12 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

12 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Akhir-akhir ini beberapa merk obat tradisional menawarkan produknya yang berbahan dasar buah plum mampu untuk menurunkan berat badan secara alami, hal ini memang benar adanya karena buah plum itu sendiri memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh terutama untuk diet sehat.

Buah plum termasuk buah berbiji keras, memiliki warna kulit merah keunguan, rasanya segar, manis, bentuk seperti buah apel, dan banyak mengandung air kecuali untuk plum hitam. Buah plum sudah mulai dibudidayakan sejak 200 tahun lalu, dapat berbuah sepanjang tahun, dan dikenal tiga varietas plum yaitu Plum Eropa, Plum Jepang, dan juga Cherry Plum.

Namun karena buah plum adalah buah impor maka masih banyak masyarakat yang belum terlalu familier dengan buah ini. Apalagi di dalam negeri buah plum dibandrol dengan harga yang mahal, maka semakin sedikit orang dapat mengonsumsi buah plum. Untuk pengebangbiakan buah plum sangat cocok di cuaca dingin maka di Indonesia buah plum sulit ditemukan.

Manfaat Buah Plum

Padahal buah plum memiliki kandungan nutrisi yang khasiatnya luar biasa bagi tubuh dan tidak kalah dengan bahan-bahan alami lain seperti tanaman kelor, mahkota dewa dan buah-buahan yang dapat digunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

Beberapa kandungan nutrisi pada buah plum yang baik bagi tubuh ialah serat, air, vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, antioksidan, fluor, fosfor, dan asam askorbat.

12 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan :

  1. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menerapkan diet alami, maka gantilah asupan karbohidrat Anda dengan buah plum. Buah plum kaya akan serat dan berbagai vitamin maupun mineral sehingga setelah memakan buah plum Anda tidak akan cepat lapar dan lelah karena nutrisinya langsung terserap tubuh dan dijadikan sebagai sumber energi.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit terjadi karena kinerja usus yang kurang lancar dalam melakukan proses pencaharan feses, maka dari itu makanlah buah plum. Kandungan seratnya dapat menambah massa feses dan senyawa sorbitolnya dapat merangsang pergerakan usus sehingga mempercepat pengeluaran feses dengan lancar.

  1. Sebagai sumber antioksidan

Tubuh yang terpapar radikal bebas maka akan mudah terserang berbagai penyakit dari skala ringan hingga berat. Kandungan vitamin C pada buah plum dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh Anda, maka rutinlah mengonsumsi buah plum agar tubuh tetap sehat dan bugar.

  1. Meningkatkan sistem imun

Loading...

Sistem imun yang baik itu penting bagi tubuh agar tubuh tidak mudah drop. Buah plum kaya akan vitamin C sehingga baik untuk menjaga sistem imun bahkan mencegahnya dari serangan berbagai penyakit.

  1. Mencegah katarak

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting agar terhindar dari berbagai gangguan penglihatan seperti katarak. Kandungan vitamin A pada buah plum baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Mengencangkan kulit

Kandungan vitamin E tidak hanya terdapat pada suplemen vitamin kulit saja akan tetapi buah plum juga kaya akan vitamin ini. Rutinlah mengonsumsi buah plum agar kulit Anda tetap sehat, kencang, dan awet muda.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Kelebihan glukosa sangatlah dihindari oleh penderita diabetes sehingga diperlukan ekstra kehati-hatian dalam mengonsumsi makanan. Buah plum baik untuk penderita diabetes, karena kemampuannya dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan juga meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

  1. Mencegah kepikunan

Gejala pikun memang identik diderita oleh kategori usia lanjut, akan tetapi orang mudapun juga rentan terkena, hal ini dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan juga tekanan stress yang tinggi. Maka rutinlah memakan buah plum, kandungan vitamin B kompleksnya baik untuk menjaga kesehatan saraf dan juga kemampuan otak.

  1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis lebih cepat menyerang tulang Anda apabila selama ini aspuan kalsium dalam tubuh kurang. Maka saat ini mulailah rutin memakan buah plum, karena buah plum mampu memenuhi kebutuhan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan sendi Anda.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ vital tubuh yang perlu sekali perhatian khusu dalam menjaga kesehatannya. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan mengonsumsi buah plum maka akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah plum bertindak dalam mencegah radikal bebas penyebab penyakit jantung.

  1. Mempercepat proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K pada buah plum sangat baik dalam membantu tubuh untuk mempercepat proses pembekuan darah ketika tubuh mengalami luka.

  1. Baik untuk kehamilan

Pada masa kehamilan perlu sekali kebutuhan nutrisi ibu dan janin terpenuhi. Buah plum kaya akan berbagai vitamin dan mineral sehingga dengan mengonsumsi buah plum maka kebutuhan nutrisi ibu dan janin akan terpenuhi, keduanya sehat bahkan sampai bayi lahir.

Itulah beberapa manfaat buah plum dalam menjaga kesehatan tubuh. Buah plum kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Rutin mengonsumsi buah plum, maka tidak hanya sehat, kecantikan kulit juga tetap terjaga.

Loading...