12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga

Siapa yang tidak mengenal dengan buah naga? Atau biasa disebut dengan dragon fruit? Sejak awal kemunculannya banyak sekali masyarakat Indonesia yang minat terhadap buah naga, dikarenakan selain rasanya yang nikmat juga memiliki bentuk pohon yang unik yaitu berupa tumbuhan merambat dan warna daging buahnya yang cantik yaitu putih dan merah keunguan.

Buah naga biasa diolah menjadi aneka minuman seperti jus, sop buah, dan es krim. Untuk aneka makanan, biasanya buah ini diolah menjadi kue brownies dan keripik buah naga. Namun apakah Anda tahu dibalik lezatnya rasa buah naga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda?

Kandungan nutrisi buah naga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terdapat pada buah naga ialah air, protein, serat, karoten, kalsium, kalium, fosfor, flavonoid, vitamin B1, B2, B3, vitamin C, besi, dan niasin.

12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan :

1. Berperan sebagai antioksidan

Buah naga sanggup untuk memenuhi kebutuhan antioksidan alami tubuh yaitu flavonoid, vitamin C dan E yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, arteriosclerosis, dan gejala penuaan.

2. Dapat menurunkan berat badan

Anda yang saat ini tengah menjalani diet alami tidak ada salahnya menambahkan buah naga sebagai menu utama makanan sehari-hari. kandungan serat yang tinggi pada buah baik sebagai pengganti karbohidrat dan Anda tidak akan mudah lapar.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah naga berperan sebagai antioksidan dan juga menjaga sistem imun dari serangan brbagai penyakit, seperti batuk, demam, flu, dan pilek.

4. Mencegah diabetes

Pola makan harus dijaga apalagi dilarang untuk mengonsumsi gula berlebih. Serat dan vitamin B1 yang tinggi pada buah naga sangat baik dalam menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga penyakit diabetes bisa dicegah sejak dini.

5. Melindungi kulit

Loading...

Vitamin C dan E pada buah naga sangat berkhasiat menjaga kesehatan kulit terutama dari paparan sinar UV, sehingga produksi melanin yang memicu hiperpigmentasi bisa teratasi, dan kulit tetap segar, sehat, dan awet muda.

6. Memperlancar sistem pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit, coba makan buah naga secara rutin maka kandungan serat di dalamnya bisa mendorong feses Anda dan pencernaan menjadi lebih lancar dan usus kembali sehat.

7. Menyehatkan mata

Kandungan karoten pada buah naga sama halnya dengan wortel, sehingga rajin-rajin memakan buah naga maka retina mata Anda tetap sehat.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Jika kadar kolesterol dalam darah Anda tinggi, maka penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke bisa menyerang kapan saja. Makanlah buah naga, karena kandungan vitamin B3nya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan kembali normal.

9. Penambah energi

Buah naga juga dapat meningkatkan kinerja energi tubuh Anda, karena kandungan vitamin B2nya yang mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa mengganti kebutuhan karbo dengan buah naga ini.

10. Mengatasi morning sickness

Bagi ibu-ibu hamil muda mengalami gejala morning sickness adalah gangguan yang sangat menyiksa, nafsu makan menurun dan aktivitas terganggu. Cobalah memakan buah naga, karena kandungan serat dan vitamin B1, B2nya baik untuk meningkatkan nafsu makan.

11. Menguatkan tulang dan gigi

Mempunyai tulang yang kuat dan sehat adalah keharusan, karena jika fungsi tulang terganggu semua kinerja organ dalam tubuh juga terganggu termasuk aktivitas sehari-hari. rajin memakan buah naga maka kebutuhan kalsium yang baik bagi tulang dan gigi Anda akan terpenuhi.

12. Mengatasi sariawan

Sariawan terjadi karena tubuh kekurangan asupan vitamin C dan ketika muncul di mulut akan terasa perih lalu Anda susah untuk menelan makanan. Jangan khawatir, konsumsilah buah naga yang kaya akan kandungan vitamin Cnya maka sariawan Anda akan kempes.

Bagi Anda yang ingin tetap sehat dan tetap nikmat menikmati makanan, maka konsumsilah buah naga secara rutin. Dibalik cantiknya warna daging buah naga tersimpan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan rendah lemak dan karbohidrat serta tinggi protein pada buah naga sangatlah baik bagi tubuh Anda. Sehat dimulai dari kebiasaan baik, dan mulailah dari sekarang.

Loading...