Loading...

12 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

12 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Markisa

Buah markisa adalah buah tropis yang tumbuh menjalar dan dapat mudah ditemukan. Buah markisa termasuk buah favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan juga segar, sehingga wajar sekali jika buah markisa ini dimanfaatkan sebagai olahan minuman seperti sirup dan juga jus.

Markisa diketahui berasal dari Amerika Selatan dan sejak jaman dahulu masyarakat Amerika Selatan percaya jika mengonsumsi 1 buah markisa sebelum tidur maka dapat merilekskan saraf sehingga dapat menenangkan tidur di malam hari.

Buah markisa memiliki dua warna kulit yang berbeda yaitu ungu dan kuning. Tidak ada perbedaan rasa dari keduanya. Selain lezat buah markisa juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, sebut saja vitamin C pada buah markisa setara dengan kandungan vitamin C pada buah kiwi. Kandungan lainnya ialah adanya zat besi, flavonoid, potassium, vitamin B, vitamin A, dan lain-lain.

12 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

1. Melancarkan pencernaan
Dengan mengonsumsi 1 buah markisa maka kebutuhan 98% serat harian Anda akan terpenuhi. Serat sangat diperlukan karena akan mempermudah proses pencaharan dalam pencernaan dan dengan lancarnya pencernaan Anda maka usus akan lebih sehat dan terhindar dari gejala sembelit maupun wasir.

2. Mencegah kanker
Buah markisa mengandung senyawa beta karoten yang ampuh bertindak sebagai anti oksidan, sehingga mampu mencegah tubuh dari paparan radikal bebas yang bersifat karsinogenik yaitu tumbuhnya sel-sel kanker.

3. Mengatasi asma
Bagi penderita asma disarankan untuk rutin memakan buah markisa karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada markisa ampuh untuk mengontrol histamin dalam bertindak melawan allergen agar tidak memicu asma kambuh.

4. Baik untuk diet
Buah markisa selain kaya akan serat namun juga rendah kalori, lemak, dan mengandung gula alami sehingga tidak akan menaikkan kadar kolesterol justru malah menurunkan dan ini baik untuk menurunkan berat badan Anda secara alami tanpa adanya efek samping.

5. Menjaga kesehatan mata
Buah markisa kaya akan kandungan vitamin A dan sangat baik sebagai penutrisi mata agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan penglihatan seperti katarak, degenerasi macula, rabun senja, dan lain-lain.

Loading...

6. Memberi efek menenangkan
Jika Anda merasa sudah sangat lelah dan stress karena pekerjaan sehingga susah sekali untuk tidur maka tidak ada salahnya untuk memakan 1 buah markisa di tiap malam menjelang tidur. Kandungan vitamin B pada markisa mampu merilekskan saraf sehingga pikiran menjadi tenang dan tidur pun menjadi nyenyak.

7. Menjaga sistem imun tubuh
Sistem imun tubuh perlulah dijaga kesehatannya agar tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai pathogen penyebab penyakit. Buah markisa kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk menjaga kesehatan sistem imun tubuh Anda.

8. Menormalkan kadar hemoglobin
Keberadaan zat besi pada buah markisa mampu memaksimalkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga dapat mencegah tubuh dari gangguan anemia. Anemia bisa membuat penderitanya mengalami lemah, letih, dan pusing setiap kali melakukan aktivitas.

9. Mencegah hipertensi
Tekanan darah yang terlalu tinggi memang tidak baik bagi tubuh karena dampaknya akan memicu penyakit yang mematikan seperti stroke dan jantung koroner. Untuk itu penting sekali bagi Anda menjaga kadar tekanan darah untuk tetap normal dengan memakan buah markisa, kandungan kalium dan alkaloidnya dapat menormalkan kadar tekanan darah Anda.

10. Membantu perkembangan janin
Bagi ibu hamil disarankan sekali untuk rutin memakan buah markisa karena kandungan asam folatnya baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan saraf janin sehingga akan mengurangi resiko cacat bayi lahir.

11. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C dan anti oksidan pada buah markisa baik untuk menutrisi kulit Anda agar selalu sehat, lembap, dan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit tidak cepat keriput dan terhindar dari penuaan dini.

12. Baik untuk tulang dan gigi
Kandungan fosfor, potassium, magnesium, dan zat besi pada buah markisa baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari nutrisi tulang dan gigi Anda. dengan rutin memakan markisa maka penyakit tulang seperti osteoporosis dapat dihindari, bahkan akan mempercepat proses penyembuhan tulang jika mengalami radang dan nyeri tulang.

Itulah beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Namun sangat disarankan untuk penderita diabetes agar tak berlebihan mengonsumsi buah markisa karena walaupun mengandung gula alami dikhawatirkan akan memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Loading...