiri, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dan memang tidak merugikan jika anda rajin mengolah dan mengkonsumsinya.

12 Manfaat Daun Kenikir :

1. Sebagai anti oksidan

Kandungan polifenol pada daun kenikir dapat mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh dapat terhinda rdari berbagai penyakit seperti flu, pilek, batuk, dan masih banyak lagi.

2. Mencegah asam urat

Tanaman kenikir memiliki kandungan senyawa flavonoid, selain sebagai antioksidan kandungan ini dipercaya juga sebagai penurun kadar asam urat pada tubuh yaitu melalui mekanisme menghambat kinerja enzim xantin oksidase penyebab naiknya asam urat yang terkandung dalam darah.

3. Mengatasi tukak lambung

Daun kenikir memiliki kandungan tokoferol, hidroksieugenol dan polifenol, yaitu senyawa yang bermanfaat dalam mengobati penyakit tukak lambung. Rutin mengonsumsi setiap hari maka penyakit tukak lambung dapat berkurang gejalanya.

4. Menguatkan sistem imun tubuh

Terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang berfungsi sebagai penguat sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

5. Menjaga kesehatan tulang

Terdapat kandungan mineral, kalsium dan magnesium yang baik bagi kesehatan tulang. Tidak hanya dengan mengonsumsi susu, tanaman kenikir juga kaya manfaat bagi kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang penting dilakukan sejak usia dini.

6. Menambah nafsu makan

Loading...

Terdapat kandungan kuersetin, yang berperan penting dalam menambah nafsu makan terutama bagi anak-anak yang sulit sekali makan. Bahan ini bisa menjadi alternatif pilihan orang tua di rumah demi menjaga asupan pola makan si anak.

7. Mengatasi bau mulut

Kandungan koniferil alkohol pada daun kenikir mampu mengikat dan membunuh bakteri maupun kuman penyebab bau mulut yang ikut masuk ke dalam mulut bersamaan dengan makanan.

8. Mengatasi lemah jantung

Tidak kuatnya otot jantung dalam mengalirkan aliran darah menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. Untuk mengatasinya rebus 5 lembar daun kenikir dalam 2 gelas air dan minum 2 kali sehari, kandungan flavonoidnya dapat memperlancar aliran darah di jantung.

9. Menetralkan racun

Padatnya aktivitas di luar rumah menyebabkan tubuh terpapar berbagai polutan yang jika masuk ke dalam tubuh akhirnya akan mengendap dan menjadi racun tubuh. Kandungan flavonoid pada daun kenikir dapat menetralkan racun dalam tubuh sehingga tubuh tak terpapar racun.

10. Menguatkan tulang dan gigi

Daun kenikir memiliki kalsium yang baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Rutin mengonsumsi kalsium akan mencegah dari terjadinya osteoporosis dan juga membuat gigi tetap kuat.

11. Menjaga kesehatan mata

Memenuhi asupan kebutuhan vitamin A tidak hanya tersedia pada wortel dan tomat akan tetapi daun kenikir juga memiliki kandungan vitamin A tersebut. Rutin mengonsumsi vitamin A maka akan mencegah mata dari berbagai gangguan seperti katarak, mata minus, dan masih banyak lagi.

12. Mengusir nyamuk

Keberadaan serangga seperti nyamuk sangatlah mengganggu. Bahkan dapat menyebabkan penyakit malaria yang sangat merugikan penderitanya. Untuk mengusir nyamuk secara alami tanpa menggunakan semprotan kimia, oleskan daun kenikir di kulit tangan dan kaki Anda maka bau atsirinya dapat mengusir nyamuk.

Untuk menjadi sehat tidak perlu memerlukan biaya yang berlebih, karena dapat memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda seperti daun kenikir ini. Tidak hanya murah, daun kenikir tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Loading...