Loading...

12 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Merah

Buah naga terdapat beberapa jenis berdasarkan warna daging buahnya seperti naga putih, naga kuning, dan naga merah. Tidak hanya naga putih saja yang kaya akan nutrisi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga naga merah tak kalah bermanfaatnya.

Buah naga merah memiliki kulit yang unik, berwarna merah muda dan berbentuk seperti kobaran api, warna daging merah hingga keunguan, memiliki air yang banyak, tekstur lembut seperti buah kiwi, dan berserat.

Beberapa kandungan gizi atau nutrisi pada 100 gram buah naga merah ialah protein 1,1 gram, air 87 gram, lemak 0,4 gram, karbohidrat 11 gram, vitamin B1 0,04 gram, vitamin B2 0,05 gram, vitamin B3 0,16 miligram, kalsium 8,5 miligram, vitamin C 20,5 miligram, zat besi 0,16 miligram.

12 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan :

1. Menurunkan kolesterol tubuh
Kandungan vitamin B3 pada naga merah dapat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh. Kolesterol jika berlebihan akan berbahaya dan berdampak pada kesehatan karena akan menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung koroner dan stroke.

2. Mencegah radikal bebas
Kandungan anti oksidan yang tinggi pada buah naga merah sangatlah berperan sebagai anti oksidan sehingga dapat menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Baik untuk tulang
Naga merah juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi terutama untuk masa-masa janin karena kedua kandungan tersebut dapat menjamin kekuatan tulang serta gigi sang janin, dengan begitu pertumbuhan tulang dan gigi anak kelak tidak akan mudah keropos, berlubang, ataupun patah.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Serat pada buah naga merah sangatlah tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan Anda, membuat usus lebih sehat, dan menurunkan berat badan secara alami dan baik untuk program diet alami Anda.

5. Mencegah penuaan dini
Buah naga merah kaya akan vitamin C dan anti oksidan sehingga selain dapat menangkal radikal bebas kedua kandungan tersebut juga dapat membuat kulit wajah tampak awet muda dan terhindar dari kerutan-kerutan pemicu penuaan dini.

Loading...

6. Menjaga kesehatan jantung
Buah naga merah juga mengandung lemak tak jenuh sehingga jika dikonsumsi akan meluruhkan lemak jenuh penyebab kolesterol dalam tubuh, hal ini akan membuat aliran darah Anda lancar dan jantung pun tetap sehat.

7. Meningkatkan nafsu makan
Anak-anak biasanya rentan sekali mengalami susah makan, maka dari itu asupan nutrisi sangatlah diperlukan agar pertumbuhan dan perkembangannya tidak terganggu. Untuk itu perlu sekali asupan sayuran dan buah yang lengkap sebagai pengganti nasi, Anda bisa memberinya buah naga merah karena lengkap nutrisinya.

8. Menjaga sistem imun tubuh
Sistem imun pada tubuh perlu sekali dijaga agar tetap sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit, buah naga merah kaya akan thiamine (vitamin B1) dan anti oksidan (vitamin C) dan baik untuk menjaga kesehatan sistem imun tubuh Anda.

9. Kaya akan zat besi
Buah naga dapat memenuhi 10 % kebutuhan zat besi harian Anda, dengan rutin mengonsumsi buah naga maka Anda akan terhindar dari gejala anemia (kurang darah).

10. Menurunkan demam
Ketika seseorang terserang demam tinggi maka tubuh akan mengalami dehidrasi maka dari itu perlu sekali asupan air yang cukup, buah naga merah kaya akan kandungan airnya dan baik untuk dikonsumsi secara rutin sehingga demam pun akan segera turun.

11. Merawat kesehatan mata
Buah naga merah megandung beta karoten yang jika dikonsumsi akan dapat diubah menjadi vitamin A. Kandungan senyawa ini baik untuk mata Anda agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan mata seperti mata minus, katarak, dan sebagainya.

12. Meningkatkan fungsi otak
Tidak hanya tubuh otak juga perlu asupan nutrisi. Buah naga merah kaya akan kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang lengkap. Baik untuk anak-anak yang masih usia di bawah tiga tahun sehingga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah naga merah sangatlah lengkap sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya asupan nutrisi saja yang perlu tercukupi, dengan rutin melakukan olahraga, istirahat yang beratur dan cukup istirahat akan dapat membuat tubuh Anda sehat selalu dan terhindar dari segala berbagai penyakit.

Loading...